KAJIAN DESKRIPTIF GAMBAR EKSPRESIF MELALUI STIMULASI MUSIK DI SMP NEGERI 26 BANDUNG

Penelitian ini didasari pada kurangnya minat anak remaja tingkat SMP (masa naturalistik semu) pada kegiatan menggambar ekspresif. Perhatian mereka pada kegiatan menggambar di masa ini mulai kritis, bahkan terhadap karyanya sendiri. Hal ini menyebabkan anak mencontoh karya orang lain dan kurangnya mi...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: Langga, Fathin Hanifah (Author)
Format: Academic Paper
Published: 2016-08-23.
Subjects:
Online Access:http://repository.upi.edu/26535/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
LEADER 05742 am a22003253u 4500
001 repoupi_26535
042 |a dc 
100 1 0 |a Langga, Fathin Hanifah  |e author 
245 0 0 |a KAJIAN DESKRIPTIF GAMBAR EKSPRESIF MELALUI STIMULASI MUSIK DI SMP NEGERI 26 BANDUNG 
260 |c 2016-08-23. 
500 |a http://repository.upi.edu/26535/1/S_SRP_1202008_Title.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/26535/2/S_SRP_1202008_Abstract.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/26535/3/S_SRP_1202008_Table_of_content.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/26535/4/S_SRP_1202008_Chapter1.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/26535/5/S_SRP_1202008_Chapter2.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/26535/6/S_SRP_1202008_Chapter3.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/26535/7/S_SRP_1202008_Chapter4.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/26535/8/S_SRP_1202008_Chapter5.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/26535/9/S_SRP_1202008_Bibliography.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/26535/10/S_SRP_1202008_Appendix1.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/26535/11/S_SRP_1202008_Appendix2.pdf 
520 |a Penelitian ini didasari pada kurangnya minat anak remaja tingkat SMP (masa naturalistik semu) pada kegiatan menggambar ekspresif. Perhatian mereka pada kegiatan menggambar di masa ini mulai kritis, bahkan terhadap karyanya sendiri. Hal ini menyebabkan anak mencontoh karya orang lain dan kurangnya minat anak akan kegiatan menggambar. Atas dasar masalah tersebut, penelitian ini ditujukan untuk menghadirkan suatu kegiatan lain yang mereka sukai bisa dijadikan stimulus dalam menggambar ekspresif. Mereka sudah mengenal dan menyukai musik, bahkan untuk menyalurkan perasaan atau emosinya mereka tuangkan dalam musik. Melalui penelitian ini penulis berasumsi bahwa musik dapat memotivasi minat belajar pada anak. Tujuan penelitian ini diantaranya, yaitu 1) Mendeskripsikan visualisasi gambar ekspresif melalui stimulasi musik terhadap peserta didik di SMP Negeri 26 Bandung 2) Mengetahui pengaruh penggunaan stimulasi musik terhadap gambar ekspresif peserta didik di SMP Negeri 26 Bandung. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif melalui pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data, yakni: observasi, angket, wawancara, data visual, dan studi literatur. Analisis data terdiri dari tiga tahap, yaitu 1) reduksi data (data reduction), 2) penyajian data (data display), dan 3) penarikan kesimpulan dan verivikasi (conclusion drawing/verification). Temuan dari hasil penelitian ini sebagian besar anak terstimulus oleh musik pada aspek pewarnaannya, penggunaan musik pop mellow menghasilkan warna-warna dingin dan suram, penggunaan musik reggae yang riang gembira menghasilkan warna-warna yang hangat, sedangkan penggunaan musik rock yang berirama cepat menghasilkan warna panas, hangat, dan suram. Tema yang dihasilkan sebagian besar anak dapat terstimulus dengan baik, meskipun tidak sebaik dengan jika dilihat dari aspek pewarnaannya. Garis atau goresan yang dihasilkan hanya sebagian kecil anak yang dapat terstimulus oleh musik. Secara keseluruhan mereka sudah mampu menghadirkan komposisi yang baik. Musik dapat menstimulus anak dalam kegiatan menggambar ekspresif, mereka akan terbawa suasana yang dihadirkan dari musik yang didengarnya. Dengan memperdengarkan musik, anak akan mengembangkan cara berpikirnya, sehingga muncul kreatifitas dalam menuangkan konsep gambar. ;--- The study is based on the interest lack of the students of Junior High School (pseudo-naturalistic time) on expressive drawing activities. Their attention on drawing activities at the time starts critical, even to their own creation. It causes they imitate other's creation and they aren't too interested on drawing activities. According to the problem, the study aims to present an activity which they like and can be the stimulus in drawing expressively. They are used to knowing and enjoying music, even they can express their emotion and feeling in the music. Through the study, I assume that music can motivate children's interest. The purposes of the study are; 1) to describe the visualization of expressive drawing through music stimulation towards the students at SMP Negeri 26 Bandung, 2) to know the influence of music stimulation towards the expressive drawing of the students at SMP Negeri 26 Bandung. The method used in the study is descriptive method through qualitative approach by using some data collection techniques; observation, questionnaire, interview, visual data and literature study. Data analysis consists of three stages; 1) data reduction, 2) data display, 3) conclusion drawing / verification. The findings of result study are; most of children are stimulated by music in coloring aspects; the using of mellow-pop music results cool and gloomy colors; the using of chirpy reggae music results warm colors; and the using of upbeat rock music result panares, warm and gloomy colors. Themes created by most students can be stimulated well, although they aren't as good as those of the coloring aspects. Only some children have been able to result lines or scratch stimulated by music. Music can stimulate children in expressive drawing, where they can be carried away by the situation presented by the music they listen to. By listening to music, children can develop their way of thinking, so they can improve their creativities in deciding drawing concepts 
546 |a en 
690 |a L Education (General) 
690 |a N Visual arts (General) For photography, see TR 
655 7 |a Thesis  |2 local 
655 7 |a NonPeerReviewed  |2 local 
787 0 |n http://repository.upi.edu/26535/ 
787 0 |n http://repository.upi.edu 
856 4 1 |u http://repository.upi.edu/26535/