KONSTRUKSI LEMBAR KERJA SISWA POLA 5M BERMUATAN NILAI KREATIF BAGI SISWA SMA KELAS XI DALAM PEMBUATAN ALAT PENJERNIH AIR

Lembar kerja siswa pola 5M bermuatan nilai kreatif adalah salah satu media pembelajaran yang digunakan untuk membimbing siswa secara terstruktur melalui tahap pembelajaran pola 5M yang terintegrasidengan indikator perilaku kreatif. Penelitian ini bertujuan untuk mengkonstruksi lembar kerja siswa pol...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: qur'aniyanto, wahyu (Author)
Format: Academic Paper
Published: 2016-08-31.
Subjects:
Online Access:http://repository.upi.edu/2637/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
LEADER 04359 am a22003013u 4500
001 repoupi_26037
042 |a dc 
100 1 0 |a qur'aniyanto, wahyu  |e author 
245 0 0 |a KONSTRUKSI LEMBAR KERJA SISWA POLA 5M BERMUATAN NILAI KREATIF BAGI SISWA SMA KELAS XI DALAM PEMBUATAN ALAT PENJERNIH AIR 
260 |c 2016-08-31. 
500 |a http://repository.upi.edu/26037/1/S_KIM_QUR_1203099_Title.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/26037/2/S_KIM_QUR_1203099_Abstract.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/26037/3/S_KIM_QUR_1203099_Table_of_content.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/26037/4/S_KIM_QUR_1203099_Chapter%201.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/26037/5/S_KIM_QUR_1203099_Chapter%202.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/26037/6/S_KIM_QUR_1203099_Chapter%203.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/26037/7/S_KIM_QUR_1203099_Chapter%204.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/26037/8/S_KIM_QUR_1203099_Chapter%205.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/26037/9/S_KIM_QUR_1203099_Bibliography.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/26037/10/S_KIM_QUR_1203099_Appendix.pdf 
520 |a Lembar kerja siswa pola 5M bermuatan nilai kreatif adalah salah satu media pembelajaran yang digunakan untuk membimbing siswa secara terstruktur melalui tahap pembelajaran pola 5M yang terintegrasidengan indikator perilaku kreatif. Penelitian ini bertujuan untuk mengkonstruksi lembar kerja siswa pola 5M bermuatan nilai kreatif bagi siswa SMA kelas XI dalam pembuatan alat penjernih air. Metode yang digunakan dalam penelitian ini ialah metode deskriptif. Instrumen yang digunakan berupa lembar validasi konten, validasi konstruk, rubrik jawaban siswa, sertaangket tanggapan siswa. Validasi dilakukan oleh lima orang validator dan uji coba terbatas dilakukan oleh sembilan orang siswa yang telah mempelajari konsep koloid. Berdasarkan hasil validasi konten dan validasi konstruk, diperoleh bahwa konstruksi lembar kerja siswa pola 5M bermuatan nilai kreatifdalam pembuatan alat penjernih air terdiri dari tahap pembelajaran pola 5M yang terdiri dari mengamati fenomena, mengajukan pertanyaan, mengumpulkan data, membuat produk dan mengkomunikasikan mendapat hasil sangat sesuai diterapkan pada setiap tahap pembelajaran pola 5M. Tanggapan siswa terhadap penggunaan lembar kerja siswa pola 5M bermuatan nilai kreatif mendapatkan hasil yang sangat baik. Hasil penelitian inidapat menjadi masukan bagi guru maupun peneliti lain dalam penerapan maupun pengembanganlembar kerja siswa pola 5M bermuatan nilai kreatif pada topik materi koloid khususnya, dan materi kimia lain pada umumnya.;--- Lembar kerja siswa pola 5M bermuatan nilai kreatif adalah salah satu media pembelajaran yang digunakan untuk membimbing siswa secara terstruktur melalui tahap pembelajaran pola 5M yang terintegrasidengan indikator perilaku kreatif. Penelitian ini bertujuan untuk mengkonstruksi lembar kerja siswa pola 5M bermuatan nilai kreatif bagi siswa SMA kelas XI dalam pembuatan alat penjernih air. Metode yang digunakan dalam penelitian ini ialah metode deskriptif. Instrumen yang digunakan berupa lembar validasi konten, validasi konstruk, rubrik jawaban siswa, sertaangket tanggapan siswa. Validasi dilakukan oleh lima orang validator dan uji coba terbatas dilakukan oleh sembilan orang siswa yang telah mempelajari konsep koloid. Berdasarkan hasil validasi konten dan validasi konstruk, diperoleh bahwa konstruksi lembar kerja siswa pola 5M bermuatan nilai kreatifdalam pembuatan alat penjernih air terdiri dari tahap pembelajaran pola 5M yang terdiri dari mengamati fenomena, mengajukan pertanyaan, mengumpulkan data, membuat produk dan mengkomunikasikan mendapat hasil sangat sesuai diterapkan pada setiap tahap pembelajaran pola 5M. Tanggapan siswa terhadap penggunaan lembar kerja siswa pola 5M bermuatan nilai kreatif mendapatkan hasil yang sangat baik. Hasil penelitian inidapat menjadi masukan bagi guru maupun peneliti lain dalam penerapan maupun pengembanganlembar kerja siswa pola 5M bermuatan nilai kreatif pada topik materi koloid khususnya, dan materi kimia lain pada umumnya. 
546 |a en 
690 |a QD Chemistry 
655 7 |a Thesis  |2 local 
655 7 |a NonPeerReviewed  |2 local 
787 0 |n http://repository.upi.edu/26037/ 
787 0 |n http://repository.upi.edu 
856 4 1 |u http://repository.upi.edu/2637/