PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN PARTISIPATIF BERBASIS KONSEP DIRI UNTUK PENINGKATAN KEMAMPUAN LITERASI

Mumun Munawaroh, 2016 Pengembangan Model Pembelajaran Partisipatif Berbasis Konsep Diri untuk Peningkatan Kemampuan Literasi Universitas Pendidikan Indonesia | repository.upi.edu | perpustakaan.upi.edu ABSTRAK Disertasi yang berjudul "Pengembangan Model Pembelajaran Partisipatif Berbasis Konsep...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: Munawaroh, Mumun (Author)
Format: Academic Paper
Published: 2016-05-02.
Subjects:
Online Access:http://repository.upi.edu/25945/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
LEADER 05410 am a22003373u 4500
001 repoupi_25945
042 |a dc 
100 1 0 |a Munawaroh, Mumun  |e author 
245 0 0 |a PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN PARTISIPATIF BERBASIS KONSEP DIRI UNTUK PENINGKATAN KEMAMPUAN LITERASI 
260 |c 2016-05-02. 
500 |a http://repository.upi.edu/25945/1/D_PU_1004780_Title.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/25945/2/D_PU_1004780_Abstract.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/25945/3/D_PU_1004780_Table_of_Content.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/25945/4/D_PU_1004780_Chapter%201.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/25945/5/D_PU_1004780_Chapter%202.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/25945/6/D_PU_1004780_Chapter%203.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/25945/7/D_PU_1004780_Chapter%204.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/25945/8/D_PU_1004780_Chapter%205.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/25945/9/D_PU_1004780_Bibliography.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/25945/10/D_PU_1004780_Appendix%201.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/25945/11/D_PU_1004780_Appendix%202.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/25945/12/D_PU_1004780_Appendix%203.pdf 
520 |a Mumun Munawaroh, 2016 Pengembangan Model Pembelajaran Partisipatif Berbasis Konsep Diri untuk Peningkatan Kemampuan Literasi Universitas Pendidikan Indonesia | repository.upi.edu | perpustakaan.upi.edu ABSTRAK Disertasi yang berjudul "Pengembangan Model Pembelajaran Partisipatif Berbasis Konsep Diri untuk Peningkatan Kemampuan Literasi", ini merupakan studi pemberdayaan perempuan pasca keaksaraan fungsional di Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat Kabupaten Cirebon. Berdasarkan studi pendahuluan warga belajar yang sudah mengikuti keaksaraan fungsional cenderung kembali buta aksara bila tidak diadakan pelatihan lanjutan, belum lancar dalam mengisi formulir sederhana, dan rasa penghargaan diri yang kurang, sebagai akibat dari adanya tindakan marginalisasi dan subordinasi yaitu menganggap bahwa perempuan tidak perlu pintar, bersekolah dan memperoleh ilmu pengetahuan, yang dapat berimplikasi pada sosialisasi yang negatif pada keturunannya. Selain itu, juga disebabkan oleh adanya pelabelan negatif (stereotype) bahwa perempuan "pendek" saja langkahnya serta beban pekerjaan domestik (double burdens) sehingga ia sangat terbatas waktunya untuk belajar. Tujuan penelitian ini adalah tersusunnya model pembelajaran partisipatif berbasis konsep diri untuk peningkatan kemampuan literasi. Metode yang digunakan adalah Research and Development menggunakan desain kuasi eksperimen The Matching-Only Pretest-Posttest Control Group Design. Teknik pengumpulan data adalah dengan (1) kuesioner untuk memperoleh data tentang kondisi konsep diri dan (2) tes literasi untuk memperoleh data tentang kompetensi membaca, menulis dan berhitung. Teknik analisi data yang digunakan yakni deskriptif kualitatif, statistik deskriptif dan uji komparasi. Hasil penelitian menunjukkan pengembangan model pembelajaran partisipatif berbasis konsep diri yang sudah diuji di lapangan terbukti efektif dalam meningkatkan kemampuan literasi warga belajar perempuan. Berdasarkan hasil uji hipotesis terbukti secara signifikan bahwa pengembangan model pembelajaran partisipatif berbasis konsep diri dapat meningkatkan kompetensi membaca, menulis dan berhitung secara signifikan lebih tinggi pada kelompok eksperimen daripada kelompok kontrol.;--- This dissertation is study of women empowerment of post study functional literacy at the Community Learning Center Activities "Logika" Cempaka's Village District Cirebon. Preliminary studies show that the learners who have followed the functional literacy tend to relapse illiteracy if they do not participate in advanced training, unable to fill in a simple form well, have less self-esteem and less empowerment, as a result of marginalization and subordination. These arguments consider that women do not need to be smart, go to school and to obtain science which result in negative implications for the socialization of the next generation. In addition, negative stereotype that women can not go far away and wowen is double burdens lead women to have only very "limited" time and opportunity to pursue high education. The purpose of this study is drafting a participatory learning model based on the self concepts to increase literacy skills. The method used is the Research and Development using a quasi-experimental design under the framework of the matching only pretest-posttest control group design. Data collection techniques are: (1) a questionnaire to obtain data on the condition of self-concept and (2) literacy test to obtain data about competency in reading, writing and arithmetic. Data analysis techniques include descriptive qualitative, descriptive statistics and comparison test. The results show that participatory learning model based on the self concept can significantly improve reading competence, writing competence and arithmetic competence of the experimental group which has higher scores than the control group. 
546 |a en 
690 |a LB Theory and practice of education 
690 |a ZA Information resources 
655 7 |a Thesis  |2 local 
655 7 |a NonPeerReviewed  |2 local 
787 0 |n http://repository.upi.edu/25945/ 
787 0 |n http://repository.upi.edu 
856 4 1 |u http://repository.upi.edu/25945/