IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN SEJARAH BERBASIS ECOPEDAGOGI UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PENGAMBILAN KEPUTUSAN YANG RAMAH LINGKUNGAN : Penelitian Tindakan Kelas di SMA Kartika XIX-2

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh peserta didik Kartika XIX-2 Bandung yang belum memiliki keterampilan pengambilan keputusan yang ramah lingkungan. Hal ini dikarenakan rendahnya kecerdasan ekologis yang dimiliki oleh peserta didik. Oleh sebab permasalahan utama dalam tesis ini adalah "Bagaim...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: N.K.D, Fani (Author)
Format: Academic Paper
Published: 2016-08-26.
Subjects:
Online Access:http://repository.upi.edu/25811/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
LEADER 04918 am a22003253u 4500
001 repoupi_25811
042 |a dc 
100 1 0 |a N.K.D, Fani  |e author 
245 0 0 |a IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN SEJARAH BERBASIS ECOPEDAGOGI UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PENGAMBILAN KEPUTUSAN YANG RAMAH LINGKUNGAN : Penelitian Tindakan Kelas di SMA Kartika XIX-2 
260 |c 2016-08-26. 
500 |a http://repository.upi.edu/25811/1/T_SEJ_1402636_Title.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/25811/2/T_SEJ_1402636_Abstract.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/25811/3/T_SEJ_1402636_Table_of_content.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/25811/4/T_SEJ_1402636_Chapter1.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/25811/5/T_SEJ_1402636_Chapter2.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/25811/6/T_SEJ_1402636_Chapter3.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/25811/7/T_SEJ_1402636_Chapter4.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/25811/8/T_SEJ_1402636_Chapter5.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/25811/9/T_SEJ_1402636_Bibliography.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/25811/10/T_SEJ_1402636_Appendix1.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/25811/11/T_SEJ_1402636_Appendix2.pdf 
520 |a Penelitian ini dilatarbelakangi oleh peserta didik Kartika XIX-2 Bandung yang belum memiliki keterampilan pengambilan keputusan yang ramah lingkungan. Hal ini dikarenakan rendahnya kecerdasan ekologis yang dimiliki oleh peserta didik. Oleh sebab permasalahan utama dalam tesis ini adalah "Bagaimanakah Implementasi Pembelajaran Sejarah Berbasis Ekopedagogi Untuk Meningkatkan Keterampilan Pengambilan Keputusan yang ramah Lingkungan Di SMA Kartika XIX-2 Bandung?". Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk (1) Mendeskripsikan penerapan pembelajaran sejarah berbasis ekopedagogi untuk meningkatkan keterampilan pengambilan keputusan yang ramah lingkungan, (2) Mendeskripsikan langkah-langkah pembelajaran sejarah berbasis ekopedagogi untuk meningkatkan keterampilan pengambilan keputusan yang ramah lingkungan pada siswa, (3) Menganalisis hasil dari pembelajaran sejarah berbasis ekopedagogi untuk meningkatkan keterampilan pengambilan keputusan yang ramah lingkungan pada siswa, dan (4) Mengidentifikasi kendala-kendala guru ketika menerapkan pembelajaran sejarah berbasis ekopedagogi untuk meningkatkan keterampilan pengambilan keputusan yang ramah lingkungan pada siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode penelitian tindakan kelas. Dari hasil penelitian yang telah dilakukan diketahui bahwa kegiatan pembelajaran yang dilakukan pada siklus pertama telah meningkatkan pengetahuan nilai-nilai ramah lingkungan peserta didik yang didasarkan perolehan nilai dari tugas uraian yang diberikan, sedangkan pada siklus kedua berdasarkan hasil wawancara dan observasi terlihat siswa sudah memiliki empati terhadap nilai-nilai ramah lingkungan dan siklus ketiga terlihat bahwa siswa sudah mampu bertindak sesuai nilai-nilai ramah lingkungan dari kuesioner yang diberikan.; This research was motivated by the inability of the students at Kartika XIX-2 Bandung in making eco-friendly decission. This is because of the lack of the students' ecological intelligence. The main focus of this research is "The implementation of ecopedagogy-based history learning to enhance ecofriendly decission making at Kartika Senior High School XIX-2 Bandung. The purpose of this thesis is (1) to describe the implementation of Eco-pedagogy based history learning to enhance Eco-friendly Decision Making Skills, (2) to describe the stages of Eco-pedagogy based history learning to enhance the students' Eco-friendly Decision Making Skills, (3) to analyze the result of Eco-pedagogy based history learning to enhance the students' Eco-friendly Decision Making Skills, and (4) to identify the teacher's difficulties in implementing Eco-pedagogy based history learning to enhaance the students' Eco-friendly Decision Making Skills. This research uses qualitative approach particularly classroom action research method. Considering the result of the study, it can be concluded that the learning activity at the first cycle has improved the students' knowledge about the value of Eco-friendliness based on the result of the given task, while on the second cycle ,which is based on the result of the interview and observation, it is seen that the students already have empathy towards the value of Eco-friendliness and on the third cycle, it can be seen that the students are able to act according to the value of Eco-friendliness from the given questionnaire. 
546 |a en 
690 |a HN Social history and conditions. Social problems. Social reform 
690 |a L Education (General) 
655 7 |a Thesis  |2 local 
655 7 |a NonPeerReviewed  |2 local 
787 0 |n http://repository.upi.edu/25811/ 
787 0 |n http://repository.upi.edu 
856 4 1 |u http://repository.upi.edu/25811/