PENGARUH DISKUSI EKSPLISIT REFLEKTIF SETELAH PRAKTIKUM BERBASIS GUIDED-INQUIRY TERHADAP PANDANGAN SISWA TENTANG INKUIRI ILMIAH

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh diskusi eksplisit reflektif setelah praktikum berbasis guided-inquiry terhadap pandangan siswa tentang inkuiriilmiah. Aspek inkuiriilmiah yang menjadi fokus dalam penelitian ini adalah (1) penyelidikan ilmiah dapat dilakukanmelalui metode yang berbe...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: Nursaadah, Salma (Author)
Format: Academic Paper
Published: 2016-10-28.
Subjects:
Online Access:http://repository.upi.edu/26648/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
LEADER 05409 am a22003133u 4500
001 repoupi_26648
042 |a dc 
100 1 0 |a Nursaadah, Salma  |e author 
245 0 0 |a PENGARUH DISKUSI EKSPLISIT REFLEKTIF SETELAH PRAKTIKUM BERBASIS GUIDED-INQUIRY TERHADAP PANDANGAN SISWA TENTANG INKUIRI ILMIAH 
260 |c 2016-10-28. 
500 |a http://repository.upi.edu/26648/1/S_BIO_1203505_Title.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/26648/2/S_BIO_1203505_Abstract.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/26648/3/S_BIO_1203505_Table_of_content.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/26648/4/S_BIO_1203505_Chapter1.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/26648/5/S_BIO_1203505_Chapter2.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/26648/6/S_BIO_1203505_Chapter3.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/26648/8/S_BIO_1203505_Chapter4.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/26648/7/S_BIO_1203505_Chapter5.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/26648/9/S_BIO_1203505_Bibliography.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/26648/10/S_BIO_1203505_Appendix.pdf 
520 |a Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh diskusi eksplisit reflektif setelah praktikum berbasis guided-inquiry terhadap pandangan siswa tentang inkuiriilmiah. Aspek inkuiriilmiah yang menjadi fokus dalam penelitian ini adalah (1) penyelidikan ilmiah dapat dilakukanmelalui metode yang berbeda, (2) sebuah penyelidikan ilmiah harus dimulai dengan pertanyaan, (3) semua ilmuwan yang melakukan prosedur yang sama belum tentu mendapatkan hasil yang sama, (4) prosedur penelitian dapat mempengaruhi hasil, (5) data ilmiah tidak sama dengan bukti ilmiah, (6) pertanyaan mengarahkan proses, (7) kesimpulan harus berdasarkan pada pengolahan data, dan (8) kesimpulan harus berdasarkan pada data dan sesuai dengan pengetahuan sebelumnya.Metode penelitian yang digunakan adalah quasy experimental. Penelitian ini melibatkan seorang guru dan 60 siswa SMA kelas XI IPA. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah pretest posttest design dan fokus kepada pengumpulan data kualitatif. Kelas eksperimen dan kelas kontrol diberi kuesioner (adaptasi VASI, Lederman dkk., 2014) untuk pretest dan posttest, dan akan mendapatkan aktivitaspraktikum yang berbedayaitu praktikum berbasis guided-inquirydanpraktikumberbasisverifikatif. Kelas eksperimen melakukan diskusi dengan merefleksikan setiap kegiatan yang telah dilakukannya pada saat praktikum berbasis guided-inquiry dengan mengaitkan aspek-aspek inkuiriilmiah, kelas kontrol hanya melakukan diskusi mengenai konten dari praktikum yang telah dilakukannya, seperti cara kerja, hasil, dan kesimpulan. Hasil analisis menunjukkan terdapat perubahan pandangan siswa tentang inkuiriilmiah pada kelas eksperimen dan kelas kontrol, sehingga dapat diartikan bahwa kegiatanpraktikum dapat meningkatkan pandangan siswa tentang inkuiriilmiah. Kelas eksperimen menunjukkan peningkatan pandangan yang lebih baik dibandingkan dengan kelas kontrol. Disimpulkanbahwadiskusi eksplisit reflektif setelah praktikum berbasis guided-inquiry dapat lebih meningkatkan pandangan siswa tentang inkuiriilmiah. ;--- The objective of this study was determine the effect of reflective explicit discussion after the guided-inquiry-based laboratory to students' views about scientific inquiry. Aspects of inquiry science is the focus in this study were (1) scientific investigation all begin with a question and do not necessarily test a hypothesis, (2) there is no single set or sequence of steps followed in all investigation, (3) inquiry procedures are guided by the question asked (4)all scientists permorming the same procedures may not get the same result, (5) inquiry procedures can influence result, (6) research conclusions must be consistent with the data collected,(7) scientific data are not the same as scientific evidence, and (8) explanations are developed from a combinations of collected data and what is already known. The method used was quasy-experimental. The study involved a senior high school teacher and 60 students of grade XI. The design used in this study is pretest posttest design and focus on qualitative data collection. Experimental class and control class were given a questionnaire (adaptation VASI, Lederman et al, 2014) for the pretest and posttest, and will get a different lab activities are guided-inquiry-based lab and verification-based lab. Furthermore, experimental class discussion by reflecting any activities during the practicum-based guided-inquiry by linking aspects of scientific inquiry, whereas the control group only did discussion about the content of the lab that has been done, such as how to work, results, and conclusion. The analysis showed the change in view about scientific inquiry in the experimental class, so it can be interpreted that the lab activities can improve student views about scientific inquiry. Class experiment showed increased a better view than the control class. The conclusion that can be drawn is explicit discussion reflective after lab-based guided-inquiry can further enhance the students' views about scientific inquiry. 
546 |a en 
690 |a L Education (General) 
690 |a Q Science (General) 
655 7 |a Thesis  |2 local 
655 7 |a NonPeerReviewed  |2 local 
787 0 |n http://repository.upi.edu/26648/ 
787 0 |n http://repository.upi.edu 
856 4 1 |u http://repository.upi.edu/26648/