EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MULTIMEDIA INTERAKTIF MODEL TUTORIAL TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI (TIK)

Terbatasnyasumberbelajar yang ada di SMPN 12 Bandung serta kecenderungan Penggunaan metode konvensional dalam proses pembelajaran mengakibatkanrendahnyahasilbelajarsiswa. Salah satusolusinyaadalah dengan menggunakan multimedia interaktif model tutorial pada proses pembelajaran. Secara umum rumusan m...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: Poluakan, Siti Handayani (Author)
Format: Academic Paper
Published: 2016-10-24.
Subjects:
Online Access:http://repository.upi.edu/2614/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
LEADER 04952 am a22003253u 4500
001 repoupi_26140
042 |a dc 
100 1 0 |a Poluakan, Siti Handayani  |e author 
245 0 0 |a EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MULTIMEDIA INTERAKTIF MODEL TUTORIAL TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI (TIK) 
260 |c 2016-10-24. 
500 |a http://repository.upi.edu/26140/2/S_KTP_1200609_Title.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/26140/3/S_KTP_1200609_Abstract.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/26140/4/S_KTP_1200609_Table_of_content.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/26140/5/S_KTP_1200609_Chapter%201.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/26140/6/S_KTP_1200609_Chapter%202.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/26140/7/S_KTP_1200609_Chapter%203.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/26140/8/S_KTP_1200609_Chapter%204.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/26140/9/S_KTP_1200609_Chapter%205.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/26140/11/S_KTP_1200609_DAFTAR%20PUSTAKA.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/26140/10/S_KTP_1200609_Appendix.pdf 
520 |a Terbatasnyasumberbelajar yang ada di SMPN 12 Bandung serta kecenderungan Penggunaan metode konvensional dalam proses pembelajaran mengakibatkanrendahnyahasilbelajarsiswa. Salah satusolusinyaadalah dengan menggunakan multimedia interaktif model tutorial pada proses pembelajaran. Secara umum rumusan masalah penelitian ini, "Bagaimana efektivitas penggunaan Multimedia Interaktif model tutorial berpengaruh terhadap peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK)?"Sedangkan secara khusus rumusan masalah Apakahterdapat peningkatan hasil belajar siswa ranah kognitif aspek pengetahuan (C1), pemahaman (C2), penerapan (C3) yang signifikan pada siswa yang menggunakan multimedia interaktif model tutorial dibandingkan dengan siswa yang menggunakan powerpoint pada mata pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK)?Penelitian ini bertujuan untuk memberikan informasi terkait perbedaan peningkatan hasil belajar siswa ranah kognitif aspek pengetahuan (C1), aspek pemahaman (C2), dan aspek penerapan (C3) antara pembelajaran yang menggunakan multimedia interaktif model tutorial dengan pembelajaran yang tidak menggunakan multimedia interaktif model tutorial. Pendekatan penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode kuasi eksperimen dengan desain nonequivalent control group design. Instrumen yang digunakan adalah jenis tes objektif pilihan ganda. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan cluster sampling. Kesimpulan dari penelitian ini adalah pembelajaran dengan menggunakan multimedia interaktif model tutorial berpengaruh terhadap peningkatkan hasil belajar siswa ranah kognitif aspek pengetahuan (C1), aspek pemahaman (C2), dan aspek penerapan (C3) pada Mata Pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK).;-- Due to the fact that learning resources owned by SMPN 12 Bandung are limited as well as the tendency for the use of conventional method in learning process, the students are known to have low learning results. Interactive multimedia type tutorial can be employed to resolve the issue. In general, this study raised a research problem of how the effectiveness of the use of the interactive multimedia type tutorial effect on improving student learning resultin Information Technology and Communication subject (ICT)?Whether there is an increase in learning results students outcomes of cognitive aspects of knowledge (C1), comprehension (C2), application (C3) is significant on students who use interactive multimedia type tutorial than students who use PowerPoint on the subjects of Information and Communication Technology (ICT)?This study is aimed to obtain information the difference on the improvement of the learning results of knowledge (C1), comprehension (C2), aplication (C3) cognitive aspects of the students who use interactive multimedia type tutorial are better than those who do not use it. This study employed a quantitative approach, quasi experimental method with nonequivalent control group design. Objective multiple choice type tests were used as the instrument, while sampling was conducted by exercising cluster sampling technique. To conclude this study, it can be discovered that the use of interactive multimedia type tutorial in learning process has an impact on the improvement of the learning results of knowledge (C1), comprehension (C2), application (C3) cognitive aspects of the students in Information Technology and Communication subject. 
546 |a en 
690 |a L Education (General) 
690 |a LB Theory and practice of education 
690 |a T Technology (General) 
655 7 |a Thesis  |2 local 
655 7 |a NonPeerReviewed  |2 local 
787 0 |n http://repository.upi.edu/26140/ 
787 0 |n http://repository.upi.edu 
856 4 1 |u http://repository.upi.edu/2614/