UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS SISWA SMA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE 7E

Kemampuan koneksi matematis memiliki peran penting dalam keberhasilan siswa menguasai materi matematika. Namun kenyataannya kemampuan tersebut masih belum memadai sehingga diperlukan suatu model pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk; (1) mengetahui apakah...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: Shafa N, Raden Ghaida (Author)
Format: Academic Paper
Published: 2016-10-26.
Subjects:
Online Access:http://repository.upi.edu/26879/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
Description
Summary:Kemampuan koneksi matematis memiliki peran penting dalam keberhasilan siswa menguasai materi matematika. Namun kenyataannya kemampuan tersebut masih belum memadai sehingga diperlukan suatu model pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk; (1) mengetahui apakah model pembelajaran Learning Cycle 7e dapat meningkatkan kemampuan koneksi matematis siswa; (2) mengetahui bagaimanakah peningkatan kemampuan koneksi matematis siswa setelah memperoleh pembelajaran matematika dengan menggunakan model pembelajaran Learning Cycle 7e dibandingkan dengan siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional; dan (3) mengetahui bagaimana sikap siswa terhadap model pembelajaran Learning Cycle 7e. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuasi eksperimen dengan desain penelitian kelompok kontrol nonekuivalen. Data dalam penelitian ini terdiri atas data kuantitaif dan data kualitatif. Data kuantitatif diperoleh dari kemampuan koneksi matematis siswa sebelum dan sesudah pelaksanaan pembelajaran sementara data kualitatif diperoleh dari hasil analisis terhadap angket siswa dan lembar observasi. Hasil dari penelitian yang dilakukan menunjukan bahwa, (1) model pembelajaran Learning Cycle 7e dapat meningkatkan kemampuan koneksi matematis siswa SMA, (2) peningkatan kemampuan koneksi matematis siswa dengan model pembelajaran Learning Cycle 7e lebih baik dari pada siswa yang mempeloreh pembelajaran konvensional, (3) sebagian besar siswa memberikan sikap positif terhadap model pembelajaran Learning Cycle 7e.;---Mathematical connection ability has important role in the success of students mathematics course. In fact, the mathematical connection ability of senior high school students is not quite good, thus a learning models is needed to improve mathematical connection ability. The purposes of the research are; (1) find out if Learning Cycle 7e Model could improving students mathematical connection ability; (2) determine whether the improvement of mathematical connection ability of student who obtain Learning Cycle 7e Model compare than student who obtain the conventional learning; (3) and find out how students attitude toward Learning Cycle 7e Model. The method applied in this research was a quasi-experimental design by using non-equivalent control group design. Result for this research are quantitative data and qualitative data. Quantitative data obtained from mathematical connection ability of student before and after the implementation of learning while qualitative data obtained from analysis of data from student questionnaires and observation sheets. The result of this research are: (1) Learning Cycle 7e Model could increasing mathematical connection ability, (2) increased mathematical connection ability student who obtain Learning Cycle 7e better than student who obtain the conventional learning, (3) and most students give positive attitude toward Learning Cycle 7e.
Item Description:http://repository.upi.edu/26879/1/S_MAT_1204279_Title.pdf
http://repository.upi.edu/26879/2/S_MAT_1204279_Abstract.pdf
http://repository.upi.edu/26879/3/S_MAT_1204279_Table_of_content.pdf
http://repository.upi.edu/26879/4/S_MAT_1204279_Chapter1.pdf
http://repository.upi.edu/26879/5/S_MAT_1204279_Chapter2.pdf
http://repository.upi.edu/26879/6/S_MAT_1204279_Chapter3.pdf
http://repository.upi.edu/26879/7/S_MAT_1204279_Chapter4.pdf
http://repository.upi.edu/26879/8/S_MAT_1204279_Chapter5.pdf
http://repository.upi.edu/26879/9/S_MAT_1204279_Bibiliography.pdf
http://repository.upi.edu/26879/10/S_MAT_1204279_Appendix.pdf