RELEVANSI BUKU AJAR BAHASA ARAB DENGAN KURIKULUM

Buku ajar merupakan salah satu unsur penting dalam proses pembelajaran. Di samping sebagai penghubung antara peserta didik dan pendidik, buku ajar merupakan media untuk mengimplementasikan sebuah kurikulum. Dengan demikian, buku ajar harus relevan dengan kurikulum yang sedang diberlakukan, sebab jik...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: Murni, Tiana (Author)
Format: Academic Paper
Published: 2015-01-29.
Subjects:
Online Access:http://repository.upi.edu/2552/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
Description
Summary:Buku ajar merupakan salah satu unsur penting dalam proses pembelajaran. Di samping sebagai penghubung antara peserta didik dan pendidik, buku ajar merupakan media untuk mengimplementasikan sebuah kurikulum. Dengan demikian, buku ajar harus relevan dengan kurikulum yang sedang diberlakukan, sebab jika tidak maka tujuan pembelajaran tidak akan tercapai. Oleh karena itu perlu adanya penelitian ihwal relevansi buku ajar dengan kurikulum agar potensi beredarnya buku ajar yang tidak relevan bisa direduksi. Melalui penelitian ini peneliti menganalisis relevansi antara buku ajar bahasa Arab karangan Zakiyah Arifah dan Nadia Afidati dengan kurikulum bahasa Arab tingkat SMA. Peneliti tertarik meneliti buku ajar tersebut karena buku yang berjudul "Bahasa Arab SMA dan Sederajat" ini banyak digunakan di sekolah-sekolah umum yang mengajarkan bahasa Arab termasuk SMA PGII 1 Bandung. Adapun metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif analitik dengan pendekatan kualitatif, karena tidak dituangkan dalam bentuk dan bilangan statistik serta lebih banyak menggunakan studi pustaka. Untuk menganalisis relevansi buku ajar yang diteliti dengan kurikulum yang berlaku, peneliti menggunakan instrument penilaian buku ajar yang telah disusun oleh BSNP sebagai lembaga yang mempunyai otoritas untuk menentukan kelayakan sebuah buku ajar. Instrument tersebut mencakup pada penilaian empat aspek, yaitu kelayakan isi (materi), kelayakan penyajian, kelayakan kebahasaan, dan kelayakan kegrafikan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa buku yang diteliti tersebut: 1) Memiliki kelayakan isi "sangat relevan" dengan presentase 88,8%; 2) Memiliki kelayakan penyajian "relevan" dengan presentase 78,8%; 3) Memiliki kelayakan kebahsaan "sangat relevan" dengan presentase 88,2%; dan 4) Memiliki kelayakan kegrafikan "sangat relevan" dengan presentase 87,9%. Presentase masing-masing komponen kelayakan tersebut diambil melalui pembandingkan antara skor yang diperoleh tiap komponen dengan skor maksimal yang telah ditetapkan BSNP. Kemudian, presentase yang diperoleh dikonsultasikan dengan kriteria yang telah ditetapkan oleh ahli atau pakar evaluasi pendidikan. Dengan memperhatikan presentase masing-masing komponen kelayakan tersebut, dapat disimpulkan bahwa buku buku ajar bahasa Arab karangan Zakiyah Arifah dan Nadia Afidati sangat relevan dengan kurikulum bahasa Arab (KTSP) dan memang layak dijadikan buku ajar utama dalam pembelajaran bahasa Arab di SMA. ---------- Textbook is one of the important elements in the learning process. In addition to acting as a liaison between students and educators, textbook as a means for implementing a curriculum. Thus, the textbook should be relevant to the curriculum that is being enforced, because otherwise the learning objectives will not be achieved. Therefore, it is necessary to study the particulars of relevance to the curriculum textbooks so that the potential release of textbooks that are not relevant can be reduced. Through this study, researchers analyzed the relevance between the Arabic language textbook written by Zakiyah Arifah and Nadia Afidati the Arabic language curriculum high school level. Researchers interested in examining the textbook as a book entitled "Arabic school and equivalent" is widely used in public schools that teach Arabic including SMA PGII 1 Bandung. The research method used is descriptive qualitative analytic approach, because it is not written in the form and statistical numbers and more use of literature. To analyze the relevance of textbooks studied with the applicable curriculum, researchers used textbook assessment instrument that has been prepared by BSNP as an institution that has the authority to determine the feasibility of a textbook. The instrument includes the assessment of four aspects, namely the feasibility of the content (material), the feasibility of the presentation, linguistic appropriateness and feasibility of graph. The results showed that the researched book: 1) Has the feasibility of contents "very relevant" with a percentage of 88.8%; 2) Has the feasibility of presenting "relevant" with a percentage of 78.8%; 3) Has the feasibility kebahsaan "very relevant" with a percentage of 88.2%; 4) Has the feasibility kegrafikan "very relevant" with a percentage of 87.9%. Percentage of each component is taken through pembandingkan feasibility between the scores obtained by each component with a predetermined maximum score BSNP. Then, the percentage obtained in consultation with the criteria established by an expert or specialist education evaluation. Having regard to the percentage of each component of the feasibility, it can be concluded that the teaching of Arabic books written by Nadia Afidati Zakiyah Arifah and very relevant to the Arabic language curriculum (SBC) and is worthy of a major textbook in Arabic learning in high school.
Item Description:http://repository.upi.edu/25520/1/S_ARB_0900505_Title.pdf
http://repository.upi.edu/25520/2/S_ARB_0900505_Abstract.pdf
http://repository.upi.edu/25520/3/S_ARB_0900505_Table_of_content.pdf
http://repository.upi.edu/25520/4/S_ARB_0900505_Chapter1.pdf
http://repository.upi.edu/25520/5/S_ARB_0900505_Chapter2.pdf
http://repository.upi.edu/25520/6/S_ARB_0900505_Chapter3.pdf
http://repository.upi.edu/25520/7/S_ARB_0900505_Chapter4.pdf
http://repository.upi.edu/25520/9/S_ARB_0900505_Chapter5.pdf
http://repository.upi.edu/25520/10/S_ARB_0900505_Bibliography.pdf
http://repository.upi.edu/25520/11/S_ARB_0900505_Appendix.pdf