MEMBANGUN NILAI-NILAI KERJASAMA MELALUI PEMBELAJARAN PERMAINAN BOLA VOLI

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh untuk mengatahui apakah melalui pembelajaran permainan bola voli dapat membangun nilai-nilai kerjasama,. Tujuan penelitian ini untuk membangun nilai-nilai kerjasama dalam permainan pembelajaran bola voli untuk mengatahui sejauh mana penerapan bermain dalam memban...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: Asmara, Yoga (Author)
Format: Academic Paper
Published: 2016-10-28.
Subjects:
Online Access:http://repository.upi.edu/26616/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
Description
Summary:Penelitian ini dilatarbelakangi oleh untuk mengatahui apakah melalui pembelajaran permainan bola voli dapat membangun nilai-nilai kerjasama,. Tujuan penelitian ini untuk membangun nilai-nilai kerjasama dalam permainan pembelajaran bola voli untuk mengatahui sejauh mana penerapan bermain dalam membangun nilai-nilai kerjasama (pada siswa kelas V SDN Tilil 2 Kota Bandung). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan dua siklus dengan program permainan-permainan bola voli. Subjek penelitian ini siswa kelas V SDN Tilil 2 Kota Bandung yang berjumlah 31 orang. Instrumen yang digunakan yaitu Lembaran Observasi. Hasil observasi awal menunjukan bahwa mengenai nilai kerjasama siswa masih rendah dalam pembelajaran, hal ini ditunjukan dengan nilai-nilai kerjasama rata-rata presentase 39,35 % Yang seharusnya 75% dari seluruh aspek. Selanjutnya hasil siklus 1 tindakan 1 dengan nilai presentase 52,6 %. Kemudian hasil siklus 1 tindakan 2 dengan nilai presentase 61,1% . Selanjutnya hasil siklus 2 tindakan 1 dengan nilai presentase 72,25% . Selanjutnya hasil siklus 2 tindakan 2 dengan nilai presentase 81,07% . Setelah melalui dua siklus rata-rata nilai-nilai kerjasama dalam permainan bola voli mengalami peningkatan yang signifikan. Kesimpulan penelitian ini adalah nilai-nilai kerjasama siswa melalaui permainan pembelajaran bola voli mengalami peningkatan.;---ABSTRACT The background of this research is to know that in learning vollyball game can develop the students cooperative values. The purpose of this research to develop cooperative values in learning vollyball game, and to know as far as how this application is played (In the fifith grades students of SDN Tilil 2 Bandung). This researh is using PTK method with two cycles on the vollyball games program. It also is using observation sheet instrument. The first observation result show that the cooperative values in the students learning still low, because the median of cooperative values in the students is 39,35 % percentage. It should be 75% percentage from all aspects.Next, the result from the first cycle and the first class action is 52,6% percentage. Then, the result from the first cycle and the second class action is 61,1% percentage. After that, the result from the second cycle and the first class action is 72,25% percentage. Last, the result from the second cycle and the second class action is 81,07% percentage. After, through 2 cycles the median of cooperative values in the vollyball game has significant progress. So the conclusion from this research is the cooperative values of students in learning vollyball game have significant progress,
Item Description:http://repository.upi.edu/26616/1/S_SDP_1204258_Title.pdf
http://repository.upi.edu/26616/2/S_SDP_1204258_Abstarct.pdf
http://repository.upi.edu/26616/3/S_SDP_1204258_Table_of_content.pdf
http://repository.upi.edu/26616/4/S_SDP_1204258_Chapter1.pdf
http://repository.upi.edu/26616/5/S_SDP_1204258_Chapter2.pdf
http://repository.upi.edu/26616/6/S_SDP_1204258_Chapter3.pdf
http://repository.upi.edu/26616/7/S_SDP_1204258_Chapter4.pdf
http://repository.upi.edu/26616/8/S_SDP_1204258_Chapter5.pdf
http://repository.upi.edu/26616/9/S_SDP_1204258_Bibliography.pdf
http://repository.upi.edu/26616/10/S_SDP_1204258_Appendix.pdf