STUDI PEMBINAAN KETERAMPILAN MENULIS BAGI SISWA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBAHASA ARAB

Latarbelakang Penelitian ini adalah kesulitan yang dialami siswa dalam menulis teks bahasa Arab. Hal, ini terjadi diakibatkan kurangnya pembinaan guru kepada siswa dalam pembelajaran menulis. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui studi pembinaan keterampilan menulis yang telah dilakukan oleh gur...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: Septiyadi, Eka (Author)
Format: Academic Paper
Published: 2016-09-29.
Subjects:
Online Access:http://repository.upi.edu/26152/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
Description
Summary:Latarbelakang Penelitian ini adalah kesulitan yang dialami siswa dalam menulis teks bahasa Arab. Hal, ini terjadi diakibatkan kurangnya pembinaan guru kepada siswa dalam pembelajaran menulis. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui studi pembinaan keterampilan menulis yang telah dilakukan oleh guru di SMAN 1 Anjatan Indramayu dengan cara menganalisis tujuan, proses, evaluasi, dan hambatan pembinaan keterampilan menulis di sekolah tersebut. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif melalui pendekatan kualitatif. Sampel yang diambil dalam penelitian ini adalah guru bahasa Arab SMAN 1 Anjatan Indramayu dengan menggunakan teknik purposive sample. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu studi pustaka, wawancara, dokumentasi dan triangulasi data. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa tujuan pembinaan keterampilan menulis di SMAN 1 Anjatan Indramayu adalah agar siswa terbiasa menulis teks bahasa Arab, mampu menguasai kaidah menulis bahasa Arab, menumbuhkan sikap disiplin, percaya diri, dan giat belajar. Proses pembinaan keterampilan menulis yang dilakukan guru di sekolah tersebut belum maksimal karena guru hanya mengarahkan siswa bukan membimbing, dan pembinaan yang dilakukan guru melalui pendekatan tidak langsung seperti pemberian tugas. Evaluasi pembinaan telah dilakukan guru melalui tes formatif dan sumatif. Namun, guru belum melaksanakan evaluasi input. Hambatan pembinaan keterampilan menulis yang dihadapi guru yaitu adanya keterbatasan dalam membina siswa diluar jam pelajaran, perbedaan latarbelakang pendidikan siswa, dan kurangnya penanaman nilai-nilai keagamaan ketika proses pembelajaran. ;---This research supported by difficulty students in write the text arabic .This is caused by a lack of teacher training to students in learning writing. This report aims to review the study coaching writing skills carried out by teachers in SMAN 1 Anjatan Indramayu by means of analyze purpose, the process, evaluation, and constraints coaching writing skills at the school. Methods used is the method descriptive through a qualitative approach. Samples to be taken was teachers arabic SMAN 1 Anjatan Indramayu using purposive sample technique. The result of this research suggests that the purpose of training writing skills at the school is that students accustomed to write the text arabic, to be able to write arabic rules, create discipline attitude, confident, and enterprising learning. The coaching writing skills done in schools are not maximum because teachers simply aimed student not guide, and development done teachers only with the indirect as the imposition of duties. Evaluation teacher training has done through a test formative and sumatif. But, teachers has not done evaluation input. Obstacles guidance skill writing that teachers face that is the lack of students in build out hours, the difference background schooling, and lack of planting religious values when the process learning.
Item Description:http://repository.upi.edu/26152/1/S_ARB_1200690_Title.pdf
http://repository.upi.edu/26152/2/S_ARB_1200690_Abstract.pdf
http://repository.upi.edu/26152/3/S_ARB_1200690_Table_of_content.pdf
http://repository.upi.edu/26152/4/S_ARB_1200690_Chapter1.pdf
http://repository.upi.edu/26152/5/S_ARB_1200690_Chapter2.pdf
http://repository.upi.edu/26152/6/S_ARB_1200690_Chapter3.pdf
http://repository.upi.edu/26152/7/S_ARB_1200690_Chapter4.pdf
http://repository.upi.edu/26152/8/S_ARB_1200690_Chapter5.pdf
http://repository.upi.edu/26152/9/S_ARB_1200690_Bibliography.pdf
http://repository.upi.edu/26152/10/S_ARB_1200690_Appendix.pdf