ANALISIS PENUNTUN PRAKTIKUM BERBENTUK KOMIK TERHADAP KINERJA SAINS SISWA SMA PADA PRAKTIKUM SISTEM SARAF KATAK

Penelitian ini mengungkap ketercapaian kinerja praktikum sistem saraf siswa SMA setelah menggunakan penuntun praktikum berbentuk komik. Tujuan penelitian ini yaitu untuk menganalisis ketercapaian kinerja praktikum siswa, tanggapan siswa terhadap penuntun praktikum berbentuk komik dan untuk mengemban...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: Fajar, A M (Author)
Format: Academic Paper
Published: 2016-10-26.
Subjects:
Online Access:http://repository.upi.edu/26623/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
Description
Summary:Penelitian ini mengungkap ketercapaian kinerja praktikum sistem saraf siswa SMA setelah menggunakan penuntun praktikum berbentuk komik. Tujuan penelitian ini yaitu untuk menganalisis ketercapaian kinerja praktikum siswa, tanggapan siswa terhadap penuntun praktikum berbentuk komik dan untuk mengembangkan prosedur praktikum berbentuk komik sebagai format alternatif penulisan dalam modul pembelajaran biologi. Adapun indicator ketercapaian kinerja siswa dinilai dari 30 aspek kinerja praktikum. Aspek-aspek tersebut terdiri dari kegiatan awal, kegiatan inti dan kegiatan penutup. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah rubrik kinerja, angket, dan format wawancara. Rubrik kinerja untuk menilai kinerja praktikum siswa, rubric ini diisi oleh observer yang mengawasi siswa ketika melakukan uji kinerja. Angket diisi oleh siswa untuk mengetahui tanggapan sebagai panduan untuk menggali infomasi lebih lengkap kepada observer mengenai kendala yang ditemukan ketika oenggunaan prosedur praktikum berbentuk komik di sekoalh. Subjek penelitian ini adalah satu kelas di salah satu sekolah menengah ke atas di kota Cimahi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar kinerja praktikum siswa termasuk kategori sangat baik. Siswa setuju terhadap penggunaan penuntun praktikum berbentuk komik dalam pembelajaran di sekolah. Adapun kendala yang dialami oleh siswa diantaranya berasal dari factor internal yaitu kendala yang berasal dari diri siswa sendiri dan faktor eksternal yaitu kendala yang berasal dari luar siswa diantaranya penuntun berbentuk komik.---; The research reveals the achievement of the performance lab frog nerv systems after using lab procedure comic form. The purpose of this study is analyzing the performance of practicum student achievement, student respons to lab procedures comics and develop practical procedures in the form of comics as an alternative format of writing in Biology learning modules. The indicator of achievement performance students 30 assessed practical aspects of performance. The practical aspects namely firs lab performance second lab performance, and las lab performace. The method of this research is descriptive. The instrument used in this study is the performance rubric. Questionnaire, and interview format. Performace rubric to assess the performance of students practicum, this column is filled oaut by observers who observ student when practical. Questionnaire filled out by student to determines student respon regarding the use of comics in the form of lab procedures. The format of the interview as a guide to dig more information to the subjects of the observer about the obstacles found when use comic lab procedures in schools. Subjects of this study is one of the eighth grade in senior high school of Cimahi comprising 38 students. The result showed that most of practicum student's performance is good. Student also agree to use the procedure in the form of comics for lerning lab at school. The constraints faced by the students of which comes from internal and external factors. Internal factors that constraint comes from the students themselves, such as: lazy to read the procedure and do not like comivs. While the external factores are factors that come from outside of student such as: procedure comic form.
Item Description:http://repository.upi.edu/26623/1/S_BIO_1204813_Title.pdf
http://repository.upi.edu/26623/2/S_BIO_1204813_Abstract.pdf
http://repository.upi.edu/26623/3/S_BIO_1204813_Table_of_content.pdf
http://repository.upi.edu/26623/4/S_BIO_1204813_Chapter1.pdf
http://repository.upi.edu/26623/5/S_BIO_1204813_Chapter2.pdf
http://repository.upi.edu/26623/6/S_BIO_1204813_Chapter3.pdf
http://repository.upi.edu/26623/7/S_BIO_1204813_Chapter4.pdf
http://repository.upi.edu/26623/8/S_BIO_1204813_Chapter5.pdf
http://repository.upi.edu/26623/9/S_BIO_1204813_Bibliography.pdf
http://repository.upi.edu/26623/10/S_BIO_1204813_Appendix.pdf