PENERAPAN METODE COOPERATIVE INTEGRATED READING COMPOSITION (CIRC) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS SISWA KELAS III SEKOLAH DASAR

Penelitian ini di latarbelakangi oleh rendahnya keterampilan siswa dalam menulis, dan setelah menganalisis hasil menulis karangan siswa, sebagian besar siswa dari seluruh jumlah siswa dalam kelas nilainya belum mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Sehingga penelitian ini difokuskan untuk meng...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: Nisipeni, Olfina L (Author)
Format: Academic Paper
Published: 2016-07-27.
Subjects:
Online Access:http://repository.upi.edu/25513/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
LEADER 02864 am a22003493u 4500
001 repoupi_25513
042 |a dc 
100 1 0 |a Nisipeni, Olfina L  |e author 
245 0 0 |a PENERAPAN METODE COOPERATIVE INTEGRATED READING COMPOSITION (CIRC) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS SISWA KELAS III SEKOLAH DASAR 
260 |c 2016-07-27. 
500 |a http://repository.upi.edu/25513/1/S_PGSD_120684_Title.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/25513/2/S_PGSD_120684_Abstract.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/25513/3/S_PGSD_120684_Table_of_content.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/25513/4/S_PGSD_120684_Chapter1.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/25513/5/S_PGSD_120684_Chapter2.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/25513/6/S_PGSD_120684_Chapter3.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/25513/7/S_PGSD_120684_Chapter4.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/25513/8/S_PGSD_120684_Chapter5.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/25513/9/S_PGSD_120684_Bibliography.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/25513/10/S_PGSD_120684_Appendix1.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/25513/11/S_PGSD_120684_Appendix2.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/25513/12/S_PGSD_120684_Appendix3.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/25513/13/S_PGSD_120684_Appendix4.pdf 
520 |a Penelitian ini di latarbelakangi oleh rendahnya keterampilan siswa dalam menulis, dan setelah menganalisis hasil menulis karangan siswa, sebagian besar siswa dari seluruh jumlah siswa dalam kelas nilainya belum mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Sehingga penelitian ini difokuskan untuk mengetahui proses meningkatkan kemampuan menulis khususnya menulis karangan sederhana dan perkembangkan kemampuan menulis khususnya karangan sederhana dengan menerapkan metode Cooperative Integrated Reading Composition (CIRC). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bentuk perencanaan, proses pelaksanan dan mengetahui peningkatan kemampuan menulis setelah diterapkan metode Cooperative Integrated Reading Composition (CIRC). Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus dengan menerapkan metode Penelitian Tindakan Kelas serta menggunakan model pembelajaran yang diadaptasi dari model Kemmis dan Mc. Taggart, subjek dalam penelitian dalam penelitian ini adalah siswa kelas III dari salah satu SD Negeri di kawasan Gegerkalong yang berjumlah 30 siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan, nilai rata-rata siswa pada pra-tindakan sebesar 50,3, kemudian pada siklus I sebesar 71,91, dan pada siklus II sebesar 79,41. 
546 |a en 
690 |a L Education (General) 
690 |a P Philology. Linguistics 
655 7 |a Thesis  |2 local 
655 7 |a NonPeerReviewed  |2 local 
787 0 |n http://repository.upi.edu/25513/ 
787 0 |n http://repository.upi.edu 
856 4 1 |u http://repository.upi.edu/25513/