PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN DENGAN SISTEM LOG UNTUK MENGANALISA PERILAKU SISWA

Saat ini, banyak media pembelajaran interaktif yang menyediakan modul-modul untuk pembelajaran dengan memanfaatkan multimedia. Akan tetapi, masih ada sebuah tantangan yang belum terselesaikan yaitu masih ada batasan dari media yang sudah ada dalam hal menghubungkan pembelajaran berbasis multimedia d...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: Nugraha, Muhammad Rizki (Author)
Format: Academic Paper
Published: 2016-10-21.
Subjects:
Online Access:http://repository.upi.edu/26197/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
LEADER 03977 am a22003253u 4500
001 repoupi_26197
042 |a dc 
100 1 0 |a Nugraha, Muhammad Rizki  |e author 
245 0 0 |a PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN DENGAN SISTEM LOG UNTUK MENGANALISA PERILAKU SISWA 
260 |c 2016-10-21. 
500 |a http://repository.upi.edu/26197/1/S_KOM_1201733_Title.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/26197/2/S_KOM_1201733_Abstract.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/26197/3/S_KOM_1201733_Table_of_content.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/26197/4/S_KOM_1201733_Chapter1.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/26197/5/S_KOM_1201733_Chapter2.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/26197/6/S_KOM_1201733_Chapter3.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/26197/7/S_KOM_1201733_Chapter4.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/26197/8/S_KOM_1201733_Chapter5.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/26197/9/S_KOM_1201733_Bibliography.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/26197/10/S_KOM_1201733_Appendix.pdf 
520 |a Saat ini, banyak media pembelajaran interaktif yang menyediakan modul-modul untuk pembelajaran dengan memanfaatkan multimedia. Akan tetapi, masih ada sebuah tantangan yang belum terselesaikan yaitu masih ada batasan dari media yang sudah ada dalam hal menghubungkan pembelajaran berbasis multimedia dengan event logging system. Maka dari itu, penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan software yang mengandung dua aspek yaitu event logging system dan media pembelajaran. Pada aspek pembelajaran, dibuat media dalam empat jenis yaitu: media suara, media video, media teks dan media slide presentasi. Terlebih lagi, media ini terhubung dengan aspek yang lain yaitu event logging system berbasis aktivitas. Setiap aktivitas yang dilakukan oleh pengguna akan dicatat oleh sistem. Karenanya, aktivitas siswa dapat dianalisa berdasarkan data dengan lebih objektif dan lebih akurat. Lebih jauh lagi, disediakan pula kuis-kuis dan menu feedback untuk mengkonfirmasi hasil analisa. Untuk menguji software, maka dilakukanlah uji coba dengan siswa SMK. Berdasarkan hasil event logging system, guru menemukan kecenderungan siswa terhadap media pembelajaran. Disisi lain, siswa dan guru juga mendapatkan rekomendasi yang bermanfaat seperti jenis multimedia apa yang sesuai untuk digunakan masing-masing siswa atau guru dalam pembelajaran. Lebih jauh lagi, software ini diharapkan dapat menjadi bagian dari personal learning environment.;---At this day, we often found and interactive multimedia that provide multimedia based learning modules. However, this multimedia still not provide connection feature between two aspects: multimedia based learning and event logging system. Therefore, this research aims to develop a software that provide the two aspect. From learning aspect, we create four type of learning media: sound, video, text and presentation slide based learning media. Moreover, this facilities are connected to the other aspect whis is action based event logging system. Every activities done by user are recorded by the system. Because of this feature, we can analyze user activities more objective and more accurate based on data given by event logging system. We conducted this research with vocational high school student. From event logging system data, teacher reveal a tendency of student' interest toward the learning media. In the other side, students and tacher also obtain a usefull recomendation such as what kind of multimedia that suite to be use by student or teacher in classroom. Furthermore, this software can be a part of personal learning environment. 
546 |a en 
690 |a L Education (General) 
690 |a LB Theory and practice of education 
690 |a T Technology (General) 
655 7 |a Thesis  |2 local 
655 7 |a NonPeerReviewed  |2 local 
787 0 |n http://repository.upi.edu/26197/ 
787 0 |n http://repository.upi.edu 
856 4 1 |u http://repository.upi.edu/26197/