PENGARUH MULTIMEDIA INTERAKTIF TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI

Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya pemahaman konsep siswa pada mata pelajaran ekonomi di kelas X IIS SMA Negeri 10 Bandung. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan peningkatan pemahaman konsep siswa kelas yang tanpa menggunakan multimedia interaktif dengan pemaha...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: Arini, Khosyati Ismatu (Author)
Format: Academic Paper
Published: 2016-08-31.
Subjects:
Online Access:http://repository.upi.edu/26919/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
Description
Summary:Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya pemahaman konsep siswa pada mata pelajaran ekonomi di kelas X IIS SMA Negeri 10 Bandung. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan peningkatan pemahaman konsep siswa kelas yang tanpa menggunakan multimedia interaktif dengan pemahaman konsep siswa yang menggunakan multimedia interaktif. Subjek terdiri dari dua kelas yaitu kelas X IIS 1 sebagai kelas kontrol, X IIS 5 sebagai kelas eksperimen. Metode yang digunakan adalah penelitian eksperimen dengan menggunakan Design Non-Equivalent Control Group Pre-Test Post-Test. Pengumpulan data menggunakan tes dalam bentuk pilihan ganda. Teknik analisis data dengan statistik parametrik yang meliputi uji beda rata-rata (paired samples t-test dan independent samples t-test), dan gain score dengan menggunakan aplikasi SPSS versi 20.0. Pengujian hipotesis menggunakan statistika parametrik melalui uji t independent (t-test independent) dan paired t-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan peningkatan pemahaman konsep siswa dengan menggunakan multimedia interaktif lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol yang tidak menggunakan multimedia interaktif;--- The problem of this research is the lack of students understanding concept on economic subject in class X IIS SMA Negri 10 Bandung. The aim of this study is to determine the students understanding concept with or without using the interactive multimedia. The subject consisted of two classes which are clas X IIS 1 as the control class, and class X IIS 5 as the experimental class. The method used in this research is the research experiment using Design Non-Equivalent Control Group Pre-test Post-test. Data collection using the test in the form of multiple choice. The data analysis technique is conducted with parametic statistic covering different test average (paired sample t-test and independent sample t-test), and gain score using the aplplication of SPSS version 20.0. The hypothesis testing using statistical parametic though independent t-test and paired t-test. The result shows that there are differences increased the students understanding concept by using interactive multimedia higher than the control class which does not use interctive multimedia.
Item Description:http://repository.upi.edu/26919/1/S_PEK_1203472_Title.pdf
http://repository.upi.edu/26919/2/S_PEK_1203472_Abstract.pdf
http://repository.upi.edu/26919/3/S_PEK_1203472_Table_of_Content.pdf
http://repository.upi.edu/26919/4/S_PEK_1203472_Chapter%201.pdf
http://repository.upi.edu/26919/5/S_PEK_1203472_Chapter%202.pdf
http://repository.upi.edu/26919/6/S_PEK_1203472_Chapter%203.pdf
http://repository.upi.edu/26919/7/S_PEK_1203472_Chapter%204.pdf
http://repository.upi.edu/26919/8/S_PEK_1203472_Chapter%205.pdf
http://repository.upi.edu/26919/9/S_PEK_1203472_Bibliography.pdf
http://repository.upi.edu/26919/10/S_PEK_1203472_Appendix.pdf