PENGGUNAAN CAN-DO LEVEL A2 DALAM KETERAMPILAN MENULIS DENGAN METODE PAIRS CHECK PADA MAHASISWA PENDIDIKAN BAHASA JEPANG UPI TINGKAT II

Dalam pembelajaran menulis bahasa Jepang membutuhkan metode pembelajaran yang dikembangkan untuk meningkatkan kualitas menulis mahasiswa. Salah satunya adalah metode Pairs Check menggunakan Can-Do level A2. Penelitian ini dilaksanakan terhadap 20 orang mahasiswa tingkat II Departemen Pendidikan Baha...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: Dewi, Wiga Pursita (Author)
Format: Academic Paper
Published: 2016-06-24.
Subjects:
Online Access:http://repository.upi.edu/2538/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
LEADER 07588 am a22003133u 4500
001 repoupi_25380
042 |a dc 
100 1 0 |a Dewi, Wiga Pursita  |e author 
245 0 0 |a PENGGUNAAN CAN-DO LEVEL A2 DALAM KETERAMPILAN MENULIS DENGAN METODE PAIRS CHECK PADA MAHASISWA PENDIDIKAN BAHASA JEPANG UPI TINGKAT II 
260 |c 2016-06-24. 
500 |a http://repository.upi.edu/25380/1/S_JEP_1203007_Title.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/25380/2/S_JEP_1203007_Abstract.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/25380/3/S_JEP_1203007_Table_of_content.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/25380/4/S_JEP_1203007_Chapter1.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/25380/5/S_JEP_1203007_Chapter2.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/25380/6/S_JEP_1203007_Chapter3.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/25380/7/S_JEP_1203007_Chapter4.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/25380/8/S_JEP_1203007_Chapter5.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/25380/9/S_JEP_1203007_Bibliography.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/25380/10/S_JEP_1203007_Appendix.pdf 
520 |a Dalam pembelajaran menulis bahasa Jepang membutuhkan metode pembelajaran yang dikembangkan untuk meningkatkan kualitas menulis mahasiswa. Salah satunya adalah metode Pairs Check menggunakan Can-Do level A2. Penelitian ini dilaksanakan terhadap 20 orang mahasiswa tingkat II Departemen Pendidikan Bahasa Jepang FPBS UPI dan bertujuan untuk mengetahui kemampuan awal menulis mahasiswa sebelum penerapan metode Pairs Check menggunakan Can-Do level A2 dan kemampuan menulis mahasiswa setelah penerapan metode Pairs Check menggunakan Can-Do level A2, mengetahui apakah mahasiswa sampel penelitian telah mencapai Can-Do level A2 atau belum, mengetahui hambatan-hambatan dalam pelaksanaan metode Pairs Check menggunakan Can-Do level A2 dan mengetahui respon mahasiswa terhadap penerapan metode Pairs Check menggunakan Can-Do level A2. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian eksperimen kuasi dengan desain one group pretest-posttest sehingga hanya ada satu kelas eksperimen tanpa ada kelas control. Pengumpulan data penelitian melalui instrument tes (pretest-posttest), tiga kali treatment, dan angket. Berdasarkan pengolahan data secara statistik dengan uji t test menghasilkan nilai t hitung 13,95 Untuk db=19 dengan taraf signifikasi 5% nilai t tabel adalah (13,95>2,09). Dengan hasil tersebut maka hipotesis nol yang menyatakan metode Pairs Check menggunakan Can-Do level A2 tidak efektif digunakan terhadap peningkatan kemampuan mahasiswa dalam pemahaman sakubun dapat ditolak. Hasil