TEKNIK SHADOWING DALAM PEMBELAJARAN KAIWA

Penelitian ini mencoba menerapkan teknik shadowing dalam pembelajaran kaiwa, terhadap mahasiswa tingkat II bahasa Jepang UPI. Bagi pembelajar bahasa Jepang, berbicara bahasa Jepang dengan lancar cukup menyulitkan karena perlu pembiasaan. Selain itu, saat berbicara perlu memperhatikan beberapa hal se...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: Puspita, Lanni Anggun (Author)
Format: Academic Paper
Published: 2016-10-21.
Subjects:
Online Access:http://repository.upi.edu/26583/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
Description
Summary:Penelitian ini mencoba menerapkan teknik shadowing dalam pembelajaran kaiwa, terhadap mahasiswa tingkat II bahasa Jepang UPI. Bagi pembelajar bahasa Jepang, berbicara bahasa Jepang dengan lancar cukup menyulitkan karena perlu pembiasaan. Selain itu, saat berbicara perlu memperhatikan beberapa hal seperti, aksen, intonasi, panjang pendeknya pengucapan, juga pelafalan konsonan rangkap. Mengacu pada hal tersebut, teknik shadowing diterapkan agar mahasiswa terbiasa melatih mulutnya mengucapkan kata-kata dalam bahasa Jepang, sehingga dapat membantu meningkatkan kemampuan berbicara dan juga dapat menciptakan situasi kelas yang aktif. Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh hasil tentang keefektivitasan dan tanggapan mahasiswa terhadap teknik shadowing untuk meningkatkan kemampuan berbicara dalam pembelajaran kaiwa. Kemudian, desain penelitian yang digunakan adalah pre-experimental design, yaitu dengan jenis yang dipilih one group pre-test - post-test design. Sampel penelitian berjumlah 10 orang mahasiswa tingkat II tahun ajaran 2014/2015 dengan teknik nonprobability purposive sampling. Instrumen penelitian yang digunakan ialah tes lisan (oral) dan angket. Hasil analisis data yang diperoleh dari penelitian ini ialah nilai mean pre-test 39 dan nilai mean post-test 70. Sehingga terdapat peningkatan setelah diberikan treatment sebesar 31. Dari hasil tersebut didapat nilai thitung 11,2 dengan db= 9. Maka, dapat disimpulkan bahwa ttabel 2,26 < thitung 11,2 untuk taraf signifikansi 5% dan nilai ttabel 3,25 < thitung 11,2 untuk taraf signifikansi 1%. Kemudian hasil dari analisis angket dapat dikatakan bahwa respon mahasiswa positif dan teknik shadowing menarik juga menyenangkan diterapkan dalam pembelajaran kaiwa. Dengan demikian, teknik shadowing dirasa perlu diterapkan dalam pembelajaran kaiwa di kelas.;--- This study tried to apply shadowing techniques in learning kaiwa, toward the II degree Japanese students of UPI. For Japanese language learners, speaks Japanese fluently quite difficult because it needs to habituation. Additionally, when speaking need to consider several things like, accent, intonation, pronunciation short length, the pronunciation of consonant cluster. Referring to these, shadowing techniques applied to ensure that the students get used to train his mouth out the words in Japanese, so it can help improve the ability to speak and create a situation of active class. The purpose of this study is to obtain results about the effectiveness and student responses to the shadowing technique in enhancing the ability to speak in kaiwa learning. Then, the design of the study was used pre-experimental design, with the selected type one group pre-test - post-test design. These samples included 10 students II degree academic year 2014/2015 with nonprobability purposive sampling technique. The research instrument was used oral tests (oral) and questionnaires. The results of analysis of data obtained from this study are the mean value of pre-test 39 and mean value of post-test 70. So there was increased after being given treatment for 31. From the results obtained with tcount 11.2 db = 9. Thus, it can be concluded that ttable 2.26 <tcount 11.2 for a significance level of 5% and value ttable 3.25 <tcount 11.2 to 1% significance level. Then the results of the analysis of the questionnaire can be said that the students had positive response and shadowing techniques are also fun exciting applied in kaiwa learning. Thus, it is necessary shadowing techniques applied in kaiwa learning in the class.
Item Description:http://repository.upi.edu/26583/1/S_JEP_1100746_Title.pdf
http://repository.upi.edu/26583/2/S_JEP_1100746_Abstract.pdf
http://repository.upi.edu/26583/3/S_JEP_1100746_Table_of_Content.pdf
http://repository.upi.edu/26583/4/S_JEP_1100746_Chapter%201.pdf
http://repository.upi.edu/26583/5/S_JEP_1100746_Chapter%202.pdf
http://repository.upi.edu/26583/6/S_JEP_1100746_Chapter%203.pdf
http://repository.upi.edu/26583/7/S_JEP_1100746_Chapter%204.pdf
http://repository.upi.edu/26583/8/S_JEP_1100746_Chapter%205.pdf
http://repository.upi.edu/26583/9/S_JEP_1100746_Bibliography.pdf
http://repository.upi.edu/26583/10/S_JEP_1100746_Appendix%201.pdf
http://repository.upi.edu/26583/11/S_JEP_1100746_Appendix%202.pdf
http://repository.upi.edu/26583/12/S_JEP_1100746_Appendix%203.pdf