PENGGUNAAN METODE BIL HIKMAH DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA HURUF HIJAIYAH SISWA CEREBRAL PALSY SPASTIK DI SLB PGRI PASIRJAMBU

Setiap anak memiliki karakter dan kebutuhan yang berbeda-beda, maka dari itu membutuhkan penanganan yang berbeda pula. Seperti halnya pada anak Cerebral Palsy Spastik (CP) yang memiliki gangguan motorik sehingga mengakibatkan terhambatnya gerakan pada anggota tubuh. Selain hambatan motorik, anak CP...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: Kusumah, Nizar Nata (Author)
Format: Academic Paper
Published: 2016-08-16.
Subjects:
Online Access:http://repository.upi.edu/26612/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
Description
Summary:Setiap anak memiliki karakter dan kebutuhan yang berbeda-beda, maka dari itu membutuhkan penanganan yang berbeda pula. Seperti halnya pada anak Cerebral Palsy Spastik (CP) yang memiliki gangguan motorik sehingga mengakibatkan terhambatnya gerakan pada anggota tubuh. Selain hambatan motorik, anak CP juga mengalami hambatan dalam kognitif dan persepsi. Adanya hambatan kognitif dan persepsi tersebut, mengakibatkan anak CP mengalami kesulitan dalam membaca serta membedakan huruf, terutama pada saat kegiatan belajar mengaji yang mengharuskan anak dapat mengenal dan membaca huruf hijaiyah. Dalam kasus ini, terdapat anak CP yang berinisial RV siswa kelas 1 SDLB yang belum mampu membaca huruf hijaiyah. Salah satu penanganan yang dilakukan agar dapat membantu anak CP mampu dalam membaca huruf hijaiyah adalah dengan menggunakan metode Bil-Hikmah. Hal itulah yang melatarbelakangi peneliti melakukan penelitian ini yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode Bil-Hikmah tersebut terhadap kemampuan membaca huruf hijaiyah pada anak Cerebral Palsy Spastik. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan pendekatan Single Subject Reserch (SSR) dan desain penelitan A-B-A. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa persentase mean level kemampuan awal RV dalam membaca huruf hijaiyah pada fase baseline-1 (A-1) sebesar 30%, pada fase intervensi (B) yang diberikan perlakuan memperoleh mean level 57,40%, sedangkan pada fase baseline-2 (A-2) setelah diberikan intervensi mendapatkan mean level sebesar 70% yang artinya terdapat peningkatan dalam kemampuan membaca huruf hijaiyah dengan menggunakan metode Bil-Hikmah pada RV siswa Cerebral Palsy Spastik di SLB PGRI Pasirjambu.;---Every children has different character and need, therefore requires different handling. As well as on child cerebral palsy spastic (CP) having motor difficulties that led to the activities in a limb. Besides the motor, the Cerebral Palsy also experienced the obstacles in cognitive and perception. The obstacles cognitive and perception, resulted in the Spastic Cerebral Palsy child having difficulty in the reading and distinguish letters, especially at the learn Al-Qur'an that requires children can know and read hijaiyah letters. In this case, there are children Cerebral Palsy that initialed RV student at graders 1 sdlb who are not able to read the hijaiyah. One treatment used to help children Spastic Cerebral Palsy is able to read the letter hijaiyah is using Bil-Hikmah method. This research for doing this research that aims to understand influence Bil-Hikmah method that ability to read the hijaiyah on child Cerebral Palsy Spastic. This research used an experimental method with the approach of Single Subject Reserch (SSR) and the research design A-B-A. The result of this research showed that the percentage mean level of the ability early RV in reading hijaiyah letters the baseline-1 phase (A-1) that is 30% , in the intervention (B) phase given treatment obtain the mean level of 57.40 %, while in phase baseline-2 (A-2) having given intervention get mean level of 70 % which means there has been increasing his ability to read hijaiyah letters by using the method Bil-Hikmah in RV Spastic Cerebral Palsy students at PGRI's Pasirjambu Special Needs School.
Item Description:http://repository.upi.edu/26612/1/S_PLB_0901258_Title.pdf
http://repository.upi.edu/26612/2/S_PLB_0901258_Abstract.pdf
http://repository.upi.edu/26612/3/S_PLB_0901258_Tale_of_content.pdf
http://repository.upi.edu/26612/4/S_PLB_0901258_Chapter1.pdf
http://repository.upi.edu/26612/5/S_PLB_0901258_Chapter2.pdf
http://repository.upi.edu/26612/6/S_PLB_0901258_Chapter3.pdf
http://repository.upi.edu/26612/7/S_PLB_0901258_Chapter4.pdf
http://repository.upi.edu/26612/8/S_PLB_0901258_Chapter5.pdf
http://repository.upi.edu/26612/9/S_PLB_0901258_Bibliography.pdf
http://repository.upi.edu/26612/10/S_PLB_0901258_Appendix.pdf