PENGEMBANGAN BUKU TEKS BAHASA ARAB TINGKAT SEKOLAH MENENGAH PERTAMA (SMP)

Permasalahan dalam penelitian ini adalah mengenai buku teks bahasa Arab yang digunakan di Darul Hikam International School yang berjudul Arabic for Secondray One. Melalui pra-research peneliti memperoleh gambaran bahwa pada buku Arabic for Secondray One masih terdapat banyak kesalahan penulisan, buk...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: Kartikawati, Lia (Author)
Format: Academic Paper
Published: 2016-08-30.
Subjects:
Online Access:http://repository.upi.edu/26567/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
LEADER 04387 am a22003253u 4500
001 repoupi_26567
042 |a dc 
100 1 0 |a Kartikawati, Lia  |e author 
245 0 0 |a PENGEMBANGAN BUKU TEKS BAHASA ARAB TINGKAT SEKOLAH MENENGAH PERTAMA (SMP) 
260 |c 2016-08-30. 
500 |a http://repository.upi.edu/26567/1/T_ARB_1402972_Title.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/26567/2/T_ARB_1402972_Abstract.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/26567/3/T_ARB_1402972_Table_of_content.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/26567/4/T_ARB_1402972_Chapter1.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/26567/5/T_ARB_1402972_Chapter2.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/26567/6/T_ARB_1402972_Chapter3.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/26567/7/T_ARB_1402972_Chapter4.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/26567/8/T_ARB_1402972_Chapter5.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/26567/9/T_ARB_1402972_Bibliography.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/26567/10/T_ARB_1402972_Appendix1.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/26567/11/T_ARB_1402972_Appendix2.pdf 
520 |a Permasalahan dalam penelitian ini adalah mengenai buku teks bahasa Arab yang digunakan di Darul Hikam International School yang berjudul Arabic for Secondray One. Melalui pra-research peneliti memperoleh gambaran bahwa pada buku Arabic for Secondray One masih terdapat banyak kesalahan penulisan, buku kurang menarik minat siswa untuk belajar, bentuk instrument yang monoton, dan belum sesuai dengan kurikulum yang berlaku di sekolah. Berdasarkan hal tersebut, maka peneliti tertarik untuk mengembangkan buku teks tersebut. Buku yang diajukan peneliti sebagai salah satu alternative memenuhi permasalahn tersebut adalah buku Belajar Bahasa Arab 1. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development dengan menggunakan tiga instrument penelitian, yaitu wawancara, angket dan studi dokumentasi. Dari hasil penelitian diketahui bahwa baik dari materi, bahasa, penyajian, maupun kegrafikan buku Balajar Bahasa Arab 1 baik dan layak digunakan dalam proses pembelajaran. ;--- الحكام الدولية بموضوع كتاب العربية للصّف الاوّل (Arabic for Secondray One). من خلال الدراسة الاوّلية وجدت الباحثة أن فى كتاب العربية للصّف الاوّل عديد من أخطاء الكتابة والكتاب أقل اهتمام الطلاب للتعلّم، شكل اختبار رتيبة، وكيفية عرض المواد لا يزال بسيط جداً وكتاب لم يتمّ بالمنهج التعليم. وبناء على ذلك، اهتمت الباحثة على تطوير هذا الكتاب. فقدمت الباحثة كتابا لاداء تلك المشكلة هو كتاب تعليم اللغة العربية 1. ومنهج البحث فى هذه الرسالة هو البحث والتطوير باستخدام ثلاثة أدوات البحث هى المقابلة والاستبيان و الوثائق. ومن نتائج البحث عرفت أن كتاب تعليم اللغة العربية 1 جيدا ومناسبا للاستخدام في عملية التعليم. ;--- The problem in this research is about the Arabic textbook used in Darul Hikam International School entitled Arabic for Secondray One. Through preresearch , the researcher gain the problems that the Arabic book for Secondray One still contained many errors of writing, the book is less to attract students to learn, monotonous form of instrument, and not in accordance with the applicable curriculum at school. Based on this, the researcher interested in developing the textbooks. The book submitted researcher as one alternative meet these problems is the book Belajar Bahasa Arab 1. And the method used is the Research and Development using three research instruments,are interviews, questionnaires and documentation study. The survey results revealed that neither of the material, language, presentation and graph of book Belajar Bahasa Arab 1 well and fit for use in the learning process. 
546 |a en 
690 |a L Education (General) 
690 |a PN Literature (General) 
655 7 |a Thesis  |2 local 
655 7 |a NonPeerReviewed  |2 local 
787 0 |n http://repository.upi.edu/26567/ 
787 0 |n http://repository.upi.edu 
856 4 1 |u http://repository.upi.edu/26567/