KONSTRUKSI LEMBAR KERJA SISWA POLA 5M BERMUATAN NILAI KREATIF BAGI SISWA SMA KELAS XI DALAM PEMBUATAN INDIKATOR ASAM BASA ALAMI

Penelitian ini bertujuan untuk membuat konstruksi LKS pola 5M bermuatan nilai kreatif sebagai media untuk mengembangkan nilai kreatif bagi siswa kelas XI pada pembuatan indikator asam basa alami. Alasan dilakukannya penelitian ini adalah diperlukan suatu media pembelajaran yang dapat membantu guru d...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: Wahyuni, Tiara Aprillia Setia (Author)
Format: Academic Paper
Published: 2016-08-31.
Subjects:
Online Access:http://repository.upi.edu/2636/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
Description
Summary:Penelitian ini bertujuan untuk membuat konstruksi LKS pola 5M bermuatan nilai kreatif sebagai media untuk mengembangkan nilai kreatif bagi siswa kelas XI pada pembuatan indikator asam basa alami. Alasan dilakukannya penelitian ini adalah diperlukan suatu media pembelajaran yang dapat membantu guru dalam mengembangkan kreativitas siswa. Kreativitas yang dikembangkan dalam penelitian ini tidak hanya kreativitas berpikir tapi juga kreativitas bertindak, sehingga hasil dari penggunaan LKS ini diharapkan siswa tidak hanya memperoleh pengetahuan tapi juga dapat menghasilkan suatu produk kreatif. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif. Partisipan dalam penelitian ini adalah sembilan siswa salah satu MA di Kota Cimahi. Subyek dari penelitian ini adalah LKS pola 5M bermuatan nilai kreatif bagi siswa SMA kelas XI dalam pembuatan indikator asam basa alami. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini adalah lembar validasi konstruksi LKS pola 5M bermuatan nilai kreatif (berupa lembar validasi konten dan lembar validasi konstruk) dan lembar validasi ekologi (berupa angket). Komponen LKS pola 5M bermuatan nilai kreatif bagi siswa SMA kelas XI dalam pembuatan indikator asam basa alami terdiri dari lima tahapan pembelajaran yang diadaptasi dari pola 5M yaitu mengamati fenomena, mengajukan pertanyaan, mengumpulkan informasi, membuat produk dan mengkomunikasikan yang setiap tahapannya diintegrasikan dengan sub indikator perilaku kreatif yang dikembangkan oleh William (1968) dan telah disesuaikan dengan setiap tahapannya. Tanggapan siswa secara keseluruhan berkategori kuat atau baik. ; The aim of this study is to construct a creative value-laden worksheet with 5M steps as a media to develop creative values for eleventh grade students in making natural acid-base indicator. This study was conducted because a learning media which can help teacher develop students' creativity is needed. The creativity developed in this study is not only the creativity of thinking but also the creativity of behaving, therefore after using this worksheet, hopefully students can not only gain the knowledge but also can produce a creative product. The research method employed in this study was descriptive method. The participants of the study were nine students of an Islamic Senior High School located in Cimahi. The subject of the study was a creative value-laden worksheet with 5M steps for eleventh grade students of Senior high school in making natural acid-base indicator. Instruments used in this study were validation sheets for creative value-laden worksheet with 5M steps (in form of content validation sheets and construct validation sheets) and validation ecological sheets (in form of questionnaire). The components of creative value-laden worksheet with 5M steps (Scientific Approach) consist of five steps of learning adapted from 5M steps which are observing phenomenon, questioning, gathering information, producing, and communicating, which all of these steps were integrated with the sub-indicator of creative behavior developed by William (1968) and was adapted based on every step of 5M (Scientific Approach). All students argued that the construction of the worksheet was very strong and good.
Item Description:http://repository.upi.edu/26036/1/S_KIM_1204822_Title.pdf
http://repository.upi.edu/26036/2/S_KIM_1204822_Abstract.pdf
http://repository.upi.edu/26036/3/S_KIM_1204822_Table_of_content.pdf
http://repository.upi.edu/26036/4/S_KIM_1204822_Chapter1.pdf
http://repository.upi.edu/26036/5/S_KIM_1204822_Chapter2.pdf
http://repository.upi.edu/26036/6/S_KIM_1204822_Chapter3.pdf
http://repository.upi.edu/26036/7/S_KIM_1204822_Chapter4.pdf
http://repository.upi.edu/26036/8/S_KIM_1204822_Chapter5.pdf
http://repository.upi.edu/26036/9/S_KIM_1204822_Bibliography.pdf
http://repository.upi.edu/26036/10/S_KIM_1204822_Appendix1.pdf
http://repository.upi.edu/26036/11/S_KIM_1204822_Appendix2.pdf
http://repository.upi.edu/26036/12/S_KIM_1204822_Appendix3.pdf
http://repository.upi.edu/26036/13/S_KIM_1204822_Appendix4.pdf