PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK BERBANTUAN MIND MAP UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN KONSEP DAN SIKAP PEDULI SISWA TERHADAP LINGKUNGAN PADA TEMA SAMPAH DAN PENANGGULANGANNYA

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan penguasaan konsep dan sikap peduli siswa terhadap lingkungan pada tema sampah dan penanggulangannya melalui perbandingan model pembelajaran berbasis proyek berbantuan mind map dengan pembelajaran berbasis proyek tanpa bantuan mind map. Metode pen...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: Susilawati, Aay (Author)
Format: Academic Paper
Published: 2016-08-23.
Subjects:
Online Access:http://repository.upi.edu/25596/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
Description
Summary:Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan penguasaan konsep dan sikap peduli siswa terhadap lingkungan pada tema sampah dan penanggulangannya melalui perbandingan model pembelajaran berbasis proyek berbantuan mind map dengan pembelajaran berbasis proyek tanpa bantuan mind map. Metode penelitian yang dipilih adalah quasi eksperimen dengan pretest-posttest control group design. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII sebanyak dua kelas di salah satu SMP di kabupaten Bandung, dengan jumlah 32 siswa pada kelas eksperimen, dan 34 siswa pada kelas kontrol. Instrumen yang digunakan adalah test penguasaan konsep dengan validitas soal antara 0,41 - 0,85 dan reliabilitas 0,90, skala sikap dan lembar observasi untuk sikap peduli lingkungan. Data dianalisis dengan menghitung gain yang dinormalisasi dan menghitung effect size. Hasil analisis data penguasaan konsep diperoleh dari gain 〈g〉 = 0,77 untuk kelas eksperimen, 〈g〉= 0,39 untuk kelas kontrol dengan effect size d=1,32., sedangkan dari data sikap peduli lingkungan dengan menghitung gain yang dinormalisasi dan menghitung effect size. Hasil analisis data sikap peduli lingkungan diperoleh dari gain 〈g〉 = 0,61 untuk kelas eksperimen, 〈g〉= 0,47 untuk kelas kontrol, dan dari data lembar observasi didapat nilai presentase peningkatan sikap peduli lingkungan di setiap minggunya dengan effect size d=0,37. hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan terhadap peningkatan penguasaan konsep dan sikap peduli lingkungan siswa pada tema sampah dan penanggulangannya yang menggunakan model PjBL berbantuan mind map dengan model PjBL tanpa bantuan mind map, dimana model PjBL berbantuan mind map pada tema sampah dan penanggulangannya efektif dengan kriteria tinggi dalam meningkatkan penguasaan konsep siswa dan efektif dengan kriteria sedang dalam meningkatkan sikap kepedulian siswa terhadap lingkungan. --- This research aimed to improve student's consept mastery and environmental attitudes of garbage management through a comparison of the use of project based learning (PjBL) model using mind map and use of project based learning (PjBL) model without mind map. The research method was quasy experiment which used pretest-posttest control group design. sample of the research was grade of 7th involved two classes in one of private junior high school in Bandung regency, with totaling 32 students for experiment class, and 34 students for control class. The instrument which was used was the test of concept mastery with validity test between 0.41 - 0.85 and reliability 0.90, attitude scale and observation of environmental attitudes. The data were analyzed by considering the gain which has its normalization and counting size effect. The result of the data concept mastery analysis was obtained from gain <g> = 0,77 for experiment class and <g> = 0,39 for control class, and effect size d = 1,32, whereas from environmental attitudes was obtained from gain <g> = 0,61 for experiment class and <g> = 0,47 for control class, and from observation the value presentage-improvement of environmental attitudes in every week with effect size d = 0,37. Conclusion from this research is there were significant differences on improve student's concept and environmental attitudes of garbage management using project-based learning using mind map compared to project-based learning without using mind map and what is more PjBL (Project Based Learning) method using Mind Map for the topic of garbage management and its solution works effectively since it has high effect to improve students' concept mastery and it has medium effect to improve student's environmental attitudes.
Item Description:http://repository.upi.edu/25596/1/T_IPA_1404545_Title.pdf
http://repository.upi.edu/25596/2/T_IPA_1404545_Abstract.pdf
http://repository.upi.edu/25596/3/T_IPA_1404545_Table_of_content.pdf
http://repository.upi.edu/25596/4/T_IPA_1404545_Chapter1.pdf
http://repository.upi.edu/25596/5/T_IPA_1404545_Chapter2.pdf
http://repository.upi.edu/25596/6/T_IPA_1404545_Chapter3.pdf
http://repository.upi.edu/25596/7/T_IPA_1404545_Chapter4.pdf
http://repository.upi.edu/25596/8/T_IPA_1404545_Chapter5.pdf
http://repository.upi.edu/25596/9/T_IPA_1404545_Bibliography.pdf
http://repository.upi.edu/25596/10/T_IPA_1404545_Appendix1.pdf
http://repository.upi.edu/25596/11/T_IPA_1404545_Appendix2.pdf