PENERAPAN MODIFIKASI PEMBELAJARAN PERMAINAN BOLA VOLI TERHADAP PENINGKATAN BERMAIN DAN PENGEMBANGAN KOGNITIF SISWA

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang pada dasarnya memiliki masalah dalam keterampilan bermain dasar bola voli dan pengetahuan kognitif siswa yang kurang mengenai permainan bola voli. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh yang berbeda dari penerapan mo...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: Yusup, Asep Agus (Author)
Format: Academic Paper
Published: 2016-10-26.
Subjects:
Online Access:http://repository.upi.edu/26657/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
LEADER 04209 am a22003133u 4500
001 repoupi_26657
042 |a dc 
100 1 0 |a Yusup, Asep Agus  |e author 
245 0 0 |a PENERAPAN MODIFIKASI PEMBELAJARAN PERMAINAN BOLA VOLI TERHADAP PENINGKATAN BERMAIN DAN PENGEMBANGAN KOGNITIF SISWA 
260 |c 2016-10-26. 
500 |a http://repository.upi.edu/26657/1/S_JKR_1101910_Title.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/26657/2/S_JKR_1101910_Abstract.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/26657/3/S_JKR_1101910_Table_of_content.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/26657/4/S_JKR_1101910_Chapter1.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/26657/5/S_JKR_1101910_Chapter2.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/26657/6/S_JKR_1101910_Chapter3.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/26657/7/S_JKR_1101910_Chapter4.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/26657/8/S_JKR_1101910_Chapter5.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/26657/9/S_JKR_1101910_Bibliography.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/26657/10/S_JKR_1101910_Appendix.pdf 
520 |a Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang pada dasarnya memiliki masalah dalam keterampilan bermain dasar bola voli dan pengetahuan kognitif siswa yang kurang mengenai permainan bola voli. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh yang berbeda dari penerapan modifikasi pembelajaran terhadap peningkatan keterampilan bermain dan pengembangan kognitif siswa. Sampel pada penelitian ini menggunakan siswa kelas VII-A di SMPN 1 Subang sebanyak 35 peserta didik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah tindakan kelas. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan penilaian observasi kerja siswa. Pelaksanaan pemberian perlakuan dilaksanakan di sekolah tersebut. Adapun hasil yang diperoleh dari penerapan modifikasi pembelajaran mendapatkan hasil yang signifikan dalam meningkatkan keterampilan bermain dan koginitif siswa dalam pembelajaran permainan bola voli melalui modifikasi permainan bola voli. Setelah mendapatkan perlakuan dalam 2 siklus dengan modifikasi permainan bola voli, peneliti menemukan peningkatan yang signifikan dari keterampilan bermain dasar dan pengetahuan siswa tersebut. Pada siklus 1 tindakan 1 adalah 30.17%, siklus 1 tindakan 2 adalah 46.17%, siklus 2 tindakan 1 adalah 61.37%, dan siklus 2 tindakan 2 adalah 77.03%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran permainan bola voli pada siswa kelas VII-A SMPN 1 Subang telah meningkat dari 25.03% menjadi 77.03%.;---This research is from class basically have problem in playing basic volleyball skills and cognitive knowledge of students who less about the game of volleyball. This study aims to determine whether there is a different effect of the application of modification and learning to increased playing skills and cognitive of students. Samples in this study using a class VII-A in SMPN 1 Subang as 35 students. The method used in this study is action research. The instrument used in this study using observational assessment of students' work. Implementation of the grant of preferential treatment is implemented in the school. As for the result obtained from the application of a modification of learning get the result that significant in improved the skills of play and cognitive students in learning the game of volleyball through a modification the game of volleyball. After getting treatment in cycle 2 with a modified game of volleyball, researchers found a significant increase of the basic playing skills and knowledge of the student. In cycle 1 action 1 is 30.17%, cycle 1 action 2 was 46.17%, cycle 2 action 1 is 61.37%, and the second cycle of action 2 was 77.03%. Based on the results of this study concluded that the application of learning the game of volleyball in class VII A SMPN 1 Subang has increased from 25.03% to 77.03%. 
546 |a en 
690 |a L Education (General) 
690 |a LB Theory and practice of education 
655 7 |a Thesis  |2 local 
655 7 |a NonPeerReviewed  |2 local 
787 0 |n http://repository.upi.edu/26657/ 
787 0 |n http://repository.upi.edu 
856 4 1 |u http://repository.upi.edu/26657/