PENGARUH PEMBELAJARAN SEJARAH BERBASIS DOKUMEN DAN INTERPRETASI TEKS SEJARAH TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KESEJARAHAN : Penelitian Quasi Eksperimen di MAN Purwakarta

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh upaya untuk mengembangkan proses pembelajaran Sejarah yang mampu memberikan makna yang terkandung dalam setiap peristiwa Sejarah bagi siswa, dengan melibatkan siswa dalam penelusuran kembali Sejarah daerahnya, melalui pembelajaran Sejarah berbasis Dokumen dan Int...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: Habsoh, Yayu Siti (Author)
Format: Academic Paper
Published: 2016-08-26.
Subjects:
Online Access:http://repository.upi.edu/25818/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
Description
Summary:Penelitian ini dilatarbelakangi oleh upaya untuk mengembangkan proses pembelajaran Sejarah yang mampu memberikan makna yang terkandung dalam setiap peristiwa Sejarah bagi siswa, dengan melibatkan siswa dalam penelusuran kembali Sejarah daerahnya, melalui pembelajaran Sejarah berbasis Dokumen dan Interpretasi Teks Sejarah.Terdapat beberapa keterampilan berpikir Kesejarahan yang dapat dikembangkan melalui Dokumen diantaranya;Berpikir Kronologis, menyelidiki Bukti- bukti Sejarah, Argumentasi Sejarah, Perbandingan dan Kontekstualisasi serta Penggunaan bukti- bukti Sejarah.sedangkan melalui Interpretasi teks Keterampilan berpikir Kesejarahan yang di kembangkan antara lain; membuat Periodisasi, Pola Keberlanjutan dan Perubahan, Argumen Sejarah dari bukti Sejarah, Sintesa dan Interpretasi, serta Perbandingan dan Kontekstualisasi. Adapun metode yang digunakan adalah Quasi Eksperimen dengan desain Non equivalent control group design / Desain Kelompok kontrol Non Equivalent ( Pra Uji dan Pasca Uji ). Lokasi Penelitian di laksanakan di kelas X IIS 2 dan X IIS 3 MAN Purwakarta dengan jumlah siswa pada masing- masing kelas 28 orang. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui dua jenis instrumen penelitian yaitu tes ( tertulis berbentuk pilihan Ganda) dan Non tes ( berbentuk Lembar observasi). Metode pengolahan data menggunakan Uji Validitas, Reliabilitas, Uji Normalitas, Uji Homogenitas serta Uji Hipotesis ( uji t). Hasil penelitian menunjukkan berdasarkan pengujian statistik menggunakan uji Hipotesis (uji t) untuk variable (X1) didapat nilai t-hitung sebesar 96,314 dengan nilai degree of fredom sebesar 27 didapat nilai t-tabel sebesar 2,0518, maka nilai t-hitung= 7138.294 > t-tabel=2,0518 dan nilai signifikansi (sig.) 0,000 < 0,05. Maka dapat disimpulkan bahwa H1 diterima, yang artinya "Pembelajaran Berbasis Dokumen (X1) berpengaruh signifikan terhadap Kemampuan Berpikir Kesejarahan". untuk variable X2 didapat nilai t-hitung sebesar 14473.655 dengan nilai degree of fredom sebesar 27 didapat nilai t-tabel sebesar 2,0518, maka nilai t-hitung=14473.655 > t-tabel=2,0518 dan nilai signifikansi (sig.) 0,000 < 0,05. Maka dapat disimpulkan bahwa H1 diterima dan H0 ditolak, yang artinya "Pembelajaran Berbasis Interpretasi Teks (X2) berpengaruh signifikan terhadap Kemampuan Berpikir Kesejarahan". Dari nilai t-hitung dan t-tabel yang didapat maka dapat terlihat bahwa |t-hitung| > t-tabel (3,681 > 2,005). Dengan demikian maka H1 diterima, yang berarti terdapat pengaruh yang signifikan dari penggunaan metode pembelajaran sejarah berbasis dokumen dan interpretasi teks terhadap keterampilan berfikir kesejarahan pada siswa kelas X. Hal ini membuktikan bahwa Model Pembelajaran Berbasis dokumen dan interpretasi teks sangat efektif digunakan dalam meningkatkan keterampilan berfikir kesejarahan. ; This research is motivated by the effort to develop the learning process of History capable of giving meaning contained in any event history for students , by involving students in the search history back region, through the study of history and interpretation of text -based documents. There some Historical thinking skills that can be developed through documents including; Chronological thinking , investigated Historical evidence, argument History , Comparative and contextualisation , and use of Historical evidence . While text Interpretation Historical thinking skills are being developed , among others ; making periodization , Sustainability and Change Patterns , History Argument from Historical evidence , Synthesis and Interpretation , as well as comparison and contextualization . The method used is Quasi Experiment with the design of non- equivalent control group design / Design of Non- Equivalent Control Group ( Pre- Test and Post- Test ) . Location of research carried on in class X 2 and X IIS IIS 3 MAN Purwakarta by the number of students in each class of 28 people . Data was collected through two types of research instruments that test ( a written form Multiple choice ) and Non tests ( shaped observation sheet ) . Data processing method using Validity , reliability , normality test , homogeneity test and Hypothesis Testing (t test). The results showed statistically based testing using hypothesis test (t test) for the variable ( X1 ) obtained t-count value of 96.314 with a degree of Fredom value of 27 obtained t-table value of 2.0518 , then the value t count = 7138,294 > t - table = 2.0518 and a significance value ( sig . ) 0.000 < 0.05 . So we can conclude that H1 is accepted , which means " Document -Based Learning ( X1 ) significantly affects Historical Thinking Ability " . for variable X2 obtained value for 14473,655 t-test with a degree of Fredom value of 27 obtained t-table value of 2.0518 , then the value t count = 14473,655 > t - table = 2.0518 and a significance value ( sig . ) .000 < 0.05 . So we can conclude that H1 is accepted and H0 is rejected , which means " Text Interpretation Based Learning ( X2 ) significantly affects Historical Thinking Ability " . Of the value of t-test and t- table is obtained , it can be seen that | t -test | > T- table ( 3.681 > 2.005 ). Thus, H1 is accepted , which means a significant influence on the use of methods of teaching history text -based documents and interpretation of the historical thinking skills in class X. This proves that the Model -Based Learning and interpretation of the text document is effectively used in improving the skills of historical thinking .
Item Description:http://repository.upi.edu/25818/1/T_SEJ_1402808_Title.pdf
http://repository.upi.edu/25818/2/T_SEJ_1402808_Abstract.pdf
http://repository.upi.edu/25818/3/T_SEJ_1402808_Table_of_content.pdf
http://repository.upi.edu/25818/4/T_SEJ_1402808_Chapter1.pdf
http://repository.upi.edu/25818/5/T_SEJ_1402808_Chapter2.pdf
http://repository.upi.edu/25818/6/T_SEJ_1402808_Chapter3.pdf
http://repository.upi.edu/25818/7/T_SEJ_1402808_Chapter4.pdf
http://repository.upi.edu/25818/8/T_SEJ_1402808_Chapter5.pdf
http://repository.upi.edu/25818/9/T_SEJ_1402808_Bibliography.pdf
http://repository.upi.edu/25818/10/T_SEJ_1402808_Appendix1.pdf
http://repository.upi.edu/25818/11/T_SEJ_1402808_Appendix2.pdf
http://repository.upi.edu/25818/12/T_SEJ_1402808_Appendix3.pdf