ANALISIS PEMAHAMAN MAHASISWA TERHADAP KANYOUKU YANG BERMAKNA TERKEJUT

Kanyouku adalah gabungan beberapa kata dalam bahasa Jepang yang membentuk arti baru atau khusus. Kanyouku tidak bisa diartikan kata per kata. Di dalam kanyouku terdapat arti leksikal dan idiomatikal, Adapun untuk mengungkapkan perasaan terkejut dibagi menjadi 5 jenis kata (odoroku, bikkuri suru, tam...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: Sofiany, Andini (Author)
Format: Academic Paper
Published: 2016-08-26.
Subjects:
Online Access:http://repository.upi.edu/25742/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
LEADER 05149 am a22003253u 4500
001 repoupi_25742
042 |a dc 
100 1 0 |a Sofiany, Andini  |e author 
245 0 0 |a ANALISIS PEMAHAMAN MAHASISWA TERHADAP KANYOUKU YANG BERMAKNA TERKEJUT 
260 |c 2016-08-26. 
500 |a http://repository.upi.edu/25742/1/S_JEP_1200620_Title.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/25742/2/S_JEP_1200620_Abstract.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/25742/3/S_JEP_1200620_Table_of_content.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/25742/4/S_JEP_1200620_Chapter1.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/25742/5/S_JEP_1200620_Chapter2.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/25742/6/S_JEP_1200620_Chapter3.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/25742/7/S_JEP_1200620_Chapter4.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/25742/8/S_JEP_1200620_Chapter5.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/25742/9/S_JEP_1200620_Bibliography.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/25742/10/S_JEP_1200620_Appendix1.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/25742/11/S_JEP_1200620_Appendix2.pdf 
520 |a Kanyouku adalah gabungan beberapa kata dalam bahasa Jepang yang membentuk arti baru atau khusus. Kanyouku tidak bisa diartikan kata per kata. Di dalam kanyouku terdapat arti leksikal dan idiomatikal, Adapun untuk mengungkapkan perasaan terkejut dibagi menjadi 5 jenis kata (odoroku, bikkuri suru, tamageru, kyougaku suru, dan kyoutan suru), dimana ke 5 jenis kata ini memiliki arti dan maksud yang sama tetapi penggunaannya berbeda-beda sesuai dengan keadaan yang sedang dialami. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui sejauh mana tingkat pemahaman mahasiswa tingkat III bahasa Jepang dalam memahami kanyouku yang bermakna terkejut, untuk mengetahui kesulitan apa saja yang dialami mahasiswa dalam memahami kanyouku yang bermakna terkejut dan untuk mengetahui apa saja yang menjadi faktor penyebab dari kesulitan tersebut. Dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif, dan teknik pengumpulan data yang dilakukan melalui penyebaran soal tes dan angket dengan menggunakan teknik one shoot model kepada mahasiswa tingkat III bahasa Jepang UPI. Hasil dari penelitian ini menyatakan bahwa pemahaman mahasiswa tingkat III terhadap kanyouku yang menyatakan perasaan terkejut masih kurang, yaitu 56,83. ;---慣用句は新規と特別な意味を形成する組み合わせ単語である。慣用句は一言一句に解釈ことができない。慣用句で語彙的な意味と慣用的な意味がある。「ショック」を受ける気持ちを発現する言葉は5種類に分け、「驚く」、「びっくりする」、「たまげる」、「驚愕する」、「驚嘆する」である。その5種類は同じ意味を持っているが、状況に応じて相違使用を持っている。本研究の目的は3年生の学習者に「ショック」慣用句の使用するに対して学習者の理解を分析するためである。それに学習者は慣用句を理解する間にどのぐらい複雑を与えるのかを知り、そしてその複雑を引き起こす要因を調べるためである。本研究は記述的な研究で、収集データはワン・シュートデザインでテストとアンケートを使用ことである。本研究の分析の結果学習者は「ショック」慣用句の使用に対して3年生の理解は56.83パーセント、それは不足点にあることが分かる。;---Kanyouku is a combination of several words in Japanese that form new or special meaning. Kanyouku can not be interpreted word-per-word. In kanyouku, there are lexical and idiomatical meaning. As to express the feeling "shocked", it is divided into 5 types of words (odoroku, bikkuri suru, tamageru, kyougaku suru, and kyoutan suru) where the meanings and purposes of all five terms are the same but used in different situation according to the circumstances being experienced. The purpose of this study is to determine the extent of understanding of 3rd year students of Japanese Education Department in understanding of the use of the shocked in kanyouku. In addition, the purposes are also to know the difficulties experienced by 3rd year students of Japanese Education Department of UPI involving kanyouku and factors causing those difficulties. This research uses descriptive method and techniques of data collection is done through the deployment of test and questionnaire using one-shoot models to the 3rd year Japanese Education Department students of UPI. The results of this study states that the understanding of 3rd year Japanese Education Department students of UPI toward the use of kanyouku is still lacking in diversity, namely 56.83. 
546 |a en 
690 |a PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania 
690 |a PN Literature (General) 
655 7 |a Thesis  |2 local 
655 7 |a NonPeerReviewed  |2 local 
787 0 |n http://repository.upi.edu/25742/ 
787 0 |n http://repository.upi.edu 
856 4 1 |u http://repository.upi.edu/25742/