RANCANG BANGUN MEDIA PEMBANTU PEMBELAJARAN BERBASIS CLOUD COMPUTING UNTUK PAKET KEAHLIAN TEKNIK KOMPUTER JARINGAN

Penelitian ini didasari oleh perkembangan teknologi informasi yang pesat dan kebutuhan proses pembelajaran yang baik. Maka peneliti mengembangkan sebuah media pembantu pembelajaran untuk siswa. Pengembangan media pembantu pembelajaran yang bertujuan untuk mengetahui cara merancang dan mengembangkan...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: Restian, Anugrah Rio (Author)
Format: Academic Paper
Published: 2016-08-26.
Subjects:
Online Access:http://repository.upi.edu/266/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
LEADER 05284 am a22003253u 4500
001 repoupi_26600
042 |a dc 
100 1 0 |a Restian, Anugrah Rio  |e author 
245 0 0 |a RANCANG BANGUN MEDIA PEMBANTU PEMBELAJARAN BERBASIS CLOUD COMPUTING UNTUK PAKET KEAHLIAN TEKNIK KOMPUTER JARINGAN 
260 |c 2016-08-26. 
500 |a http://repository.upi.edu/26600/1/S_KOM_0905571_Title.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/26600/2/S_KOM_0905571_Abstract.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/26600/3/S_KOM_0905571_Table_of_content.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/26600/4/S_KOM_0905571_Chapter1.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/26600/5/S_KOM_0905571_Chapter2.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/26600/6/S_KOM_0905571_Chapter3.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/26600/7/S_KOM_0905571_Chapter4.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/26600/8/S_KOM_0905571_Chapter5.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/26600/9/S_KOM_0905571_Bibliography.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/26600/10/S_KOM_0905571_Appendix.pdf 
520 |a Penelitian ini didasari oleh perkembangan teknologi informasi yang pesat dan kebutuhan proses pembelajaran yang baik. Maka peneliti mengembangkan sebuah media pembantu pembelajaran untuk siswa. Pengembangan media pembantu pembelajaran yang bertujuan untuk mengetahui cara merancang dan mengembangkan media pembantu pembelajaran berbasis Cloud Computing, mengetahui kelayakan media pembantu pembelajaran berbasis Cloud Computing yang dikembangkan menurut ahli multimedia serta mengetahui tanggapan siswa terhadap media pembantu pembelajaran berbasis Cloud Computing yang dikembangkan. Pada penelitian ini penulis menggunakan metode Research and Development (R&D). Sampel yang diambil dalam penelitian ini adalah kelas XI Teknik Jaringan Komputer SMK Insan Mandiri Parongpong. Desain penelitian terdiri dari tiga tahap, yaitu : Studi Lapangan, Pengembangan Produk, Penelitian. Uji coba dilakukan di sekolah SMK Insan Mandiri Parongpong dengan mengambil 20 sampel. Peneliti menggolongkan penilaian media menjadi beberapa aspek untuk memperoleh data secara rinci. Untuk aspek perangkat lunak diperoleh persentase sebesar 79,38 % dengan rincian aspek usabilitas 86,25%, reliabilitas 77,5%, dan kompatibilitas 74,375 %. Hasil tersebut dikategorikan sangat baik. Untuk aspek pembelajaran diperoleh persentase sebesar 82% dengan rincian aspek interaktivitas sebesar 82,5%, motivasi sebesar 78,75%, dan kesesuaian bidang studi 87,5%. Hasil tersebut juga dikategorikan sangat baik. Dan untuk aspek komunikasi visual diperoleh persentase sebesar 76,04 % dengan rincian aspek visual sebesar 88,125%, audio sebesar 61,25%, dan layout 61,253 %. Dari hasil analisis tiap indikator di atas jika dijumlahkan secara keseluruhan, media pembantu pembelajaran berbasis Cloud Computing dalam menunjang pembelajaran ini mendapat penilaian sangat baik, dengan skor total sebesar 1074 untuk skor kriterium 1360, sehingga didapat persentase sebesar 79%.---; The research was based on the rapid development of information technology and the needs of good learning process. Then the researchers developed a media learning helper for students. This research is a research associate of the learning media development aims to find out how to design and develop media Cloud Computing-based learning aides, find out the feasibility of the media Cloud Computing-based learning aides developed according to the multimedia experts and figure out feedback of knowing the students against the media Cloud Computing-based learning assistants developed. In this study the author uses the method of Research and Development (R&D). Samples taken in this study is the class XI computer network Engineering at Vocational High School Insan Mandiri Parongpong. Design research consists of three stages, namely: Field Studies, product development, research. A test have been implemented at school SMK Insan Mandiri Parongpong with take 20 samples. Researchers classify the media into some aspects of the assessment to obtain data in detail. To the software aspects of the obtained the percentage of 79.38% with details aspects of the reusability 86.25% 77.5%, reliability, and compatibility 74.375%. The results are categorized very well. For the learning aspects of the obtained the percentage of 82% with details aspects of interactivity of 82.5%, motivation of 78,75% and 87.5% of the field of study of conformity. Those results also categorized very well. And for visual communication aspects of the obtained the percentage of 76.04% with the visual aspects of details 88,125%, audio of 61,25 61.253 layout%, and%. From the results of the analysis of each of the above indicators if summed up overall, the acolytes media Cloud Computing-based learning, in supporting this learning assessment gets very good, with a score total of 1074 to score kriterium 1360, so come by the percentage of 79%. 
546 |a en 
690 |a L Education (General) 
690 |a QA75 Electronic computers. Computer science 
690 |a QA76 Computer software 
655 7 |a Thesis  |2 local 
655 7 |a NonPeerReviewed  |2 local 
787 0 |n http://repository.upi.edu/26600/ 
787 0 |n http://repository.upi.edu 
856 4 1 |u http://repository.upi.edu/266/