PENGARUH PENGALAMAN BELAJAR TERHADAP LITERASI EKONOMI

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pengalaman belajar masyarakat terhadap literasi ekonomi masyarakat. Pengalaman belajar tersebut meliputi empat variable yaitu perjalanan rutin, sosialisasi, ruitinitas belanja dan masa tinggal. Subjek dalam penelitian ini, yaitu masyarakat pada usia...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: Alamdhiek, Hari (Author)
Format: Academic Paper
Published: 2016-08-30.
Subjects:
Online Access:http://repository.upi.edu/2652/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
Description
Summary:Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pengalaman belajar masyarakat terhadap literasi ekonomi masyarakat. Pengalaman belajar tersebut meliputi empat variable yaitu perjalanan rutin, sosialisasi, ruitinitas belanja dan masa tinggal. Subjek dalam penelitian ini, yaitu masyarakat pada usia produktif pada Kecamatan Cibeunying Kidul di Kota Bandung. Sampel sebanyak 100 masrakat pada usia produktif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu survey eksplanatori dengan menggunakan angket sebagai alat pengumpul data dan teknik analisis data menggunakan regresi linier sederhana, dalam analisis data menggunakan bantuan program SPSS 22. Hasil penelitian menunjukkan bahwa literasi ekonomi, sosialisasi, ruitinitas belanja dan masa tinggal berada pada kategori sedang untuk perjalanan rutin berada pada kategori tinggi. Pengalaman belajar yang meliputi perjalanan rutin, sosialisasi, ruitinitas belanja dan masa tinggal berpengaruh positif terhadap literasi ekonomi. Hal ini berarti bahwa semakin tinggi pengetahuan dari pengalaman belajar yang dimiliki masyarakat, maka literasi ekonomi yang dimiliki masyarakat akan bertambah (meningkat).;---This study aims to determine the effect of the learning experience of society to economic literacy of community. The learning experience includes four variables that is, the regular trips, socializing , shopping and stayed period. Subjects in this study, that people in the productive age in the District Cibeunying in Bandung Kidul. Amount of sample are 100 members of society in the productive age. The method used in this research is an explanatory survey using a questionnaire as a data collection tool and data analysis techniques using simple linear regression, analysis of data using SPSS 22 and Eviews 06. The results showed that the economic literacy, socialization, shopping routined and stay period in middle category, for routine trip at the high category. The learning experience that includes regular trips, socializing, shopping routine and periode of stay have positive effect on economic literacy. This means that the higher knowledge of community affect the higher economic literacy of community.
Item Description:http://repository.upi.edu/26520/1/T_PEK_1402632_Title.pdf
http://repository.upi.edu/26520/2/T_PEK_1402632_Abstract.pdf
http://repository.upi.edu/26520/3/T_PEK_1402632_Table_of_content.pdf
http://repository.upi.edu/26520/4/T_PEK_1402632_Chapter1.pdf
http://repository.upi.edu/26520/5/T_PEK_1402632_Chapter2.pdf
http://repository.upi.edu/26520/6/T_PEK_1402632_Chapter3.pdf
http://repository.upi.edu/26520/7/T_PEK_1402632_Chapter4.pdf
http://repository.upi.edu/26520/8/T_PEK_1402632_Chapter5.pdf
http://repository.upi.edu/26520/9/T_PEK_1402632_Bibliography.pdf
http://repository.upi.edu/26520/10/T_PEK_1402632_Appendix.pdf