PROGRAM LAYANAN KONSELING UNTUK MEREDUKSI KECEMASAN AKADEMIK PESERTA DIDIK MENGGUNAKAN TEKNIK RESTRUKTURISASI KOGNITIF

Peserta didik yang tidak terampil dalam mereduksi kecemasan akademik akan menghadapi dampak buruk dalam kegiatan akademiknya yaitu adanya berbagai permasalahan dalam kegiatan belajar. Kecemasan akademik sebenarnya wajar dimiliki oleh peserta didik, namun jika tingkat kecemasannya sangat tinggi maka...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: Sari, Wulan Desi (Author)
Format: Academic Paper
Published: 2016-08-26.
Subjects:
Online Access:http://repository.upi.edu/25771/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
LEADER 04173 am a22003013u 4500
001 repoupi_25771
042 |a dc 
100 1 0 |a Sari, Wulan Desi  |e author 
245 0 0 |a PROGRAM LAYANAN KONSELING UNTUK MEREDUKSI KECEMASAN AKADEMIK PESERTA DIDIK MENGGUNAKAN TEKNIK RESTRUKTURISASI KOGNITIF 
260 |c 2016-08-26. 
500 |a http://repository.upi.edu/25771/1/S_PPB_1001299_Title.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/25771/2/S_PPB_1001299_Abstract.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/25771/3/S_PPB_1001299_Table_of_content.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/25771/4/S_PPB_1001299_Chapter1.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/25771/5/S_PPB_1001299_Chapter2.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/25771/6/S_PPB_1001299_Chapter3.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/25771/7/S_PPB_1001299_Chapter4.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/25771/8/S_PPB_1001299_Chapter5.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/25771/10/S_PPB_1001299_Bibliography.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/25771/9/S_PPB_1001299_Appendix.pdf 
520 |a Peserta didik yang tidak terampil dalam mereduksi kecemasan akademik akan menghadapi dampak buruk dalam kegiatan akademiknya yaitu adanya berbagai permasalahan dalam kegiatan belajar. Kecemasan akademik sebenarnya wajar dimiliki oleh peserta didik, namun jika tingkat kecemasannya sangat tinggi maka akan sangat mengganggu kegiatan belajar. Peserta didik SMA yang mengalami kecemasan akademik tinggi akan lebih memilih tidak mengikuti kegiatan belajar, pola pikirnya terganggu,, serta akan merasa kesulitan dalam mengikuti berbagai kegiatan belajar dikelas. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui gambaran umum kecemasan akademik pesreerta didik dan merancang program layanan konselinguntuk mereduksi kecemasan akademik peserta didik. Penelitian menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Partisipan penelitian adalah peserta didik kelas X SMA Negeri 2 Bandung Tahun Ajaran 2014/2015 yang berjumlah 389 peserta didik. Instrumen yang digunakan adalah angket. Hasil penelitian yang diperoleh adalah : (1) tingkat kecemasan akademik peserta didik secara umum rendah, hanya terdapat beberapa peserta didik yang meiliki kecemasan yang tinggi, (2) rancangan program konseling untuk mereduksi kecemasan akademik dengan teknik restrukturisasi kognitif untuk mengubah pola pikir peserta didik yang negatif menjadi pola pikir yang positif. Hasil penelitian direkomendasikan bagi guru Bimbingan dan Konseling dan peneliti selanjutnya.;--- Students who are not skilled in reducing anxiety on academic achievement will face bad impact on academic activities, namely the existence of various problems in learning activities. Anxiety on academic achievement is actually reasonable owned by learners, but it would greatly interfere with learning if the anxiety level is very high. High school students who have high anxiety on academic achievement would prefer not to follow the learning activities, the mindset is disturbed , and will find it difficult to participate in various learning activities in class. The purpose of this research was to determine the general picture of students' anxiety on academic achievement and to design counseling services program to reduce students' anxiety on academic achievement. The research used descriptive method with quantitative approach. The participants are 389 students of X Grade at SMAN 2 Bandung in Academic Year 2014/2015. The instrument used was a questionnaire. The results obtained are: (1) the students' anxiety level on academic achievement are generally low, there are only a few students that has particularly high anxiety, (2) a draft program of counseling to reduce anxiety on academic achievement by using cognitive restructuring techniques to change students' negative thinking into a positive thinking. The results of research are recommended for counselors and further research. 
546 |a en 
690 |a BF Psychology 
655 7 |a Thesis  |2 local 
655 7 |a NonPeerReviewed  |2 local 
787 0 |n http://repository.upi.edu/25771/ 
787 0 |n http://repository.upi.edu 
856 4 1 |u http://repository.upi.edu/25771/