PENINGKATAN KETERAMPILAN PROSES SAINS DAN PENGUASAAN KONSEP SISWA KELAS XI PADA TOPIK TITRASI ASAM BASA MENGGUNAKAN METODE PRAKTIKUM BERBASIS INKUIRI TERBIMBING

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh informasi mengenai peningkatan penerapan pembelajaran titrasi asam basa melalui praktikum berbasis inkuiri terbimbing terhadap keterampilan proses sains dan penguasaan konsep siswa, serta tanggapan siswa terhadap pembelajaran melalui metode praktikum berbasi...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: Rachmawati, Gina (Author)
Format: Academic Paper
Published: 2016-08-31.
Subjects:
Online Access:http://repository.upi.edu/26327/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
Description
Summary:Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh informasi mengenai peningkatan penerapan pembelajaran titrasi asam basa melalui praktikum berbasis inkuiri terbimbing terhadap keterampilan proses sains dan penguasaan konsep siswa, serta tanggapan siswa terhadap pembelajaran melalui metode praktikum berbasis inkuiri terbimbing. Dalam penelitian ini digunakan metode pre-experimental dengan one group pretest-posttes design. Subjek penelitian terdiri dari 38 orang siswa SMA Kelas XI. Instrumen yang digunakan adalah soal tes tertulis, angket, dan pedoman wawancara. Pencapaian keterampilan proses sains dan penguasaan konsep siswa dihitung dengan rumus N-Gain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran melalui praktikum berbasis inkuiri terbimbing pada topik titrasi asam basa dapat meningkatkan keterampilan proses sains siswa secara keseluruhan. Nilai N-Gain yang diperoleh pada peningkatan keterampilan proses sains adalah sebesar 85,4%, dengan peningkata tertinggi terjadi dengan indikator menggunakan alat (N-Gain = 95%) dan peningkatan terendah terjadi pada indikator merancang percobaan (N-Gain = 73%). Sedangkan peningkatan penguasaan konsep siswa diperoleh nilai Nilai N-Gain sebesar 73% dengan peningkatan tertinggi terjadi pada tingkatan mengingat (N-Gain = 98%) dan peningkatan terendah terjadi pada tingkatan menerapkan (N-Gain = 46%). Hasil angket dan wawancara menunjukkan bahwa siswa memberikan tanggapan positif terhadap pembelajaran melalui praktikum berbasis inkuiri terbimbing pada topik titrasi asam basa dan lebih termotivasi untuk belajar sehingga lebih mudah memahami topik titrasi asam basa.;---
Item Description:http://repository.upi.edu/26327/1/S_KIM_0902001_Title.pdf
http://repository.upi.edu/26327/2/S_KIM_0902001_Abstract.pdf
http://repository.upi.edu/26327/3/S_KIM_0902001_Table_of_Content.pdf
http://repository.upi.edu/26327/4/S_KIM_0902001_Chapter%201.pdf
http://repository.upi.edu/26327/5/S_KIM_0902001_Chapter%202.pdf
http://repository.upi.edu/26327/6/S_KIM_0902001_Chapter%203.pdf
http://repository.upi.edu/26327/7/S_KIM_0902001_Chapter%204.pdf
http://repository.upi.edu/26327/8/S_KIM_0902001_Chapter%205.pdf
http://repository.upi.edu/26327/9/S_KIM_0902001_Bibliography.pdf
http://repository.upi.edu/26327/10/S_KIM_0902001_Appendix%201.pdf
http://repository.upi.edu/26327/11/S_KIM_0902001_Appendix%202.pdf
http://repository.upi.edu/26327/12/S_KIM_0902001_Appendix%203.pdf