PENGARUH METODE GUIDED DISCOVERY LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DENGAN VARIABEL MODERATOR KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA

Fokus masalah yang menjadi latar belakang dalam penelitian ini adalah rendahnya kemampuan siswa dalam pemecahan masalah di Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 1 Cipatat Kab.Bandung Barat. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh metode Guided Discovery Learning untuk meningkatkan kemampuan pe...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: Utami, Excaferina Sri (Author)
Format: Academic Paper
Published: 2016-08-26.
Subjects:
Online Access:http://repository.upi.edu/25652/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
Description
Summary:Fokus masalah yang menjadi latar belakang dalam penelitian ini adalah rendahnya kemampuan siswa dalam pemecahan masalah di Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 1 Cipatat Kab.Bandung Barat. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh metode Guided Discovery Learning untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah ditinjau dari kemandirian belajar yang dimiliki siswa pada mata pelajaran ekonomi Sekolah Menengah Atas (SMA). Penelitian ini menggunakan metode quasi experiment dengan model eksperimen desain faktorial. Analisis uji gain ternormalisasi memberikan hasil peningkatan 0.532 untuk siswa yang diajar menggunakan metode Guided Discovery Learning dan 0,273 untuk siswa yang diajar menggunakan metode ceramah bervariasi. Hasil penelitian ini menunjukkan juga bahwa hasil perolehan skor kemandirian belajar kelas eksperimen (XI IIS 1) yaitu 97,3 atau berada pada kategori sedang. Sementara itu pada kelas kontrol (XI IIS 2) didapat skor yaitu 78,4 atau berada pada kategori rendah. Berdasarkan hasil pengujian interaksi antara metode Guided Discovery Learning dan kemandirian belajar siswa terhadap kemampuan pemecahan masalah menggunakan uji Two Way Anova memiliki nilai signifikansi 0,000, nilai ini < 0,05. Artinya terdapat variabilitas kemampuan pemecahan masalah siswa dalam mata pelajaran ekonomi secara signifikan dipengaruhi oleh interaksi antara metode pembelajaran dengan kemandirian belajar siswa. Disimpulkan bahwa penerapan metode Guided Discovery Learning dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah dilihat dari kemadirian belajar yang dimiliki siswa pada kategori tinggi, sedang dan rendah.;--- The focus of the problem is the background of this research still the lack of students in problem solving at 1 High School Cipatat West Bandung . The purpose of this research to determine the effect Guided Discovery Learning methods to improve problem solving ability with the views of self regulated learning of the students on economic subject's High School. This research is quasi experiment. Experimental model used in this research was a factorial design. The normalized gain test analysis results for the 0.532 increase in the students taught using the Guided Discovery Learning and 0.273 for the students taught using lecture method varies. This research showed also that the results of the acquisition of self regulated learning experimental class score (XI IIS 1) is 97.3 or middle category. Meanwhile, in the control class (XI IIS 2) acquired score is 78.4, or that are in the low category. Based on the results of testing the interaction between Guided Discovery Learning methods and students self regulated learning to problem solving ability using Two Way Anova test has a significance value of 0.000, this value < 0.05. This means there is variability in the students problem solving abilities of economic subjects is significantly influenced by the interaction between the learning methods of students self regulated learning. It was concluded that the application of Guided Discovery Learning method can enhance the problem solving skill views of self regulated learning of the students in the category of high, medium and low.
Item Description:http://repository.upi.edu/25652/1/T_PEKO_1402102_Title.pdf
http://repository.upi.edu/25652/1/T_PEKO_1402102_Abstract.pdf
http://repository.upi.edu/25652/2/T_PEKO_1402102_Table_of_content.pdf
http://repository.upi.edu/25652/3/T_PEKO_1402102_Chapter1.pdf
http://repository.upi.edu/25652/4/T_PEKO_1402102_Chapter2.pdf
http://repository.upi.edu/25652/5/T_PEKO_1402102_Chapter3.pdf
http://repository.upi.edu/25652/6/T_PEKO_1402102_Chapter4.pdf
http://repository.upi.edu/25652/7/T_PEKO_1402102_Chapter5.pdf
http://repository.upi.edu/25652/8/T_PEKO_1402102_Bibliography.pdf
http://repository.upi.edu/25652/9/T_PEKO_1402102_Appendix1.pdf
http://repository.upi.edu/25652/10/T_PEKO_1402102_Appendix2.pdf