PENGEMBANGAN MEDIA VIDEOBLOG BERBASIS KEARIFAN LOKAL SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN KOSAKATA UNTUK PEMBELAJAR BIPA TINGKAT MENENGAH

Penelitian ini berawal dari sebuah urgensi untuk mengonsepkan sebuah produk berupa media pembelajaran kosakata yang kreatif dan tepat guna bagi pembelajar BIPA tingkat madya awal. Hal tersebut disebabkan oleh salahsatu capaian masyarakat asing dalam mempelajari bahasa Indonesia adalah penguasaan bah...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: Amir, Zainal Saiful (Author)
Format: Academic Paper
Published: 2016-08-30.
Subjects:
Online Access:http://repository.upi.edu/26619/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
LEADER 04436 am a22002893u 4500
001 repoupi_26619
042 |a dc 
100 1 0 |a Amir, Zainal Saiful  |e author 
245 0 0 |a PENGEMBANGAN MEDIA VIDEOBLOG BERBASIS KEARIFAN LOKAL SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN KOSAKATA UNTUK PEMBELAJAR BIPA TINGKAT MENENGAH 
260 |c 2016-08-30. 
500 |a http://repository.upi.edu/26619/1/S_BSI_1200645_Title.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/26619/2/S_BSI_1200645_Abstract.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/26619/3/S_BSI_1200645_Table_of_content.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/26619/4/S_BSI_1200645_Chapter1.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/26619/5/S_BSI_1200645_Chapter2.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/26619/6/S_BSI_1200645_Chapter3.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/26619/7/S_BSI_1200645_Chapter4.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/26619/8/S_BSI_1200645_Chapter5.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/26619/9/S_BSI_1200645_Bibliograpy.pdf 
520 |a Penelitian ini berawal dari sebuah urgensi untuk mengonsepkan sebuah produk berupa media pembelajaran kosakata yang kreatif dan tepat guna bagi pembelajar BIPA tingkat madya awal. Hal tersebut disebabkan oleh salahsatu capaian masyarakat asing dalam mempelajari bahasa Indonesia adalah penguasaan bahasa secara fungsional. Oleh karena itu, pembelajaran kosakata perlu dilaksanakan secara terstruktur dengan menggunakan media yang kontekstual. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah sebagai berikut (1) bagaimana profil pembelajaran kosakata pembelajar BIPA tingkat menengah; (2) bagaimanakah desain produk media videoblog berbasis kearifan lokal sebagai media pembelajaran kosakata untuk pembelajar BIPA tingkat menengah; (3) bagaimanakah pengembangan dan implementasi media videoblog berbasis kearifan lokal sebagai media pembelajaran kosakata untuk pembelajar BIPA tingkat menengah; dan (4) bagaimanakah produk akhir media videoblog berbasis kearifan lokal sebagai media pembelajaran kosakata untuk pembelajar BIPA tingkat menengah. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah Research and Development (R&D) dengan desain Hannafin and Peck. Hasil penelitian menunjukkan; (1) hasil penimbangan ahli media pembelajaran mendapat skor rata-rata 3,505 (Efektif); (2) hasil penimbangan ahli pembelajaran BIPA mendapat skor rata-rata 3,93 (Efektif); (3) hasil uji coba lapangan mendapat skor rata-rata 4,24 (Sangat Efektif). Berdasarkan hasil dari serangkaian proses uji produk tersebut, media videoblog berbasis kearifan lokal yang dikembangkan dapat digunakan dalam pembelajaran kosakata untuk pembelajar BIPA tingkat menengah.---; This research begins from an urgency for conceptualizing a product like creative and effective vocabulary learning media for BIPA students in pre-intermediate level. That matter caused by one of the foreign inhabitant's vision in learning Bahasa Indonesia is mastering a language functionally. So by that, vocabulary learning needs to be implemented structurally with using contextual media. Major focus of this research is listed in the following questions (1) how is vocabulary learning profile for BIPA students in the intermediate level?; (2) how is product design of local wisdom-based videoblog as vocabulary learning media for BIPA students in the intermediate level?; (3) how is the development and implementation of local wisdom-based videoblog as vocabulary learning media for BIPA students in the intermediate level?; and (4) how is final product of local wisdom-based videoblog as vocabulary learning media for BIPA students in the intermediate level. Research method that used in this research is Research and Development (R&D) with Hannafin and Peck's design. The result of this research shows; (1) judgement result from learning media expert get score mean of 3,505 (Effective); (2) judgement result from BIPA learning expert get score mean of 3,93 (Effective); (3) field test result get score mean of 4.24 (Beyond Effective). Based on the result of these product tests, local wisdom-based videoblog that has been developed can be used in vocabulary learning for BIPA students in intermediate level. 
546 |a en 
690 |a L Education (General) 
655 7 |a Thesis  |2 local 
655 7 |a NonPeerReviewed  |2 local 
787 0 |n http://repository.upi.edu/26619/ 
787 0 |n http://repository.upi.edu 
856 4 1 |u http://repository.upi.edu/26619/