PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN PENGUASAAN KONSEP IPA SISWA SD DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING

Penelitian ini melaporkan peningkatan kemampuan berpikir kritis dan penguasaan konsep IPA peserta didik di SD Negeri Cisomang 2 dengan menggunakan model Problem Based Learning. Indikator kemampuan berpikir kritis yang digunakan pada penelitian ini mengacu pada teori yang dikembangkan oleh Ennis, sed...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: Nugraha, Widdy Sukma (Author)
Format: Academic Paper
Published: 2016-08-31.
Subjects:
Online Access:http://repository.upi.edu/26321/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
LEADER 03333 am a22003253u 4500
001 repoupi_26321
042 |a dc 
100 1 0 |a Nugraha, Widdy Sukma  |e author 
245 0 0 |a PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN PENGUASAAN KONSEP IPA SISWA SD DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING 
260 |c 2016-08-31. 
500 |a http://repository.upi.edu/26321/1/T_PD_1103380_Title.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/26321/2/T_PD_1103380_Abstract.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/26321/3/T_PD_1103380_Table_of_content.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/26321/4/T_PD_1103380_Chapter1.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/26321/5/T_PD_1103380_Chapter2.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/26321/6/T_PD_1103380_Chapter3.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/26321/7/T_PD_1103380_Chapter4.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/26321/8/T_PD_1103380_Chapter5.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/26321/9/T_PD_1103380_Bibliography.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/26321/10/T_PD_1103380_Appendix.pdf 
520 |a Penelitian ini melaporkan peningkatan kemampuan berpikir kritis dan penguasaan konsep IPA peserta didik di SD Negeri Cisomang 2 dengan menggunakan model Problem Based Learning. Indikator kemampuan berpikir kritis yang digunakan pada penelitian ini mengacu pada teori yang dikembangkan oleh Ennis, sedangkan kategorisasi Bloom digunakan sebagai indikator penguasaan konsep IPA. Penelitian ini menggunakan nilai pretest (sebelum pembelajaran) dan nilai posttest (setelah pembelajaran) untuk melihat perbandingan kemampuan berpikir kritis dan penguasaan konsep peserta didik. Analisis data yang dilakukan pada penelitian ini adalah melihat peningkatan N-gain dari hasil instrumen yang sebelumnya dilakukan uji homogenitas dan uji-t dengan program SPSS 18. Dari hasil penelitian yang dilakukan, didapatkan hasil peningkatan kemampuan berpikir kritis setelah pembelajaran dengan rata-rata peningkatan 30,70 sementara untuk hasil tes penguasaan konsep terjadi peningkatan dengan rata-rata 32,17. Baik kemampuan berpikir kritis maupun penguasaan konsep terjadi peningkatan yang signifikan.;---The study reported an increase in critical thinking skill and mastery of science concept in Cisomang 2 primary schools through Problem Based Learning Model. critical thinking skills Indicators that are used in this study refers to a theory that developed by Ennis, while the Bloom categorization is used as an indicator of mastery of science concepts. This study uses pretest value and postest value to see the comparison. Data analysis performed in this study is calculate the n-gain increase. From the research results, there is an increased critical thinking skills and mastery sciece concepts after using model Problem Based Learning. Based on research result, there are the increase of critical thinking average after the problem based learning model gived to student and the result is30.70,while the mastery science concept 32,17. 
546 |a en 
690 |a L Education (General) 
690 |a LB1501 Primary Education 
690 |a Q Science (General) 
655 7 |a Thesis  |2 local 
655 7 |a NonPeerReviewed  |2 local 
787 0 |n http://repository.upi.edu/26321/ 
787 0 |n http://repository.upi.edu 
856 4 1 |u http://repository.upi.edu/26321/