PENERAPAN METODE SOSIODRAMA BERMEDIA BANDO DESA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DAN LEADERSHIP SKILL SISWA

Dari hasil observasi data awal ditemukan permasalahan yang berhubungan dengan rendahnya hasil belajar dan keterampilan kepemimpinan (leadership skill), hal ini dikarenakan proses pembelajaran disajikan hanya menggunakan metode konvensional, sehingga berakibat terhadap hasil belajar siswa yang berada...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: Oktiani, Ega (Author)
Format: Academic Paper
Published: 2017-09-04.
Subjects:
Online Access:http://repository.upi.edu/2561/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
Description
Summary:Dari hasil observasi data awal ditemukan permasalahan yang berhubungan dengan rendahnya hasil belajar dan keterampilan kepemimpinan (leadership skill), hal ini dikarenakan proses pembelajaran disajikan hanya menggunakan metode konvensional, sehingga berakibat terhadap hasil belajar siswa yang berada di bawah KKM. Dari data awal hasil belajar siswa memperoleh persentase 14,28% siswa yang tuntas dan 85,71% siswa yang belum tuntas. Dari fakta itu tentunya perlu ada suatu perubahan pembelajaran dengan melakukan penelitian tindakan kelas (PTK) model Kemmis dan MC Taggart dengan menerapkan metode sosiodrama. Adapun instrumen yang digunakan pedoman observasi kinerja guru, aktivitas siswa, pedoman wawancara guru dan siswa, dan tes hasil belajar. Dari hasil penelitian terjadi peningkatan pada kinerja guru tahap perencanaan siklus I memperoleh persentase 88%, siklus II 96% dan siklus III 100%, kinerja guru tahap pelaksanaan memperoleh persentase 86%, siklus II 93%, dan siklus III 100%, serta pada aktivitas siswa siklus I keseluruhan aspek leadership skill memperoleh persentase 70%, siklus II 73%, siklus III 85,71%, dan hasil belajar memperoleh persentase meningkat menjadi 33%, meningkat menjadi 57% pada siklus II dan meningkat menjadi 90% pada siklus III. Dengan demikian penerapan Metode sosiodrama bermedia bando desa dapat meningkatkan hasil belajar dan leadership skill siswa di kelas IV SDN Legok II. Kata Kunci: Metode Sosiodrama, hasil belajar, leadership skill, lembaga-lembaga pemerintahan desa
Item Description:http://repository.upi.edu/25601/1/s_pgsd_kelas_1300325_title.pdf
http://repository.upi.edu/25601/2/s_pgsd_kelas_1300325_table_of_content.pdf
http://repository.upi.edu/25601/3/s_pgsd_kelas_1300325_chapter1.pdf
http://repository.upi.edu/25601/4/s_pgsd_kelas_1300325_chapter2.pdf
http://repository.upi.edu/25601/5/s_pgsd_kelas_1300325_chapter3.pdf
http://repository.upi.edu/25601/6/s_pgsd_kelas_1300325_chapter4.pdf
http://repository.upi.edu/25601/7/s_pgsd_kelas_1300325_chapter5.pdf
http://repository.upi.edu/25601/8/s_pgsd_kelas_1300325_bibliography.pdf
http://repository.upi.edu/25601/9/s_pgsd_kelas_1300325_appendix.pdf