UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA SUKU KATA DI SEKOLAH DASAR.

Peneliti ini merupakan Penelitihan tindakan Kelas (Classroom Actio Research) tentang upaya menigkatkan kemampuan membaca permulaan dengan menggunakan media suku kata di sekolah dasar kelas I di salah satu sekolah dasar negeri di Kecamatan Kukasari Kabupaten Bandung tahun ajaran 2015/2016. Secara umu...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: Koilmadi, Fiktorida (Author)
Format: Academic Paper
Published: 2016-07-27.
Subjects:
Online Access:http://repository.upi.edu/25425/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
Description
Summary:Peneliti ini merupakan Penelitihan tindakan Kelas (Classroom Actio Research) tentang upaya menigkatkan kemampuan membaca permulaan dengan menggunakan media suku kata di sekolah dasar kelas I di salah satu sekolah dasar negeri di Kecamatan Kukasari Kabupaten Bandung tahun ajaran 2015/2016. Secara umum, tujuan dari peneliti ini adalah mengetahui menigkatkan kemampuan membaca permulaan dengan menggunakan media suku pada siswa SD negeri kelas rendah pada mata pelajaran Bahasa Indonesia. Sedangkan secara khusus peneliti ini memiliki tujuan sebagai berikut: 1. Memperoleh bentuk perencanaan bembelajaran Bahasa Indonesia dengan menerapkan media suku kata dalam bentuk video. 2. Mendeskkripsikan proses pembelajaran dengan menggunakan media suku kata dalam bentuk video pada mata pelajaran bahasa indonesia. 3. Untuk mengetahui penigkatan kemampuan membaca permulaan siswa setelah diterapkan media suku kata dalam bentuk video. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah metode Penelitian Tindakan Kelas yang mengadaptasi model desain penelitian Kemmis & Mc Taggart terdiri atas dua siklus dan setiap siklusnya dilakukan satu tindakan. Analisis dan interprestasi data pada penelitian ini merupakan analisis data kualitatif dan analisis data kuantitatif. Subjek pada penelitian ini yaitu siswa kelas I SD Negeri Kecamatan Sukasari dengan jumlah siswa 30 orang. Siswa laki-laki berjumlah 14 dan siswa perempuan berjumlah 16 orang. Hasil penelitian pada siklus I, nilai kemampuan membaca siswa dengan kategoro cukup yaitu 93%, sedangkan pada siklus 2 nilai kemampuan membaca siswa dengan kategori 93,33%.
Item Description:http://repository.upi.edu/25425/1/S_PGSD_1206830_Title.pdf
http://repository.upi.edu/25425/2/S_PGSD_1206830_Abstract.pdf
http://repository.upi.edu/25425/3/S_PGSD_1206830_Table_of_content.pdf
http://repository.upi.edu/25425/4/S_PGSD_1206830_Chapter1.pdf
http://repository.upi.edu/25425/5/S_PGSD_1206830_Chapter2.pdf
http://repository.upi.edu/25425/6/S_PGSD_1206830_Chapter3.pdf
http://repository.upi.edu/25425/7/S_PGSD_1206830_Chapter4.pdf
http://repository.upi.edu/25425/8/S_PGSD_1206830_Chapter5.pdf
http://repository.upi.edu/25425/9/S_PGSD_1206830_Bibliography.pdf
http://repository.upi.edu/25425/10/S_PGSD_1206830_Appendix.pdf