PEMBELAJARAN FISIKA MENGGUNAKAN MULTI REPRESENTASI UNTUK MENINGKATKAN KOGNITIF DAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA SMA PADA POKOK BAHASAN FLUIDA STATIS

Fisika merupakan ilmu yang berkaitan erat dengan kehidupan sehari-hari sehingga siswa dituntut untuk mampu menyelesaikan permasalahan dalam kehidupan sehari-hari. Fisika merupakan ilmu alam yang penyampaiannya tidak hanya disampaikan secara verbal, melainkan dengan bantuan representasi lain untuk me...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: Anisa, Yuni (Author)
Format: Academic Paper
Published: 2016-09-30.
Subjects:
Online Access:http://repository.upi.edu/26351/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
LEADER 04602 am a22003853u 4500
001 repoupi_26351
042 |a dc 
100 1 0 |a Anisa, Yuni  |e author 
245 0 0 |a PEMBELAJARAN FISIKA MENGGUNAKAN MULTI REPRESENTASI UNTUK MENINGKATKAN KOGNITIF DAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA SMA PADA POKOK BAHASAN FLUIDA STATIS 
260 |c 2016-09-30. 
500 |a http://repository.upi.edu/26351/1/S_FIS_1200330_Title.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/26351/2/S_FIS_1200330_Abstract.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/26351/3/S_FIS_1200330_Table_of_content.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/26351/4/S_FIS_1200330_Chapter1.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/26351/5/S_FIS_1200330_Chapter2.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/26351/6/S_FIS_1200330_Chapter3.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/26351/7/S_FIS_1200330_Chapter4.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/26351/8/S_FIS_1200330_Chapter5.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/26351/9/S_FIS_1200330_Bibliography.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/26351/10/S_FIS_1200330_Appendix1.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/26351/11/S_FIS_1200330_Appendix2.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/26351/12/S_FIS_1200330_Appendix3.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/26351/13/S_FIS_1200330_Appendix4.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/26351/14/S_FIS_1200330_Appendix5.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/26351/15/S_FIS_1200330_Appendix6.pdf 
520 |a Fisika merupakan ilmu yang berkaitan erat dengan kehidupan sehari-hari sehingga siswa dituntut untuk mampu menyelesaikan permasalahan dalam kehidupan sehari-hari. Fisika merupakan ilmu alam yang penyampaiannya tidak hanya disampaikan secara verbal, melainkan dengan bantuan representasi lain untuk menjelaskannya sehingga siswa mampu memahami Fisika secara mendalam. Namun, dalam pembelajaran di kelas, konsep Fisika disampaikan seolah-olah hanya satu representasi yang digunakan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan kemampuan kognitif, peningkatan kemampuan pemecahan masalah, gambaran level kemampuan pemecahan masalah siswa, hubungan kemampuan kognitif dan kemampuan pemecahan masalah, dan pendapat siswa terhadap pembelajaran Fisika menggunakan multi representasi. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuasi eksperimen dengan desain penelitian yang digunakan adalah Pre-test and Post-test group design. Instrumen penelitian yang digunakan berupa tes pilihan ganda untuk kemampuan kognitif, tes uraian untuk kemampuan pemecahan masalah, lembar observasi, dan angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan kognitif siswa meningkat dengan kriteria sedang. Selain itu, kemampuan pemecahan masalah siswa meningkat dengan kriteria rendah dan rata-rata level kemampuan pemecahan masalah siswa berada pada level inadequate (kurang mampu). Sedangkan, hubungan kemampuan kognitif dan kemampuan pemecahan masalah adalah linier dengan kategori sangat rendah atau lemah sekali---; Physics is one of science closely related to our daily lives, so that the students are required to solve problems in daily life. Physics is also one of science that to teach it is not only use verbal, but also use other representations so that students have deep understanding about physics. However, in the classroom, physics concept is presented as though only using one representation. The purposes of this study were to determine the gain of cognitive and problem-solving ability, to show level of problem-solving ability, correlation between cognitive and problem-solving ability, and student's opinion about Physics study using multiple representations. The method of this study was quasi experiment method with Pre-test and Post-test group design. Instrument of this study used multiple choice for cognitive, Essay for problem-solving ability, observation sheet, and questionnaire. The result of this study showed that the cognitive ability increased with medium category. In addition, the problem solving ability of students increased with low category and the average level of problem-solving abilities of students was at inadequate level. Meanwhile, the correlation of cognitive and problem-solving ability was linear with very low or very weak category. 
546 |a en 
690 |a L Education (General) 
690 |a Q Science (General) 
690 |a QC Physics 
655 7 |a Thesis  |2 local 
655 7 |a NonPeerReviewed  |2 local 
787 0 |n http://repository.upi.edu/26351/ 
787 0 |n http://repository.upi.edu 
856 4 1 |u http://repository.upi.edu/26351/