PROGRAM PELATIHAN UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS BRAILLE BAGI ORANG TUA YANG MEMILIKI ANAK TUNANETRA

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan orang tua yang tidak dapat membantu anaknya dalam menulis braille yang terdapat di SLBN A Kota Bandung dan Kota Cimahi. Orang tua sebagai guru pertama bagi anak dan memiliki waktu yang lebih banyak untuk berinteraksi dan membantu anak dalam menulis b...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: Safaruddin, _ (Author)
Format: Academic Paper
Published: 2016-08-19.
Subjects:
Online Access:http://repository.upi.edu/25939/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
Description
Summary:Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan orang tua yang tidak dapat membantu anaknya dalam menulis braille yang terdapat di SLBN A Kota Bandung dan Kota Cimahi. Orang tua sebagai guru pertama bagi anak dan memiliki waktu yang lebih banyak untuk berinteraksi dan membantu anak dalam menulis braille. Namun, Belum adanya keterampilan dari orang tua dalam menulis braille menjadi salah satu hambatan untuk membantu anaknya belajar menulis braille di rumah. Salah satu upaya yang dapat dilakukan dalam mengatasi permasalahan menulis braille pada anak tunanetra yaitu dengan cara memberikan latihan menulis braille pada orang tua. Maka dilakukan suatu penelitian yang berbentuk eksperimen untuk mengetahui kemampuan menulis orang tua. Jenis penelitian yang digunakan adalah Quasi Eksperimen, Pretest-postest design yaitu eksperimen yang dilaksanakan pada satu kelompok tanpa menggunakan kelompok pembanding. Subjek penelitian ini adalah tujuh orang tua yang terdapat di SLBN A Kota Bandung dan Kota Cimahi. Data diperoleh dengan menggunakan tes perbuatan. Analisis data yang digunakan adalah uji Wilcoxon dengan kriteria pengujian hipotesis diterima jika Uhit < UTab dan diluar kondisi tersebut hipotesis di tolak pada taraf signifikan 95% atau α=0.05. Hasil dari pengolahan data menunjukkan Uhit = 0 dan UTab = 4, artinya hipotesis diterima. Jadi hasil penelitian menunjukkan bahwa program pelatihan menulis braille efektif terhadap kemampuan menulis braille bagi orang tua yang memiliki anak tunanetra. Untuk itu, disarankan pada pihak sekolah untuk memberikan pelatihan khususnya dalam menulis braille bagi orang tua.;--- This research was background by the problems of parents who can not help their children in writing braille in SLB A Bandung and Cimahi. Parents as the first teachers of children and have more time to interact and help children in writing braille. however, lack of parental skills in writing braille be one of impairment to help their children learn to write braille at home. The one of effort that can be done to resolve the problems write braille on children with visual impairment that is by giving braille writing exercise to parents. Then, conducted a study in the form of experiments to determine the ability to write of parents. The type of research was quasi experiment, pretest-posttest design that implemented on one group without using the comparison group. The subjects of this research were seven parents who are in SLBN A Bandung and Cimahi. Data obtained using test works, analysis of data used is the Wilcoxon test with hypothesis testing criteria acceptable if Jhit < Jtab and outside the conditions the hypothesis was rejected at significan level 95% or α=0.05. The result of processing the data showed Uhit=10 and Utab=4, meaning that the hypothesis is accepted. So, the results showed that the training program writing braille was effective to the ability to write braille for parents who have children with visual impairment. It is recommended that at the school to provide training, especially in writing braille for parents
Item Description:http://repository.upi.edu/25939/1/T_PKH_1402570_Title.pdf
http://repository.upi.edu/25939/2/T_PKH_1402570_Abstract.pdf
http://repository.upi.edu/25939/3/T_PKH_1402570_Table_of_content.pdf
http://repository.upi.edu/25939/4/T_PKH_1402570_Chapter1.pdf
http://repository.upi.edu/25939/5/T_PKH_1402570_Chapter2.pdf
http://repository.upi.edu/25939/6/T_PKH_1402570_Chapter3.pdf
http://repository.upi.edu/25939/7/T_PKH_1402570_Chapter4.pdf
http://repository.upi.edu/25939/8/T_PKH_1402570_Chapter5.pdf
http://repository.upi.edu/25939/9/T_PKH_1402570_Bibliography.pdf
http://repository.upi.edu/25939/10/T_PKH_1402570_Appendix.pdf