PENGARUH PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN TERHADAP KEMAMPUAN MENGEKSPRESIKAN PIKIRAN SISWA DALAM BENTUK TULISAN PADA PEMBELAJARAN SEJARAH

Penelitian ini berawal dari ketertarikan penulis untuk melihat kemampuan peserta didik dalam menulis sejarah. Peneliti menemukan bahwa peserta didik mempunyai potensi yang cukup baik untuk mengembangkan kemampuan mengekspresikan pikiran dalam dalam bentuk tulisan. Oleh karena itu, peneliti tertarik...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: Erlina, Meri (Author)
Format: Academic Paper
Published: 2016-08-31.
Subjects:
Online Access:http://repository.upi.edu/25837/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
LEADER 06291 am a22003133u 4500
001 repoupi_25837
042 |a dc 
100 1 0 |a Erlina, Meri  |e author 
245 0 0 |a PENGARUH PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN TERHADAP KEMAMPUAN MENGEKSPRESIKAN PIKIRAN SISWA DALAM BENTUK TULISAN PADA PEMBELAJARAN SEJARAH 
260 |c 2016-08-31. 
500 |a http://repository.upi.edu/25837/1/T_SEJ_1402138_Title.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/25837/2/T_SEJ_1402138_Abstract.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/25837/3/T_SEJ_1402138_Table_of_content.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/25837/4/T_SEJ_1402138_Chapter1.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/25837/5/T_SEJ_1402138_Chapter2.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/25837/6/T_SEJ_1402138_Chapter3.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/25837/7/T_SEJ_1402138_Chapter4.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/25837/8/T_SEJ_1402138_Chapter5.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/25837/9/T_SEJ_1402138_Bibliography.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/25837/10/T_SEJ_1402138_Appendix.pdf 
520 |a Penelitian ini berawal dari ketertarikan penulis untuk melihat kemampuan peserta didik dalam menulis sejarah. Peneliti menemukan bahwa peserta didik mempunyai potensi yang cukup baik untuk mengembangkan kemampuan mengekspresikan pikiran dalam dalam bentuk tulisan. Oleh karena itu, peneliti tertarik untuk melihat pengaruh pengguaan metode pembelajaran terhadap kemampuan mengekspresikan pikiran dalam bentuk tulisan uraian karena menulis adalah salah satu aspek keterampilan bahasa. Menulis merupakan mengekspresikan pikiran dan perasaan melalui simbol atau tulisan. Keterampilan menulis dalam pembelajaran sejarah bertujuan untuk mengekspresikan pikiran dalam bentuk tulisan uraian untuk memahami sejarah. Tujuan dari penelitian ini ialah mendapatkan hasil analisis dari pengaruh metode pembelajaran terhadap kemampuan mengekspresikan pikiran dalam bentuk tulisan uraian peserta didik. Hal tersebut meliputi: (1) pengaruh metode pembelajaran proyek ceramah terhadap kemampuan mengekspresikan pikiran dalam bentuk tulisan uraian, (2) pengaruh metode belajar diskusi terhadap kemampuan mengekspresikan pikiran dalam bentuk tulisan uraian, (3) pengaruh metode belajar penugasan terhadap kemampuan mengekspresikan pikiran dalam bentuk tulisan uraian peserta didik. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survei analitik dengan pendekatan kuantitatif melalui teknik regresi linear dalam menganalisis data pengaruh variabel independen terhadap variabel dependen. Berdasarkan hasil pengolahan dan analisis data yang dilakukan dalam penelitian ini, diperoleh hasil sebagai berikut: (1) terdapat pengaruh yang signifikan antara metode proyek dengan kemampuan mengekspresikan pikiran dalam bentuk tulisan uraian peserta didik yaitu 26.4%, (2) terdapat pengaruh yang signifikan antara metode diskusi terhadap kemampuan mengeskpresikan pikiran dalam bentuk tulisan uraian peserta didik sebesar 10.8%, (3) terdapat pengaruh yang signifikan antara metode penugasan terhadap kemampuan mengeskpresikan pikiran dalam bentuk tulisan uraian peserta didik sebesar 3%. Hasil penelitian ini memberikan pengaruh dari metode pembelajaran proyek, diskusi, dan penugasan secara keseluruhan terhadap kemampuan mengekspresikan pikiran dalam bentuk tulisan uraian sebesar 40.2% sedangkan sisanya dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak dibahas dalam penelitian ini. Kemampuan mengekspresikan pikiran dalam bentuk tulisan uraian merupakan salah satu keterampilan bahasa yang hanya dapat diperoleh dan dikuasai dengan cara praktek dan melakukan banyak latihan.;--- This study originated from the author's interest to see the ability of learners in writing history. Researchers found that learners have a good potential to develop the ability to express thoughts in written form. Therefore, researchers are interested to see the impact pengguaan learning method on the ability to express ideas in writing descriptions because writing is one of the aspects of language skills, writing means to express ideas and feelings through symbols or writing. Writing skills in the teaching of history is aimed at expressing thoughts in writing a description of the history of intellectual activity and the primary way to understand the history. The purpose of this study is to obtain the results of the analysis of the influence of the learning method on the ability to express ideas in writing a description of learners, which include: (1) the influence of methods of project learning lecture on the ability to express ideas in writing the description, (2) the effect of learning methods discussion the ability to express ideas in writing the description, (3) the effect of the method of learning the assignment of the ability to express ideas in writing uraianpeserta learners. The method used is the method of analytic survey with quantitative approach through linear regression techniques in analyzing the data the influence of the independent variable on the dependent variable. Based on the results of processing and anlisis data is performed in this study, the results are as follows: (1) a significant difference between the methods of the project with the ability to express ideas in writing a description of learners, namely 26.2%, (2) a significant difference between the methods discussion of the ability to express his thoughts in writing descriptions of learners by 10.8%, (3) a significant difference between the methods penugasanterhadap ability to express his thoughts in writing descriptions of learners by 2.8%. The study provides the effect of the method of project learning, discussion, and the overall assignment of the ability to express ideas in writing a description of 39.8% while the rest influenced by other factors not discussed in this study. Ability to express ideas in written form the description is one language skills can only be acquired and mastered by practice and do a lot of exercise. 
546 |a en 
690 |a D History (General) 
690 |a LB Theory and practice of education 
655 7 |a Thesis  |2 local 
655 7 |a NonPeerReviewed  |2 local 
787 0 |n http://repository.upi.edu/25837/ 
787 0 |n http://repository.upi.edu 
856 4 1 |u http://repository.upi.edu/25837/