IMPLEMENTASI HASIL DIKLAT BERJENJANG TINGKAT DASAR BERBASIS KOMPETENSI OLEH TUTOR PAUD DALAM PROSES PEMBELAJARAN PADA ANAK USIA DINI : Studi Kasus Pada PAUD Ihya As Sunnah dan PAUD Ghifari KotaTasikmalaya

Penelitian ini dilatarbelakangi bahwa di daerah Kota Tasikmalaya masih banyak Tutor PAUD yang belum memenuhi kualifikasi pendidikan SI, dengan hal seperti ini terjadi keanekaragaman pemahaman dari Tutor PAUD dalam memahami konsep PAUD, manajemen program PAUD, dan mengembangkan pembelajaran pada anak...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: Yuliani, Lulu (Author)
Format: Academic Paper
Published: 2016-10-07.
Subjects:
Online Access:http://repository.upi.edu/2632/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
Description
Summary:Penelitian ini dilatarbelakangi bahwa di daerah Kota Tasikmalaya masih banyak Tutor PAUD yang belum memenuhi kualifikasi pendidikan SI, dengan hal seperti ini terjadi keanekaragaman pemahaman dari Tutor PAUD dalam memahami konsep PAUD, manajemen program PAUD, dan mengembangkan pembelajaran pada anak Usia Dini. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode grounded theory partisipan sebanyak 7 orang yang terdiri dari informan pangkal dan sumber informan. Berdasarkan analisa data dan pembahasan penelitian diperoleh sebagai berikut 1) penyelenggaraan Diklat Berjenjang Tingkat Dasar cukup baik, hal ini ditandai dengan perencanaan Diklat Berjenjang Tingkat Dasar sesuai dengan panduan Diklat Tahun 2015. pelaksanaan Diklat berjenjang Tingkat dasar tidak ada hambatan lancar, setelah selesai melaksanakan Diklat, Tutor melaksanakan materi apa yang mereka pahami, mereka bisa memahami tentang konsep PAUD dan tentang proses pelaksanaan pembelajaran. Evaluasi Diklat dilaksanakan dengan memberikan tugas mandiri. Peserta Diklat dapat melaksanakan materi yang telah disampaikan dalam Diklat dengan cara menerapkan pembelajaran pada anak usia dini. 2) Tutor melaksanakan penyusunan perencanaan pembelajaran yaitu membuat RPPH dan RPPM 3) penerapan strategi pelaksanaan pembelajaran pada anak usia dini yaitu Tutor di PAUD Ihya As Sunnah metode yang sering digunakan adalah Metode Sentra dan Seling, sedangkan Tutor PAUD Ghifari yang sering digunakan adalah Metode bernyanyi. 4) Tutor PAUD melaksanakan evaluasi yaitu observasi langsung pada anak dan terlihat perkembangannya sehingga hasil dari penilaian mereka sangat objektif. Implementasi hasil Diklat Berjenjang Tingkat Dasar Berbasis Kompetensi oleh Tutor PAUD dalam proses pembelajaran telah berhasil mengembangkan tujuan aspek perkembangan, menunjukan hasil yang positif, bahwa Diklat Berjenjang Tingkat Dasar yang mereka ikuti mampu meningkatkan proses pembelajaran pada anak usia dini. ---; The background of the research is because there are still many early childhood tutors who have not qualified as strata one graduate. This condition results in various understanding about early childhood education concept, early childhood management program, and development of learning process in early childood. The research uses qualitative approach with grounded theory method. The participant of the research consists of 7 people including the base informant and source informant. Based on data analysis and research findings there are: 1). The Implementation of basic tiered training is quite good signed by the planning of basic tiered training referred to the 2015 training guide. This basic tiered training runs without any harm obstacle moreover after this implementation, the tutors practice the materials based on their understanding whether on early childhood education (PAUD) concept, and in its process of learning implementation . The training assessment holds in independent task in which the participant could implement this learning process to early chilhood; 2). The Preparation of Lesson plans in which the tutor can make daily and weekly learning plan better than before; 3). The implementation of early childhood learning strategy in which PAUD Ihya Assunnah used Beyond Circle and Center method meanwhile PAUD Ghifari used Singing Method; 4).The assessment of early childhood learning by direct observation through seeing each children development objectively. The implementation of basic tiered training result based competence by Early Childhood Tutor succeeded developing the aims of development aspect, got positive result proving that basic tiered training they followed could improve early childhood learning process.
Item Description:http://repository.upi.edu/26320/1/T_PLS_1402119_Title.pdf
http://repository.upi.edu/26320/2/T_PLS_1402119_Abstract.pdf
http://repository.upi.edu/26320/3/T_PLS_1402119_Table_of_content.pdf
http://repository.upi.edu/26320/4/T_PLS_1402119_Chapter1.pdf
http://repository.upi.edu/26320/5/T_PLS_1402119_Chapter2.pdf
http://repository.upi.edu/26320/6/T_PLS_1402119_Chapter3.pdf
http://repository.upi.edu/26320/7/T_PLS_1402119_Chapter4.pdf
http://repository.upi.edu/26320/8/T_PLS_1402119_Chapter5.pdf
http://repository.upi.edu/26320/9/T_PLS_1402119_Bibliography.pdf
http://repository.upi.edu/26320/10/T_PLS_1402119_Appendix1.pdf
http://repository.upi.edu/26320/11/T_PLS_1402119_Appendix2.pdf