PENERAPAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL (CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya aktivitas siswa dan guru yang masih menggunakan metode ceramah pada saat pembelajaran matematika. Secara umum, penelitian ini ditujukan untuk meningkatkan aktivitas dengan menerapkan pendekatan CTL dalam mata pelajaran matematika di kelas 2C SDN Sukaras...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: Basan, Maria Karmelia (Author)
Format: Academic Paper
Published: 2016-07-27.
Subjects:
Online Access:http://repository.upi.edu/25796/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
Description
Summary:Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya aktivitas siswa dan guru yang masih menggunakan metode ceramah pada saat pembelajaran matematika. Secara umum, penelitian ini ditujukan untuk meningkatkan aktivitas dengan menerapkan pendekatan CTL dalam mata pelajaran matematika di kelas 2C SDN Sukarasa 4 untuk, sedangkan tujuan khususnya adalah untuk mengetahui bagaimana perencanaan, pelaksanaan, dan hasil peningkatan aktivitas siswa menggunakan pendekatan CTL . Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang mengadaptasi model Kemmis dan Mc. Taggart yang dilaksanakan dalam dua siklus pembelajaran . Hasil enelitian dengan menerapkan pendekatan CTL pada mata pelajaran matematika menunjukkan adanya peningkatan aktivitas belajar siswa pada setiap siklusnya. Pada siklus 1, persentase aktivitas siswa mencapai 83,81% sedangkan pada pelaksanaan pembelajaran siklus kedua mengalami peningkatan menjadi 92,96%. Berdasarkan hasil penelitian di atas, maka dapat disimpulkan bahwa penerapan pendekatan CTL dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran matematika. Berdasarkan hasil penelitian tersebut maka ada beberapa saran yang perlu disampaikan antara lain: (1)guru sebaiknya menerapkan pendekatan pembelajaran kontekstual karena karena bisa memberikan pembelajaran yang lebih bermakna dan menyenangkan, (2) bagi siswa, pendekatan kontekstual bisa membuat siswa lebih aktif dalam pembelajaran dan siswa lebih menemukan makna karena pembelajaran kontekstual adalah pembelajaran yang berhubungan dengan kehidupan sehari-hari siswa, (3) Peneliti selanjutnya yang akan melakukan penelitian dengan menerapkan pembelajaran kontekstual, bisa menerapkannya pada mata pelajaran lain selain matematika. Selain untuk meningkatkan aktivitas, peneliti selanjutnya juga bisa menggunakan pendekatan kontekstual sesuai dengan keperluannya.;--- This research is motivated by the low activity of the students and teachers who still use the lecture method of teaching mathematics. In general, this study aimed to enhance the activity by applying CTL approach in mathematics in grade 2C SDN Sukarasa 4's, while the specific goal is to find out how the planning, execution, and the resulting increase in student activity using CTL approach. The method used in this research is the Classroom Action Research (PTK) which adapts the model Kemmis and Mc. Taggart is conducted in two cycles of learning. Results enelitian by applying CTL approach in mathematics indicate an increase in activity of students in each cycle. In cycle 1, the percentage of student activity reached 83.81% while the implementation of learning a second cycle increased to 92.96%. Based on the above results, it can be concluded that the application of CTL approach can improve students' learning activities in mathematics. Based on these results then there are some suggestions that need to be addressed include: (1) the teacher should approach contextual learning because because it can provide learning more meaningful and enjoyable, (2) for students, a contextual approach to make students more active in learning and more students find meaning for contextual learning is the learning associated with the daily life of students, (3) The next researchers will conduct research to apply contextual learning, can apply it to other subjects besides math. In addition to increasing the activity, further research could also use a contextual approach in accordance with its requirements.
Item Description:http://repository.upi.edu/25796/1/S_PGSD_1206849_Title.pdf
http://repository.upi.edu/25796/2/S_PGSD_1206849_Abstract.pdf
http://repository.upi.edu/25796/3/S_PGSD_1206849_Table_of_content.pdf
http://repository.upi.edu/25796/4/S_PGSD_1206849_Chapter1.pdf
http://repository.upi.edu/25796/5/S_PGSD_1206849_Chapter2.pdf
http://repository.upi.edu/25796/6/S_PGSD_1206849_Chapter3.pdf
http://repository.upi.edu/25796/7/S_PGSD_1206849_Chapter4.pdf
http://repository.upi.edu/25796/8/S_PGSD_1206849_Chapter5.pdf
http://repository.upi.edu/25796/9/S_PGSD_1206849_Bibliography.pdf
http://repository.upi.edu/25796/10/S_PGSD_1206849_Appendix.pdf