PENGGUNAAN METODE PEMBELAJARAN SOSIODRAMA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR POSITIF PESERTA DIDIK MELALUI PEMBELAJARAN PPKN : ptk di SMA Negeri 1 Kadugede

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh persepsi peserta didik yang negative terhadap kejadian social dalam kehidupan bermasyarakat. Pemikiran negatif ini memicu adanya sikap negative pula yang ditunjukkan oleh peserta didik yang berdampak pada hasil yang didapatkannya pada saat pembelajaran PPKn berla...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: Wulandini, Anisa Fitria (Author)
Format: Academic Paper
Published: 2016-07-28.
Subjects:
Online Access:http://repository.upi.edu/26624/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
Description
Summary:Penelitian ini dilatarbelakangi oleh persepsi peserta didik yang negative terhadap kejadian social dalam kehidupan bermasyarakat. Pemikiran negatif ini memicu adanya sikap negative pula yang ditunjukkan oleh peserta didik yang berdampak pada hasil yang didapatkannya pada saat pembelajaran PPKn berlangsung. Dengan demikian diperlukannya upaya untuk meningkatkan kemampuan berpikir positif peserta didik dengan menerapkan metode pembelajaran yang variatif agar peserta didik dapat termotivasi. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berpikir positif peserta didik melalui pembelajaran PPKn dengan menerapkan metode pembelajaran yang variatif berupa sosiodrma. Teknik pengumpulan data yang dilakukan oleh peneliti berupa wawancara, observasi dan kuisioner untuk mendapatkan hasil sejauh mana peningkatan kemampuan berpikir peserta didik setelah diterapkannya metode pembelajaran sosiodrama. Hasil yang dicapai dari penelitian ini setelah diterapkannya metode pembelajaran sosiodrama yaitu peran dan sikap peserta didik yang baik yang mencerminkan warga Negara yang baik serta sikap yang mencerminkan perilaku positif ketika pembelajaran berlangsung.---; This research was done based on student's negative perception on social phenomenon in society. This negative thinking triggered much negative behavior showed by students, which is affecting on the result when Civic class take place. From the reason above, the effort of enhancing student positive thinking ability has to be done by applying variative methods so the students will be motivated. This research aims enhanced student positive thinking ability through Civic study by applying variative learning method, in this case is sociodrama. The researcher collected the data by interview, observation, and questionnaire to provide the result of sociodrama learning method applied to enhancement of student thinking ability. The result of this research after sociodrama learning method is being applied, is good act and behavior, which is reflected a good citizen and good act which is reflected positive behavior when the class is being held.
Item Description:http://repository.upi.edu/26624/1/S_PKN_1205783_Title.pdf
http://repository.upi.edu/26624/2/S_PKN_1205783_Abstract.pdf
http://repository.upi.edu/26624/3/S_PKN_1205783_Table_of_content.pdf
http://repository.upi.edu/26624/4/S_PKN_1205783_Chapter1.pdf
http://repository.upi.edu/26624/5/S_PKN_1205783_Chapter2.pdf
http://repository.upi.edu/26624/6/S_PKN_1205783_Chapter3.pdf
http://repository.upi.edu/26624/7/S_PKN_1205783_Chapter4.pdf
http://repository.upi.edu/26624/8/S_PKN_1205783_Chapter5.pdf
http://repository.upi.edu/26624/9/S_PKN_1205783_Bibliography.pdf
http://repository.upi.edu/26624/10/S_PKN_1205783_Appendix.pdf