dari penelitian ini membuktikan bahwa terjadi perkembangan pada isi karangan mahasiswa setelah melakukan kegiatan Pairs Check menggunakan Can-Do Level A2. Berdasarkann hasil angket mahasiswa menyatakan bahwa penerapan metode Pairs Check menggunakan Can-Do Level A2 dalam pembelajaran sakubun menarik dan tema sakubun yang ada di dalam Can-Do level A2 cocok digunakan dalam pembelajaran sakubun mahasiswa tingkat II. Hal yang menjadi rekomendasi sebaiknya pengajar senantiasa melakukan bimbingan agar mahasiswa dapat termotivasi dan percaya diri ketika memberikan koreksi pada teman serta dapat saling melengkapi kekurangan pada tulisan masing-masing. ;--- In Japanese languange writing skills, there's need a method to develope quality of student writing skill. Pairs Check using Can-Do Level 2 is one of the method. This research was did to 20 students grade II Departement of Japanesse Languange FPBS UPI and the goals of this research are to know the initial skill before and after Pairs Check Method using Can-Do Level A2 applied, to know achievement by samples, to know the obstacles during the study, and to know the respons of the samples. This research using Quasi Experiment Method with one group pretest-posttest design, so that just one class without control class. The data was collected by instrument test (pretest-posttest), three times of treatment and questionnaire. According to statistically analysis with t test, the result of t arithmetic value is 13.95. For db=19 with significant 5% the t table value (13.95>2.09). So that, zero hypothesis declare that Pairs Check Methode using Can Do Level A2 is not effective applied to develope student skill in sakubun undertanding was rejected. The result proven that there was developed in student essay after Pairs Check using Can Do Level A2 done. According to questionnaire, Pairs Check Methode using Can Do Level A2 in sakubun learning was interested and the theme in Can Do Level A2 compatible using to student grade II. The recomendation is teacher should be direct the student, so that they are motivated and confidence to gove correction to other student and complete each other in essay.;--- 学習者の書く能力を上達するために、作文の従業でいくつかのメソッドが使用されている。一つのはペア。チェックとCan-Do A2レベルを使うである。本研究のサンプルは20人で、インドネシア教育大学言語文学教育学部日本語教育学科の二年生である。本研究の目的はペア.チェックとCan-Do A2レベルを使用する前と使用した後、学習者の書く能力の比べるを知るためである。学習者の書く能力はCan-Do A2レベルにいるか、いないか、知るためである。 その次、ペア.チェックとCan-Do A2レベルを使用する時、様々な妨げが見つかるすると、学習者のペア.チェックとCan-DoレベルA2の反応を分かるため。. 本研究の方法は准実験法で、デザインはone group pretest-posttestである。つまり、本研究は学習者の書く能力に対する使用されたメソッドの影響を知るためである。研究している時、コントロールのクラスが使用されずに実験のクラスしか使用しなかった。本研究のデータはテスト(事前と事後)、三回トリートメントを行うとアンケートにデータを取る。得点13.95である。自由変異は19 t表は5% tタベルは2.09である。このような結果にしたがって、帰無仮説はペア.チェックメソッドを使用した後、学習者の書く作文の結果の区別がないという帰無仮説が断ることが分かる。本研究の結果はペア。チェックと作文のテーマCan-DoA2レベルを使用した後、学習者の作文の内容が発展する。アンケートの結果によると、ペア。チェックと作文のテーマCan-DoA2レベルを作文の従業の中に使うのは良くになる。学習者はほとんど全部で、ペア。チェックと作文のテーマCan-DoA2レベルを使用すると、書く活動がもっと楽しくなる。ペア.チェックと作文のテーマCan-DoA2レベルを作文の従業に適用したいことが分かる。推薦は学習者の自信とモチベーションが高めるため、教師はいつも指導するほうが良いである。その次、学習者はそれぞれの作文の短所が完全になる。 
546 |a en 
690 |a L Education (General) 
690 |a P Philology. Linguistics 
655 7 |a Thesis  |2 local 
655 7 |a NonPeerReviewed  |2 local 
787 0 |n http://repository.upi.edu/25380/ 
787 0 |n http://repository.upi.edu 
856 4 1 |u http://repository.upi.edu/2538/