PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa di kelas I di SD X pada mata pelajaran Bahasa Indonesia. Hal ini ditandai dengan nilai yang diperoleh siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia tidak mencapai KKM yaitu 70. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penggu...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: Tinambun, Darmawati Br (Author)
Format: Academic Paper
Published: 2016-07-27.
Subjects:
Online Access:http://repository.upi.edu/25494/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
Description
Summary:Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa di kelas I di SD X pada mata pelajaran Bahasa Indonesia. Hal ini ditandai dengan nilai yang diperoleh siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia tidak mencapai KKM yaitu 70. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penggunaan media gambar dan peningkatan hasil belajar siswa dengan penggunaan media gambar pada mata pelajaran Bahasa Indonesia di kelas I Sekolah Dasar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas model Kemmis dan mc. Taggart yang terdiri dari perencaan, pelaksanaan,observasi, dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas kelas IC di SD X. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi observasi dan lembar tes hasil belajar siswa. Hasil penelitian dengan menggunakan Media gambar pada mata pelajaran Bahasa Indonesia menunjukan adanya peningkatan hasil belajar siswa. Dari data awal dapat diketahui bahwa hasil belajar siswa yang tuntas sebesar 63 %. Pada siklus I jumlah siswa yang tuntas hasil belajarnya adalah sebesar 80 % atau sebanyak 28 orang dari 35 orang jumlah siswa. Sedangkan pada siklus II jumlah siswa yang tuntas hasil belajarnya adalah sebesar 94,3 % atau sebanyak 33 orang dari 35 orang jumlah siswa. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penggunaan media gambar pada pembelajaran bahasa Indonesia memberikan dampak yang positif terhadap peningkatan hasil belajar siswa disalah satu sekolah dasar di Kota Bandung. ;---This research is motivated by the low learning outcomes of students in the first grade in elementary X on Indonesian subjects. It is characterized by the value obtained by students at the Indonesian subjects did not reach KKM is 70. The purpose of this study is to investigate the use of media image and improving student learning outcomes with the use of media images on Indonesian lesson in the first grade primary school. The method used in this research is a classroom action research models Kemmis and mc. Taggart consisting of planning, implementation, observation, and reflection. This study was conducted in two cycles. The subjects were students in elementary grade class IC X. The instruments used were observation observation sheets and sheets test student learning outcomes. The results using media images on Indonesian subjects showed an increase in student learning outcomes. From the preliminary data it can be seen that the learning outcomes of students who completed at 63%. In the first cycle the number of students who complete study results are 80% or as many as 28 people from 35 the number of students. While on the second cycle the number of students who complete study results amounted to 94.3% or as many as 33 people from 35 the number of students. Thus, it can be concluded that the use of media images on learning Indonesian a positive impact on improving student learning outcomes at one elementary school in the city of Bandung.
Item Description:http://repository.upi.edu/25494/1/S_PGSD_1206828_Title.pdf
http://repository.upi.edu/25494/2/S_PGSD_1206828_Abstract.pdf
http://repository.upi.edu/25494/3/S_PGSD_1206828_Table_of_content.pdf
http://repository.upi.edu/25494/4/S_PGSD_1206828_Chapter1.pdf
http://repository.upi.edu/25494/5/S_PGSD_1206828_Chapter2.pdf
http://repository.upi.edu/25494/6/S_PGSD_1206828_Chapter3.pdf
http://repository.upi.edu/25494/7/S_PGSD_1206828_Chapter4.pdf
http://repository.upi.edu/25494/8/S_PGSD_1206828_Chapter5.pdf
http://repository.upi.edu/25494/9/S_PGSD_1206828_Bibliography.pdf
http://repository.upi.edu/25494/10/S_PGSD_1206828_Appendix.pdf