MENINGKATKAN KETERAMPILAN BAHASA TUBUH DENGAN PEMBELAJARAN DRAMA MODERN PADA SISWA KELAS VII SMPLB DI SLBN A KOTA BANDUNG

Keterampilan bahasa tubuh anak tunanetra mungkin berbeda dengan anak pada umumnya, dikarenakan kebanyakan bahasa tubuh diperoleh melalui proses peniruan secara visual. Sehingga hambatan dalam penglihatan yang dimiliki anak tunanetra mempengaruhi proses penguasaan keterampilan bahasa tubuh. Hasil pen...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: Fadhilah, Nurul (Author)
Format: Academic Paper
Published: 2016-06-16.
Subjects:
Online Access:http://repository.upi.edu/26941/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
Description
Summary:Keterampilan bahasa tubuh anak tunanetra mungkin berbeda dengan anak pada umumnya, dikarenakan kebanyakan bahasa tubuh diperoleh melalui proses peniruan secara visual. Sehingga hambatan dalam penglihatan yang dimiliki anak tunanetra mempengaruhi proses penguasaan keterampilan bahasa tubuh. Hasil pengamatan terhadap keterampilan bahasa tubuh pada tiga orang anak tunanetra (DW, ARD, dan MI) kelas VII SMPLB di SLBN A Kota Bandung, ditemukan beberapa kesulitan diantaranya : tidak bisa melakukan gerakan badan dan ekspresi wajah yang sesuai dengan dialog percakapan. Intervensi dilakukan melalui pembelajaran drama modern, dikarenakan dalam drama modern anak dituntut untuk menguasai bahasa tubuh sesuai dengan tokoh yang diperankan dalam naskah, sehingga secara tidak langsung anak belajar mengenai bahasa tubuh. Tujuan dari penelitan ini yaitu meningkatkan keterampilan bahasa tubuh anak tunanetra kelas VII SMPLB di SLBN A Kota Bandung. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan desain Single Subject Research (SSR) yang berpola A-B-A. Hasil data diperoleh dari mulai fase baseline-1 (A1), intervensi (B), dan baseline-2 (A-2) mengalami kenaikan, oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa dari data keempat subjek pada kondisi baseline-1 (A1), intervensi (B), dan baseline 2 (A-2) untuk ketiga target behavior terjadi peningkatan dalam keterampilan bahasa tubuh pada siswa tunanetra kelas VII SMPLB di SLBN A Kota Bandung. Dengan demikian pembelajaran drama modern dapat meningkatkan keterampilan bahasa tubuh pada siswa tunanetra.;--- Body language skill for children with visual impairment is assumed different with regular children, it's caused by their impairment which is many of body language skills are got by visual copying. This means that visual impairment influences the body language skill process. The result of body language research to three visual impairment children (DW, ARD, and MI) in 7th grade at SLBN A Kota Bandung, is found some of difficulties: they can not do movement of body and face expression that suit the dialogue. Intervention is done by learning modern drama, because in modern drama the children are required to be able to suit between body language and the character in the story, so the children can learn about body language at this intervention. The purpose of this research is to increasing body language skill for 7th grade children with visual impairment at SLBN A Kota Bandung. The method that is used in this research is experiment method with Single Subject Research Design and A-B-A pattern. The first result are got by baseline-1 phase (A1), intervention (B), and baseline-2 (A2) that had increasing, so the conclusion from the data of four children on baseline-+ (A1), intervention (B), and baseline-2 (A2) for the three behaviour target is got that there are increasing on body language skill for 7th grade children with visual impairment at SLBN A Kota Bandung. So, we get conclusion that modern drama learning can increases body language skill for children with visual impairment.
Item Description:http://repository.upi.edu/26941/1/S_PLB_1102333_Title.pdf
http://repository.upi.edu/26941/2/S_PLB_1102333_Abstract.pdf
http://repository.upi.edu/26941/3/S_PLB_1102333_Table_of_content.pdf
http://repository.upi.edu/26941/4/S_PLB_1102333_Chapter1.pdf
http://repository.upi.edu/26941/5/S_PLB_1102333_Chapter2.pdf
http://repository.upi.edu/26941/6/S_PLB_1102333_Chapter3.pdf
http://repository.upi.edu/26941/7/S_PLB_1102333_Chapter4.pdf
http://repository.upi.edu/26941/8/S_PLB_1102333_Chapter5.pdf
http://repository.upi.edu/26941/9/S_PLB_1102333_Bibliography.pdf
http://repository.upi.edu/26941/10/S_PLB_1102333_Appendix.pdf