PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS (KPS) DAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA KELAS V PADA MATERI SIKLUS AIR

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masih rendahnya kualitas kegiatan pembelajaran IPA di SD. Kegiatan pembelajaran hanya terfokus pada produk dan konsep IPA saja tanpa mempedulikan hasil. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar perbedaan peningkatan KPS dan pemahaman konsep siswa...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: Ernawati, Elis (Author)
Format: Academic Paper
Published: 2016-08-28.
Subjects:
Online Access:http://repository.upi.edu/2614/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
Description
Summary:Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masih rendahnya kualitas kegiatan pembelajaran IPA di SD. Kegiatan pembelajaran hanya terfokus pada produk dan konsep IPA saja tanpa mempedulikan hasil. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar perbedaan peningkatan KPS dan pemahaman konsep siswa sebagai dampak dari penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing. Penelitian ini menggunakan metode kuasi eksperimen dengan desain Nonrandomized pretest-posttes control group design yang dilaksanakan di SD Negeri 2 Rajamandala kulon yang berada di Kecamatan Cipatat Kabupaten Bandung Barat. Partisipan dalam penelitian ini adalah 62 orang siswa kelas V. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes tertulis pemahaman konsep dan observasi untuk mengetahui KPS siswa yang diberikan sebelum dan setelah perlakuan. Perlakuan yang diberikan kepada kelas eksperimen adalah model pembelajaran inkuiri terbimbing, sedangkan kelas kontrol tidak mendapatkan perlakuan model pembelajaran inkuiri terbimbing. Peningkatan KPS dan pemahaman konsep siswa dilihat melalui nilai N-Gain. Hasil dari penelitian menyatakan bahwa terdapat perbedaan peningkatan yang signifikan dalam KPS dan pemahaman konsep antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Jadi, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran inkuiri terbimbing lebih baik daripada pembelajaran konvensional untuk meningkatkan KPS dan pemahaman konsep siswa pada pembelajaran IPA di SD.;---The research was based on the lack of IPA learning in improving science process skills and concept understanding as well as a large part of learning in elementary school have not yet implemented the study with experiments that involving students directly. The purpose of this research is to know the influence of guided inquiry learning model towards science process skills and the understanding of the concept of class V students in elementary school. The research methods that used in this research were quasi experimental and the design research is nonrandomized pretest-posttest control group design. The population in this study was the whole grade V of SD Negeri 2 Rajamandalakulon that residing in Cipatat sub-district of West Bandung Regency and samples in this research was conducted with purposive sampling technique on students of VA and VB classes at SD Negeri 2 Rajamandalakulon. The instruments that used in this research are the observation of science process skills and concept understanding questions that consist of fifteen multiple choice questions and five questions stuffing. The results of the study state that there a difference of significant improvement on science process skills and concept understanding between experimental group and control group. So, it can be concluded that guided inquiry learning model is better than conventional study to improve the science process skills and understanding concepts of students on IPA learning in Elementary School.
Item Description:http://repository.upi.edu/26014/1/T_PD_1402611_Title.pdf
http://repository.upi.edu/26014/2/T_PD_1402611_Abstract.pdf
http://repository.upi.edu/26014/3/T_PD_1402611_Table_of_content.pdf
http://repository.upi.edu/26014/4/T_PD_1402611_Chapter1.pdf
http://repository.upi.edu/26014/5/T_PD_1402611_Chapter2.pdf
http://repository.upi.edu/26014/6/T_PD_1402611_Chapter3.pdf
http://repository.upi.edu/26014/7/T_PD_1402611_Chapter4.pdf
http://repository.upi.edu/26014/8/T_PD_1402611_Chapter5.pdf
http://repository.upi.edu/26014/9/T_PD_1402611_Bibliography.pdf
http://repository.upi.edu/26014/10/T_PD_1402611_Appendix1.pdf
http://repository.upi.edu/26014/11/T_PD_1402611_Appendix2.pdf
http://repository.upi.edu/26014/12/T_PD_1402611_Appendix3.pdf