PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENYIMAK DALAM MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA PADA ANAK TUNARUNGU KELAS VI DI SLB NEGERI CICENDO BANDUNG

Anak tunarungu mengalami hambatan pada indera pendengaran, yang membuat mereka sulit berkomunikasi dan menyimak. Rendahnya keterampilan menyimak tunarungu dan pentingnya keterampilan menyimak menjadi alasan bagi peneliti untuk meningkatkannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya p...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: Damayanti, Fika (Author)
Format: Academic Paper
Published: 2016-05-18.
Subjects:
Online Access:http://repository.upi.edu/2599/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
Description
Summary:Anak tunarungu mengalami hambatan pada indera pendengaran, yang membuat mereka sulit berkomunikasi dan menyimak. Rendahnya keterampilan menyimak tunarungu dan pentingnya keterampilan menyimak menjadi alasan bagi peneliti untuk meningkatkannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh pembelajaran kooperatif tipe think pair share untuk meningkatkan keterampilan menyimak dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia pada anak tunarungu. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan desain penelitian one group pre test - post test . Pengolahan data dilakukan dengan uji Wilcoxon. Sampel penelitian ini sebanyak enam orang. Hasil analisis data dengan uji Wilcoxon, menunjukan bahwa pembelajaran kooperatif tipe think pair share dapat meningkatkan keterampilan menyimak dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia pada anak tunarungu, sehingga hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini diterima. Penelitian ini dapat dipergunakan guru sebagai alternatif pembelajaran guna meningkatkan keterampilan menyimak, Penelitian ini baru mengkaji pengaruh pembelajaran kooperatf tipe think pair share untuk meningkatkan keterampilan menyimak dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia. Diharapkan penelitian selanjutnya tidak hanya meneliti terhadap keterampilan menyimak saja, akan tetapi dapat dikembangkan terhadap mata pelajaran lain, seperti matematika atau dalam aspek emosi dan sosial. Kata kunci : Think Pair Share, Keterampilan Menyimak, Tunarungu. Children with hearing impairment, difficult to communicatite and listening. Low listening skills children with hearing impairment and the important of listening skills, the reason for researchers to improve. This research to determine whether is influence of cooperative learning think pair share to improve listening skills in lesson Indonesia at children with hearing impairment . this research using the methods of experimental reaeach design one group pre test - post test. Processing data is performed by the Wilcoxon test. The study sample as many as six people. The result of the analysis data with Wilcoxon test, show that cooperative learning think pair share can improve listening skills in lesson Indonesia at children with hearing impairment, so the hypothesis proposed in this reseach received. This reseach can be used as alternative to spending in order to improve listening skills. This research examines the effect cooperative learning think pair share to improve listening skills in lesson Indonesia. Expected future research not only examined the listening skills course. But may axand to other subjects, such as mathematitc or in the emotional and social aspects. Keywords : Think Pair Share, Listening skills, Children with hearing impairment.
Item Description:http://repository.upi.edu/25990/1/S_PLB_1202003_Title.pdf
http://repository.upi.edu/25990/2/S_PLB_1202003_Abstract.pdf
http://repository.upi.edu/25990/3/S_PLB_1202003_Table_of_content.pdf
http://repository.upi.edu/25990/4/S_PLB_1202003_Chapter1.pdf
http://repository.upi.edu/25990/5/S_PLB_1202003_Chapter2.pdf
http://repository.upi.edu/25990/6/S_PLB_1202003_Chapter3.pdf
http://repository.upi.edu/25990/7/S_PLB_1202003_Chapter4.pdf
http://repository.upi.edu/25990/8/S_PLB_1202003_Chapter5.pdf
http://repository.upi.edu/25990/9/S_PLB_1202003_Bibliography.pdf
http://repository.upi.edu/25990/10/S_PLB_1202003_Appendix.pdf