PENERAPAN STRATEGI METAKOGNISI PADA COOPERATIVE LEARNING UNTUK MENGETAHUI PROFIL METAKOGNISI DAN PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATERI FLUIDA DINAMIS

Kemampuan metakognisi siswa perlu dikembangkan dan dilatih. Kemampuan metakognisi pun tercantum pada kurikulum 2013 di dalam KI 3. Berdasarkan hasil studi pendahuluan pada salah satu SMA di Kota Bandung diperoleh bahwa kemampuan metakognisi siswa masih rendah. Adapun penelitian yang dilakukan penuli...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: Apryandi, Feri (Author)
Format: Academic Paper
Published: 2016-10-28.
Subjects:
Online Access:http://repository.upi.edu/2695/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
Description
Summary:Kemampuan metakognisi siswa perlu dikembangkan dan dilatih. Kemampuan metakognisi pun tercantum pada kurikulum 2013 di dalam KI 3. Berdasarkan hasil studi pendahuluan pada salah satu SMA di Kota Bandung diperoleh bahwa kemampuan metakognisi siswa masih rendah. Adapun penelitian yang dilakukan penulis ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan strategi metakognisi pada cooperative learning untuk mengetahui profil metakognisi dan peningkatan prestasi belajar siswa pada materi fluida dinamis. Pada penelitian ini, metode yang digunakan adalah Quasy Experimental (eksperimen Semu) dengan desain pretest-posttest control group. Penelitian dilakukan sebanyak tiga kali pertemuan, sebelum dilakukan penelitian dilakukan pretest dengan instrumen three-tier test, kemudian setelah penelitian dilakukan posttest dengan instrumen yang sama. Data yang diperoleh pada penelitian ini berupa profil metakognisi yang disajikan di dalam skripsi ini, lalu hasil LKS Metakognisi/Jurnal Pemikiran Siswa, kuisioner metakognisi pengetahuan, kuisioner metakognisi kesadaran, dan kuisioner metakognisi kontrol. Hasilnya terjadi peningkatan prestasi belajar siswa setelah diterapkan strategi metakognisi pada cooperative learning. Peningkatan prestasi belajar siswa diketahui dari nilai N-gain. Hasilnya yaitu pada kelas eksperimen diperoleh nilai N-gain 0,45 dengan kriteria sedang, dan pada kelas kontrol diperoleh nilai N-Gain 0,3 dengan kriteria rendah. Hasil kelas eksperimen lebih baik daripada kelas kontrol, menunjukkan bahwa strategi metakognisi dapat digunakan untuk mengetahui profil metakognisi siswa serta dampak positifnya terjadi peningkatan prestasi belajar yang lebih baik.;--- Students metacognition ability need to be developed and trained. The ability of metacognition was listed on the curriculum 2013 at the KI 3. Based on the results of preface studies on one high school in Bandung showed that students' metacognition ability is still low. The research conducted by this author, the purpose is to know how the implementation of metacognitive strategies in cooperative learning to know the profile of metacognition and raising learning achievement student in the fluid dynamic topics. In this research, the method used is quasy Experimental and design with pretest-posttest control group. The study was conducted in three meetings, before research conducted pretest with three-tier test instrument, then after a research conducted posttest with the same instrument. The data obtained in this research of metacognition profiles presented in this minithesis, and the results of LKS Metacognition / Journal of thinking, knowledge metacognition questionnaire, awareness metacognition questionnaire, and control metacognition questionnaire. The result is an increase in student achievement after implementation of metacognitive strategies in cooperative learning. Raising student achievement is known of the value of N-gain. The result is the experimental class values obtained N-gain is 0,45 with the medium category, and the control class values obtained N-Gain is 0,3 with the low category. The results of experiment class is better than the control class, showed that metacognitive strategies use to know the ability of metacognition and the positive impact is increase learning achievement better.
Item Description:http://repository.upi.edu/26905/1/S_FIS_1203085_Title.pdf
http://repository.upi.edu/26905/2/S_FIS_1203085_Abstract.pdf
http://repository.upi.edu/26905/3/S_FIS_1203085_Table_of_content.pdf
http://repository.upi.edu/26905/4/S_FIS_1203085_Chapter1.pdf
http://repository.upi.edu/26905/5/S_FIS_1203085_Chapter2.pdf
http://repository.upi.edu/26905/6/S_FIS_1203085_Chapter3.pdf
http://repository.upi.edu/26905/7/S_FIS_1203085_Chapter4.pdf
http://repository.upi.edu/26905/8/S_FIS_1203085_Chapter5.pdf
http://repository.upi.edu/26905/9/S_FIS_1203085_Bibliography.pdf
http://repository.upi.edu/26905/10/S_FIS_1203085_Appendix.pdf