PENGEMBANGAN KECERDASAN MORAL PESERTA DIDIK MELALUI PROGRAM KANTIN KEJUJURAN DALAM KONTEKS PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh minimnya sarana bagi peserta didik untuk melakukan moral action sebagai bagian atau output dari pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan dalam rangka pengembangan kecerdasan moral mereka khususnya di sekolah. Penelitian ini bertujuan mendapatkan informasi tentang...

Ful tanımlama

Kaydedildi:
Detaylı Bibliyografya
Yazar: Murron, Faisal Sadam (Yazar)
Materyal Türü: Academic Paper
Baskı/Yayın Bilgisi: 2016-08-26.
Konular:
Online Erişim:http://repository.upi.edu/26865/
Etiketler: Etiketle
Etiket eklenmemiş, İlk siz ekleyin!
LEADER 06032 am a22003373u 4500
001 repoupi_26865
042 |a dc 
100 1 0 |a Murron, Faisal Sadam  |e author 
245 0 0 |a PENGEMBANGAN KECERDASAN MORAL PESERTA DIDIK MELALUI PROGRAM KANTIN KEJUJURAN DALAM KONTEKS PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN 
260 |c 2016-08-26. 
500 |a http://repository.upi.edu/26865/1/T_PKN_1402071_Title.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/26865/2/T_PKN_1402071_Abstract.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/26865/3/T_PKN_1402071_Table_of_Content.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/26865/4/T_PKN_1402071_Chapter%201.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/26865/5/T_PKN_1402071_Chapter%202.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/26865/6/T_PKN_1402071_Chapter%203.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/26865/7/T_PKN_1402071_Chapter%204.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/26865/8/T_PKN_1402071_Chapter%205.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/26865/9/T_PKN_1402071_Bibliography.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/26865/10/T_PKN_1402071_Appendix%201.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/26865/11/T_PKN_1402071_Appendix%202.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/26865/12/T_PKN_1402071_Appendix%203.pdf 
520 |a Penelitian ini dilatarbelakangi oleh minimnya sarana bagi peserta didik untuk melakukan moral action sebagai bagian atau output dari pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan dalam rangka pengembangan kecerdasan moral mereka khususnya di sekolah. Penelitian ini bertujuan mendapatkan informasi tentang pengembangan kecerdasan moral peserta didik melalui program kantin kejujuran dalam konteks Pendidikan Kewarganegaraan yang meliputi perencanaan, pelaksanaan, kelebihan serta kekurangan program kantin kejujuran, ketercapaian kecerdasan moral peserta didik hingga upaya keberlanjutannya. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi kualitatif dengan metode studi kasus. Proses pengumpulan data dilakukan dengan tiga cara yaitu observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Lokasi penelitian yang dijadikan studi kasus adalah SMAN 8 Bandung. Pihak-pihak yang menjadi subjek penelitian adalah guru PKn, Kepala Sekolah dan Siswa. Berdasarkan Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa 1) Peningkatan kecerdasan moral peserta didik tercapai optimal melalui perencanaan kerjasama dengan stakeholder dari unsur pemerintah (KPK) yang mengintegrasikan program kantin kejujuran dengan konsep widyatama sekolah; 2) Moral action peserta didik akan efektif dikembangkan dengan menggunakan media kantin kejujuran dalam konteks PKn yang melibatkan peserta didik di sekolah.; 3)Kelebihan Program kantin kejujuran dalam mendukung pengembangan kecerdasan moral peserta didik diantaranya sebagai laboratorium PKn bagi peserta didik di sekolah sehingga mereka mampu mengaplikasikan materi PKn yang mereka dapat di dalam kelas namun sayangnya tidak semua pihak sekolah mampu memahami peran kantin kejujuran itu sendiri ; 4) Melalui kantin kejujuran ini indikator-indikator kecerdasan moral seperti empati, hati nurani kotrol diri, rasa hormat, kebaikan hati, toleransi dan keadilan menunjukkan perkembangan yang positif karena peserta didik difasilitasi untuk bertanggung jawab atas tindakan yang mereka lakukan (moral action) tanpa diawasi siapapun ; 5) Dalam mempertahankan suatu program yang sudah bagus, dibutuhkan sosialisasi baik kepada internal maupun eksternal sekolah dengan mengikuti berbagai event untuk menjaga eksistensi program kantin kejujuran ini sehingga kecerdasan moral peserta didik dapat terus berkembang.;---- This research is motivated by the lack of facilities for students to do moral action as part or the output of learning Citizenship Education in order to develop their moral intelligence, especially in schools. This study aimed to get information about the development of moral intelligence of learners through honesty canteen program in the context of civic education that includes planning, implementation, advantages and disadvantages of honesty canteen program, the achievement of moral intelligence of learners up its sustainability efforts. The approach used in this study is a qualitative study with the case study method. The process of data collection is done in three ways: observation, interviews and documentation study. Location of the study were used as a case study is SMAN 8 Bandung. The parties are the subject of research is the Civics teachers, principals and students. Based on the results of this study concluded that 1) Increasing the moral intelligence of learners achieved through planning optimal collaboration with stakeholders from government elements that integrate with the concept of honesty canteen program Widyatama school; 2) Moral action will be effective learners developed using honesty canteen media in the context of Civics that engage learners in schools .; 3) Excess honesty canteen program in supporting the development of moral intelligence of learners such as civics laboratory for students in school so that they are able to apply the material Civics that they can be in the classroom, but unfortunately not all the schools are able to understand the role of honesty canteen itself; 4) Through honesty canteen These indicators moral intelligence such as empathy, conscience kotrol self, respect, kindness, tolerance and justice showed a positive development as learners are facilitated to take responsibility for their actions (moral action) unsupervised anyone; 5) In keeping with a program that is good, socialization is needed both to internal and external school by attending various events to keep the existence of this honesty canteen program that moral intelligence that learners can continue to grow. 
546 |a en 
690 |a BJ Ethics 
690 |a HT Communities. Classes. Races 
655 7 |a Thesis  |2 local 
655 7 |a NonPeerReviewed  |2 local 
787 0 |n http://repository.upi.edu/26865/ 
787 0 |n http://repository.upi.edu 
856 4 1 |u http://repository.upi.edu/26865/