PENGARUH PENGGUNAAN TEKNIK DISCUSSION STARTER STORY TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF PESERTA DIDIK

Proses pembelajaran IPS, masih berpusat pada guru dan dianggap menjenuhkan karena peserta didik tidak dilibatkan secara aktif dalam proses pembelajaran, Hal ini diduga sebagai penyebab rendahnya kemampuan berpikir kreatif peserta didik. Oleh karena itu, diperlukan penggunaan teknik pembelajaran yang...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: Doloksaribu, Florida (Author)
Format: Academic Paper
Published: 2016-08-26.
Subjects:
Online Access:http://repository.upi.edu/26119/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
LEADER 05668 am a22003133u 4500
001 repoupi_26119
042 |a dc 
100 1 0 |a Doloksaribu, Florida  |e author 
245 0 0 |a PENGARUH PENGGUNAAN TEKNIK DISCUSSION STARTER STORY TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF PESERTA DIDIK 
260 |c 2016-08-26. 
500 |a http://repository.upi.edu/26119/1/D_IPA_1008871_Title.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/26119/2/D_IPA_1008871_Abstract.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/26119/3/D_IPA_1008871_Table_of_Content.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/26119/4/D_IPA_1008871_Chapter%201.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/26119/5/D_IPA_1008871_Chapter%202.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/26119/6/D_IPA_1008871_Chapter%203.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/26119/7/D_IPA_1008871_Chapter%204.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/26119/8/D_IPA_1008871_Chapter%205.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/26119/9/D_IPA_1008871_Bibliography.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/26119/10/D_IPA_1008871_Appendix.pdf 
520 |a Proses pembelajaran IPS, masih berpusat pada guru dan dianggap menjenuhkan karena peserta didik tidak dilibatkan secara aktif dalam proses pembelajaran, Hal ini diduga sebagai penyebab rendahnya kemampuan berpikir kreatif peserta didik. Oleh karena itu, diperlukan penggunaan teknik pembelajaran yang melibatkan peserta didik secara aktif dalam proses pembelajaran. Teknik yang digunakan ialah teknik discussion starter story. Peneltian dilaksanakan dengan disain quasi eksperimen. Subjek penelitian ialah peserta didik kelas VIII SMP N 1 Subang, dimana Kelas VIII H sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII D sebagai kelas kontrol. Responden masing-masing kelas 35 orang. Data diambil melalui tes, observasi dan angket. Analisis data dilakukan terhadap instrumen, dan data yang terkumpul, melalui uji validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran, daya pembeda, normalitas, homogenitas dan perbedaan rata-rata. Analisis tersebut dilakukan dengan bantuan program SPSS versi 20 dan Anates. Hasil penelitian data menunjukkan : 1) Terdapat perbedaan kemampuan berpikir kreatif peserta didik kelas eksperimen yang menggunakan teknik Discussion Strter Story pada pengukuran awal (pretest) dan pengukuran akhir (posttest); 2) Terdapat perbedaan kemampuan berpikir kreatif pada pengukuran awal (pretest) dan pengukuran akhir (posttest) pada peserta didik kelas kontrol yang menggunakan pembelajaran konvensional (ceramah dan diskusi); 3) Kemampuan berpikir kreatif peserta didik kelas eksperimen yang menggunakan teknik Discussion Starter Story lebih baik dari pada peserta didik kelas kontrol yang menggunakan pembelajaran konvensional (ceramah dan diskusi) setelah diberikan perlakuan (posttest). Teknik discussion starter story ternyata mampu meningkatkan keterampilan berpikir kreatif, yang mencakup empat indikator pada mata pelajaran IPS dalam sub tema fungsi dan peran keragaman sosial budaya Indonesia. Agar hasil penelitian ini lebih implementatif, diperlukan penelitian sejenis dengan pendekatan yang lebih komperhensif dari sisi kemapanan guru model, kesesuaian antara metodologi dan tema, penyediaan waktu dan media, serta suasana belajar;--- IPS learning process, still centered on teachers and are considered to saturate because students are not actively involved in the learning process. It is suspected as the cause of low creative thinking abilities of learners. Therefore, it is necessary to use learning techniques that involve students actively in the learning process. The technique used is discussion starter story technique. Research carried out by quasi experimental design. The research subject is class VIII students in SMP N 1 Subang, where Class VIII H as the experimental class and class VIII D as the control class. Responden each class of 35 people. Data retrieved through tests, observation and questionnaires. Data analysis was performed on the instrument, and the data collected, through the test of validity, reliability, level of difficulty, distinguishing, normality, homogenity and average difference. The analysis is carried out with the help of SPSS v. 20 and Anates program package. The result showed the data: 1) There is difference students' creative thinking abilities in the experiment class using discussion starter story technique in the begining measurement (pretest) and in the last measurement (posttest) ; 2). There is difference students' creative thinking abilities in the control class using conventional learning (expository and discussion) in the begining measurement (pretest) and in the last measurement (posttest) 3) students' creative thinking abilities in the experiment class using discussion starter story technique is better than those who are in the control class using conventional learning (expository and discussion) in the last measurement (posttest). Discussion starter story technique were able to improve the ability of creative thinking, which includes four indicators in subjects with the subjects the function and role of social and cultural diversity Indonesia. That the results of this study more implementable, similar research is needed with a more comperhensive approach to the establishment of teacher models, the fit between the methodology and subject matter, the provision of time, media and the learning environment. 
546 |a en 
690 |a LB2300 Higher Education 
690 |a Q Science (General) 
655 7 |a Thesis  |2 local 
655 7 |a NonPeerReviewed  |2 local 
787 0 |n http://repository.upi.edu/26119/ 
787 0 |n http://repository.upi.edu 
856 4 1 |u http://repository.upi.edu/26119/