PENGARUH PENGGUNAAN APLIKASI EDRAW MIND MAP TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP HIDROSFER DI SMPN 7 PURWAKARTA.

Pemahaman konsep hidrosfer dalam pembelajaran geografi merupakan suatu kemampuan pada diri peserta didik dalam ranah kognitif yang berkaitan dengan fenomena hidrosfer. Kajian hidrosfer meliputi aspek siklus hidrologi, jenis-jenis air permukaan dan air tanah, zona laut menurut letak kedalamannya, bat...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: Sari, Rika Hastika (Author)
Format: Academic Paper
Published: 2016-01-29.
Subjects:
Online Access:http://repository.upi.edu/2542/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
LEADER 03273 am a22003013u 4500
001 repoupi_25420
042 |a dc 
100 1 0 |a Sari, Rika Hastika  |e author 
245 0 0 |a PENGARUH PENGGUNAAN APLIKASI EDRAW MIND MAP TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP HIDROSFER DI SMPN 7 PURWAKARTA. 
260 |c 2016-01-29. 
500 |a http://repository.upi.edu/25420/1/T_GEO_1303274_Title.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/25420/2/T_GEO_1303274_Abstrak.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/25420/3/T_GEO_1303274_Table_of_content.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/25420/4/T_GEO_1303274_Chapter1.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/25420/5/T_GEO_1303274_Chapter2.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/25420/6/T_GEO_1303274_Chapter3.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/25420/7/T_GEO_1303274_Chapter4.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/25420/8/T_GEO_1303274_Chapter5.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/25420/9/T_GEO_1303274_Bibliography.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/25420/10/T_GEO_1303274_Appendix.pdf 
520 |a Pemahaman konsep hidrosfer dalam pembelajaran geografi merupakan suatu kemampuan pada diri peserta didik dalam ranah kognitif yang berkaitan dengan fenomena hidrosfer. Kajian hidrosfer meliputi aspek siklus hidrologi, jenis-jenis air permukaan dan air tanah, zona laut menurut letak kedalamannya, batas wilayah laut. Diperlukan sebuah teknik pembelajaran yang bisa mendorong peserta didik dalam mengkonstruksi materi yang diterima di sekolah dan disesuaikan dengan pengalaman peserta didik, sehingga dengan mudah dapat memahami konsep-konsep yang diajarkan. Pemahaman konsep adalah hal utama dalam proses pembelajaran. Seorang peserta didik harus mampu mengidentifikasi, mengklasifikasikan atau mengelompokkan, serta menggeneralisasikan suatu peristiwa, objek, dan kegiatan yang dijumpainya dalam kehidupan sehari-hari. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kontribusi dari penggunaan software Edraw Mind Mapping terhadap pemahaman konsep Hidrosfer. Subjek penelitian adalah peserta didik di SMPN 7 Purwakarta. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis Quasi Experiment. Analisis data menggunakan software SPSS 23 untuk melakukan uji normalitas, uji homogenitas dan uji-t (hipotesis). Hasil penelitian ini menunjukkan ada pengaruh positif dari penggunaan Edraw Mind Mapping terhadap pemahaman konsep Hidrosfer. Hal ini dibuktikan dengan nilai signifikansi uji-t yang lebih kecil dari 0,05 yaitu sebesar 0,004 karena persyaratan yang harus dipenuhi agar Ho terbukti adalah nilai p sig. < 0,05. Adapun rekomendasi yang diajukan dari penelitian ini adalah pengembangan media pembelajaran sangat diperlukan untuk menunjang proses pembelajaran, yang berdampak pada kualitas hasil belajar peserta didik. Oleh karena itu, diharapkan semua elemen di sekolah saling mendukung untuk meningkatkan pemanfaatan software Edraw Mind Mapping sebagai alat bantu pembelajaran untuk meningkatkan pemahaman konsep peserta didik. 
546 |a en 
690 |a G Geography (General) 
655 7 |a Thesis  |2 local 
655 7 |a NonPeerReviewed  |2 local 
787 0 |n http://repository.upi.edu/25420/ 
787 0 |n http://repository.upi.edu 
856 4 1 |u http://repository.upi.edu/2542/