PERBANDINGAN PEMANASAN DENGAN PERMAINAN TANPA ALAT DAN PERMAINAN DENGAN ALAT TERHADAP PARTISIPASI BELAJAR DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbandingan pengaruh dari pemanasan dengan permainan yang tidak menggunakan alat dan permainan yang menggunakan alat terhadap partisipasi belajar siswa dalam proses pembelajaran pendidikan jasmani. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metod...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: Setiawan, Lili (Author)
Format: Academic Paper
Published: 2015-10-28.
Subjects:
Online Access:http://repository.upi.edu/26728/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
LEADER 04993 am a22003253u 4500
001 repoupi_26728
042 |a dc 
100 1 0 |a Setiawan, Lili  |e author 
245 0 0 |a PERBANDINGAN PEMANASAN DENGAN PERMAINAN TANPA ALAT DAN PERMAINAN DENGAN ALAT TERHADAP PARTISIPASI BELAJAR DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI 
260 |c 2015-10-28. 
500 |a http://repository.upi.edu/26728/1/S_PJKR_1206019_Title.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/26728/2/S_PJKR_1206019_Abstract.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/26728/3/S_PJKR_1206019_Table_of_content.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/26728/4/S_PJKR_1206019_Chapter1.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/26728/5/S_PJKR_1206019_Chapter2.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/26728/6/S_PJKR_1206019_Chapter3.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/26728/7/S_PJKR_1206019_Chapter4.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/26728/8/S_PJKR_1206019_Chapter5.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/26728/9/S_PJKR_1206019_Bibliography.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/26728/10/S_PJKR_1206019_Appendix1.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/26728/11/S_PJKR_1206019_Appendix2.pdf 
520 |a Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbandingan pengaruh dari pemanasan dengan permainan yang tidak menggunakan alat dan permainan yang menggunakan alat terhadap partisipasi belajar siswa dalam proses pembelajaran pendidikan jasmani. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen. Desain dalam penelitian ini menggunakan Nonequivalent control group desain yaitu desain penelitian yang mencari perbedaan antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol dan sampel dipilih tidak secara random. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa dan siswi kelas XI di SMK PGRI 2 Cimahi yang berjumlah 223 siswa. Sampel dalam penelitian ini 26.9% dari Kelas XI yaitu sejumlah 60 siswa yang terdiri dari 30 siswa Akuntansi 1 dan 30 siswa Akuntansi 2. Berdasarkan hasil penghitungan statistik dengan menggunakan aplikasi excel permainan menggunakan alat didapat thitung 3.95 > ttabel 1.69, sedangkan permainan yang tidak menggunakan alat didapat thitung 3.21 > ttabel 1.69 artinya thitung lebih besar dari ttabel. Maka dapat disimpulkan penelitian pemanasan permainan yang menggunakan alat dan pemanasan permainan yang tidak menggunakan alat berpengaruh signifikan terhadap partisipasi belajar siswa. Namun jika dibandingkan, pemanasan permainan dengan alat dari hasil peningkatan nilai rata-rata 13.6 dengan simpangan baku 18.7, sedangkan pemanasan permainan tanpa alat dengan nilai rata-rata 7.4 dengan simpangan baku 12.5. Setelah dianalisis dengan menggunakan uji t dua kelompok didapat thitung 1.49 < ttabel 1.67, artinya terdapat perbedaan pengaruh yang tidak signifikan antara pemanasan permainan dengan mengunakan alat dan pemanasan permainan yang tidak menggunakan alat terhadap partisipasi belajar siswa dalam pembelajaran pendidikan jasmani.;---The purpose of this study was to compare the effect of warming up through games without tools and games by using tools towards learning participation in physical education learning. The method used in this research was the experimental method. Nonequivalent control group design which was looking at differences between the experimental group and the control group was used in this research, and the sample was not selected randomly. The instrument used in this study was questionnaires. The population in this study were male and female students of the 9th grade from SMK PGRI 2, which in total was 223 students. 26.9% of the 9th grade students which meant 60 students, consisted of 30 students of Accounting 1 and 30 students of Accounting 2 were the samples of this study. Based on the statistical calculation using excel program, the games by using tools gained tcount 3.95> ttable 1.69, while games without tools obtained tcount 3:21> ttable 1.69; this meant tcount was greater than ttable. Thus, it can be concluded that the warming up through games without tools and games by using tools significantly influence students' learning participation. However, when compared, the warming up through games by using tools had increased the average value to 13.6 with a standard deviation of 18.7, while the game without any tools had an average value of 7.4 with a standard deviation of 12.5. Based on the analysis of t-test, the two groups obtained tcount 1:49 <ttable 1.67; this means that there are no significant differences in effect between warming up through games without tools and games by using tools towards learning participation in physical education learning. 
546 |a en 
690 |a L Education (General) 
690 |a SK Hunting sports 
655 7 |a Thesis  |2 local 
655 7 |a NonPeerReviewed  |2 local 
787 0 |n http://repository.upi.edu/26728/ 
787 0 |n http://repository.upi.edu 
856 4 1 |u http://repository.upi.edu/26728/