MENINGKATKAN KEMAMPUAN NATURALIS ANAK MELALUI PEMANFAATAN LINGKUNGAN ALAM SEKITAR

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan naturalis anak Tk Labschool UPI dan rendahnya kemampuan guru dalam menggunakan pemanfaatan lingkungan alam sekitar sebagai media pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan naturalis anak melalui pemanfaatan lingkungan...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: Mutaqin, Zaenal (Author)
Format: Academic Paper
Published: 2016-08-19.
Subjects:
Online Access:http://repository.upi.edu/25658/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
Description
Summary:Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan naturalis anak Tk Labschool UPI dan rendahnya kemampuan guru dalam menggunakan pemanfaatan lingkungan alam sekitar sebagai media pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan naturalis anak melalui pemanfaatan lingkungan alam sekitar. Kecerdasan seringkali dimaknai sebagai kemampuan memahami sesuatu dan kemampuan berpendapat. Dalam hal ini kecerdasan diapahami sebagai kemampuan intelektual yang menekankan logika dalam memecahkan masalah. Setiap anak di dunia ini memiliki berbagai kecerdasan dalam tingkat dan indikator yang berbeda. Kecerdasan naturalis memliki peran yang sangat besar dalam kehidupan. Pengetahuan anak mengenai alam, hewan dan tumbuh-tumbuhan dapat mengantarkan mereka keberbagai profesi strategis, seperti dokter hewan, insinyur pertanian, perkebunan, kehutanan, kelautan, ahli farmasi, ahli geodesi, geografil, ahli lingkungan dan lain sebagainya. Memanfaatkan lingkungan alam sekitar dengan membawa anak-anak untuk mengamati lingkungan akan menambah keseimbangan dalam kegiatan belajar. Artinya belajar tidak hanya terjadi di ruangan kelas namun juga di luar ruangan kelas dalam hal ini lingkungan sebagai sumber belajar yang sangat berpengaruh terhadap perkembangan fisik, keterampilan sosial, dan budaya, perkembangan emosional serta intelektual anak. Pelaksanaan peningkatan kemampuan naturalis anak melaui pemanfaatan lingkungan alam sekitar memberikan dampak yang positif bagi anak khususnya anak kelompok B (kepik) yang menjadi subjek penelitian. Penarikan kesimpulan ini diambil dari hasil observasi yang dilakukan leh peneliti selama kagiatan berlangsung pada setiap tindakan yang diambil oleh peneliti disetiap siklusnya baik itu terhadap aktivitas guru maupun terhadap aktivitas anak yang setiap tindakannya terus mengalami peningkatan. Perencanaan pembelajaran yang dirancang oleh peneliti dan guru memberikan kontribusi yang nyata dalam setiap peningkatan proses pembelajarannya. Proses pembelajaran yang terdiri dari tahapan-tahapan yang mengharuskan siswa untuk terlibat lagsung dalam pelaksanaanya. Setiap aktivitas anak ditinjau secara langsung baik oleh guru maupun oleh peneliti walaupun masih banyak kendala yang dialami. Perbaikan dan refleksi dijadikan sebuah solusi untuk mengatasi semua kendala yang dialami pada saat penelitian berlangsung.;---This research is motivated by the low ability children naturalist Tk Labschool UPI and the low capacity utilization of teachers in using the natural environment as a learning medium. This study aims to improve the ability of children through the utilization naturalist surrounding natural environment. Intelligence is often interpreted as the ability to understand something and capabilities found. In this case the intelligence diapahami as intellectual ability that emphasizes logic in solving problems. Every child in this world has a variety of intelligence in different levels and indicators. Naturalist discount enormous role in life. Knowledge of children about nature, animals and plants can deliver them to control every aspect of strategic professions, such as veterinarians, agricultural engineers, plantation, forestry, marine, pharmacists, experts geodesy, geografil, environmentalists and others. Utilizing the natural environment by bringing the children to observe the environment will add balance in learning activities. This means that learning occurs not only in the classroom but also outside the classroom in this regard the environment as a learning resource that greatly influence the development of the physical, social skills, and cultural, emotional and intellectual development of children. Implementation of children through increased capacity utilization naturalist natural surroundings provide a positive impact for children, especially children in group B (ladybugs), which became the subject of research. The conclusion drawn from the results of observations made during kagiatan leh researchers take place on any action taken by the researchers in each cycle both on the activity of the teacher and the children activities that every action is constantly increasing. Lesson plans designed by researchers and teachers make a significant contribution in any improvement of the learning process. The learning process that consists of stages that require students to engage lagsung in practice. Each child's activity is reviewed directly by the teacher as well as by researchers although there are still many constraints experienced. Repair and reflection used as a solution to overcome all constraints experienced during the study.
Item Description:http://repository.upi.edu/25658/1/S_PAUD_1202579_Title.pdf
http://repository.upi.edu/25658/2/S_PAUD_1202579_Abstract.pdf
http://repository.upi.edu/25658/3/S_PAUD_1202579_Table_of_content.pdf
http://repository.upi.edu/25658/4/S_PAUD_1202579_Chapter1.pdf
http://repository.upi.edu/25658/5/S_PAUD_1202579_Chapter2.pdf
http://repository.upi.edu/25658/6/S_PAUD_1202579_chapter3.pdf
http://repository.upi.edu/25658/7/S_PAUD_1202579_Chapter4.pdf
http://repository.upi.edu/25658/8/S_PAUD_1202579_Chapter5.pdf
http://repository.upi.edu/25658/9/S_PAUD_1202579_Bibligraphy.pdf
http://repository.upi.edu/25658/10/S_PAUD_1202579_Appendix1.pdf
http://repository.upi.edu/25658/11/S_PAUD_1202579_Appendix2.pdf