PERAN NILAI BUDAYA SUNDA DALAM POLA ASUH ORANG TUA BAGI PEMBENTUKAN KARAKTER SOSIAL ANAK

Tidak dapat dipungkiri saat ini budaya sunda tengah dilanda pergeseran akibat perkembangan globalisasi. Banyak dari nilai-nilai kesuandaan yang mengalami pergeseran atau bahkan melemah. Orang tua memberikan pola asuh degan nilai kesundaan, maka karakter yang dimiliki oleh anak akan baik pula dan aka...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: Madjid, Muhamad Aqros Syaiful Ridho Val (Author)
Format: Academic Paper
Published: 2016-10-28.
Subjects:
Online Access:http://repository.upi.edu/26827/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
Description
Summary:Tidak dapat dipungkiri saat ini budaya sunda tengah dilanda pergeseran akibat perkembangan globalisasi. Banyak dari nilai-nilai kesuandaan yang mengalami pergeseran atau bahkan melemah. Orang tua memberikan pola asuh degan nilai kesundaan, maka karakter yang dimiliki oleh anak akan baik pula dan akan berpengaruh kepada perilaku sosial anak tersebut. Ekadjati menungkapkan bahwa Budaya Sunda merupakan budaya yang hidup, tumbuh dan berkembang dikalangan orang sunda yang pada umumnya berdomisili di Jawa Barat. Sedangkan pola asuh itu sendiri seperti yang diungkapan oleh, Thoha menyatakan bahwa pola asuh orang tua adalah merupakan suatu cara terbaik yang ditempuh orang tua dalam mendidik anak sebagai perwujudan dari rasa tanggung jawab kepada anak. Selain Budaya Sunda dan Pola Asuh adapun pembentukan karakter yang harus dilakukan oleh orang tua kepada anak pendidikan karakter merupakan pendidikan yang tidak saja membimbing, dan membina setiap anak didik untuk memiliki kompetensi intelektual, kompetensi keterampilan mekanik, tetapi juga harus terfokus kepada pencapaian pembangunan dan perkembangan karakter. Penelitian ini dilakukan di Desa Suntenjaya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan menggunakan metode deskriptif. Sedangkan yang menjadi subjek penelitian adalah keluarga sunda yang ada di Desa Suntenjaya. Penelitian yang penulis peroleh yaitu : Pertama, bahwa tingkat pengetahuan orang tua dalam memberikan pengetahuan budaya sunda agar budaya sunda menjadi pedoman hidup. Kedua, orang tua mengharapkan agar anak-anaknya bisa menerapkan nilai-nilai budaya sunda yang sudah diberikan sejak usia dini dan diaplikasikan di kehidupan bermasyarakat. Ketiga, orang tua mengharapkan dalam mengembangkan anak-anaknya agar memilik karakter-karakter kesundaan. Dalam hal ini, apa yang sudah dilakukan oleh orang tua sudah berhasil.;---It is undeniable that at this point Sundanese culture was being shifted due to the development of globalization. Many sundanese values are displaced or even weakened. Parents provide upbringing with sundanese value so that children will have decent characters and will have affected the social behavior in them. Ekadjati stated that Sundanese culture is a culture which lives, grows and develops within Sundanese people who generally live in West Java. According to Thoha, parenting itself is a great way adopted by parents in teaching their child which is seen as an act of taking responsibility upon the children. Besides Sundanese culture and Parenting, the character building which has been done by parents to the favor of their children is not only to guide and foster the intellectual competence and mechanical skills of each child but also focused in achieving the character growth and development. This study was conducted in Suntenjaya village. Qualitative approach with descriptve method was used in this study. While the subject was Sundanese family who currently living in Suntenjaya Village. The findings which have been encountered were : First, the level of parents awareness on giving sundanese knowledge so that sundanese culture will become the life guidelines. Second, parents expected their children to implement the values of sundanese which has been given since childhood and apply them in social life. Third, in educating their children parents expected them to have the characteristics of Sundanese. In this case, what parents did has been succeeded.
Item Description:http://repository.upi.edu/26827/1/S_IPS_1206066_Title.pdf
http://repository.upi.edu/26827/2/S_IPS_1206066_Abstract.pdf
http://repository.upi.edu/26827/3/S_IPS_1206066_Table_of_content.pdf
http://repository.upi.edu/26827/4/S_IPS_1206066_Chapter1.pdf
http://repository.upi.edu/26827/5/S_IPS_1206066_Chapter2.pdf
http://repository.upi.edu/26827/6/S_IPS_1206066_Chapter3.pdf
http://repository.upi.edu/26827/7/S_IPS_1206066_Chapter4.pdf
http://repository.upi.edu/26827/8/S_IPS_1206066_Chapter5.pdf
http://repository.upi.edu/26827/9/S_IPS_1206066_Bibliography.pdf