IMPLEMENTASI KURIKULUM ILMU PENGETAHUAN ALAM (IPA) DENGAN KEKHASAN SEKOLAH ALAM

Penelitian ini dilatarbelakangi dari fakta yang menunjukkan bahwa kepeduliaan terhadap lingkungan telah menurun. Maka diperlukan sebuah sistem pendidikan yang ramah terhadap lingkungan, seperti yang diterapkan di Sekolah Alam. Sekolah Alam merupakan sekolah yang menyatu dengan alam sehingga pembelaj...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: Hidayani, Ridha (Author)
Format: Academic Paper
Published: 2016-09-08.
Subjects:
Online Access:http://repository.upi.edu/26419/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
Description
Summary:Penelitian ini dilatarbelakangi dari fakta yang menunjukkan bahwa kepeduliaan terhadap lingkungan telah menurun. Maka diperlukan sebuah sistem pendidikan yang ramah terhadap lingkungan, seperti yang diterapkan di Sekolah Alam. Sekolah Alam merupakan sekolah yang menyatu dengan alam sehingga pembelajarannya lebih menekankan pada pembelajaran berbasis alam dan pengalaman. Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) merupakan mata pelajaran yang sangat berkaitan dengan gejala dan objek yang ada di alam. Hal yang menjadi fokus penelitian adalah perencanaan, pelaksanaan dan penilaian dari pembelajaran IPA dengan kekhasan Sekolah Alam khususnya di SMP Sekolah Alam Bandung. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis implementasi kurikulum IPA dengan kekhasan Sekolah Alam. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah studi dokumentasi, wawancara dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan perencanaan pembelajaran IPA di SMP Sekolah Alam Bandung diawali dengan pembuatan Rencana Pembelajaran yang membagi mata pelajaran IPA dibagi menjadi dua yaitu Fisika dan Biologi. Materi dalam Rencana Pembelajaran yang diprioritaskan adalah materi yang mampu mengeksplorasi alam di sekitar sekolah. Untuk pelaksanaan pembelajaran, metode yang digunakan sebagian besar adalah diskusi dan ekperimen dimana pelaksanaannya didominasi di luar kelas (outdoor) terutama alam di sekitar sekolah. Penilaian IPA mencakup ulangan harian, penilaian kinerja, Ujian Tengah Semester (UTS) dan Ujian Kenaikan Kelas (UKK). Di Sekolah Alam, terdapat dua jenis rapor yaitu rapor nilai dan rapor dalam bentuk deskriptif yang disebut groovy. Dalam groovy terdapat tiga kriteria perkembangan siswa yaitu belum tampak, berkembang, dan mandiri. ;---This study is motivated by the fact showing the environmental concern is decreasing. Hence, it is necessary to provide an education system which is environmental friendly, such as in Sekolah Alam (Nature School). Unite with the nature is a concept of Sekolah Alam, so that in the learning activity at this school is emphasize to natural based learning and experience. Science as a learning subject is related to phenomenon and object in nature. The focus of this study are plan, implementation and evaluation on science subject in junior high school at Sekolah Alam Bandung. The purpose of this study is to find out how the implementation of Science learning is based in the curriculum with the special characteristic of Sekolah Alam. This study used qualitative approach, with a case study method. The data collection techniques were documentation study, interview and observation. The result of the study showed that Science lesson plan was begun by establishing the lesson plan dividing Science subject into two subjects, Physics and Biology. Materials in lesson plan prioritized are those which can explore the nature around the school. For the implementation, the methods mainly used were discussion and experiment outside the classroom (outdoor), especially at the nature around school. Furthermore, Science assessment consists of daily test, performance assessment, midterm and final exam. In Sekolah Alam, there are two types of report namely score report and report in descriptive form called groovy. In groovy there are three categories of student development first is not appear, develop and autonomous.
Item Description:http://repository.upi.edu/26419/1/T_PK_1402863_Title.pdf
http://repository.upi.edu/26419/2/T_PK_1402863_Abstract.pdf
http://repository.upi.edu/26419/3/T_PK_1402863_Table_of_content.pdf
http://repository.upi.edu/26419/4/T_PK_1402863_Chapter1.pdf
http://repository.upi.edu/26419/5/T_PK_1402863_Chapter2.pdf
http://repository.upi.edu/26419/6/T_PK_1402863_Chapter3.pdf
http://repository.upi.edu/26419/7/T_PK_1402863_Chapter4.pdf
http://repository.upi.edu/26419/8/T_PK_1402863_chapter5.pdf
http://repository.upi.edu/26419/9/T_PK_1402863_Bibliography.pdf
http://repository.upi.edu/26419/10/T_PK_1402863_Appendix1.pdf
http://repository.upi.edu/26419/11/T_PK_1402863_Appendix2.pdf